Comscore Tracker

5 Etika Bertamu yang Kamu Harus Tahu, Jangan Sampai Mengganggu!

Supaya silaturahmi semakin bermakna

Di hari Raya Idul Fitri, baik keluarga maupun teman merayakannya dengan saling berkunjung. Namun kadang ada yang terlalu antusias, hingga melupakan etika bertamu dalam Islam.

Jangan sampai niat silaturahmi malah menjadi hal yang gak mengenakkan antara tamu dan pemilik rumah. Biar gak jadi tamu yang nyebelin, ini dia etika bertamu yang kamu harus tahu.

1. Perhatikan waktu berkunjung

5 Etika Bertamu yang Kamu Harus Tahu, Jangan Sampai Mengganggu!Pexels.com/ Jessica Lewis

Ada tiga waktu yang dilarang untuk berkunjung. Yakni sebelum salat subuh, waktu tidur siang dan setelah salat Isya. Tuntunan ini ada di Quran surat An Nur ayat 58. Jika harus berkunjung di waktu-waktu tersebut, sebaiknya dilakukan setelah ada kesepakatan antara tamu dengan tuan rumah.

2. Mengucapkan salam dan meminta izin

5 Etika Bertamu yang Kamu Harus Tahu, Jangan Sampai Mengganggu!pexels.com/ Malcom Garret

Dalam hadis riwayat HR Abu Daud dan Tirmidzi, diceritakan Rasulullah pernah menyuruh sahabatnya keluar rumah lagi karena lupa mengucapkan salam sebelum masuk rumah. Tidak hanya itu, etika tentang salam juga dibahas. Yakni maksimal mengucapkan salam tiga kali, disertai ketukan yang tidak terlalu keras. Jika tidak ada jawaban oleh tuan rumah, berarti kita bisa menunda kunjungan lain waktu.

3. Posisi berdiri, tidak menghadap pintu masuk

5 Etika Bertamu yang Kamu Harus Tahu, Jangan Sampai Mengganggu!Pexels.com/ Johannes Plenio

Saat mengetuk pintu, sebaiknya posisi kita miring dan tidak menatap langsung ke pintu masuk. Nggak mau kan tiba-tiba kita nggak sengaja melihat tuan rumah yang belum menutup aurat.

Baca Juga: Saat Bertamu, Jaga 5 Hal Penting Ini Agar Tuan Rumah Tidak Kesal!

4.Tidak mengintip dari jendela

5 Etika Bertamu yang Kamu Harus Tahu, Jangan Sampai Mengganggu!Pexels.com/ Noelle Otto

Seringkali saat tidak ada jawaban, reaksi spontan kita adalah mengintip melalui jendela. Ternyata hal ini tidak baik lho. Bahkan Rasulullah mencela siapapun yang melakukan hal itu. Nah, jangan sampai niat silaturahmi justru berujung dosa. 

5. Segera pulang jika ditolak tuan rumah

5 Etika Bertamu yang Kamu Harus Tahu, Jangan Sampai Mengganggu!Pexels.com/ Key Notes

Di Indonesia jarang sekali ada tuan rumah yang menolak kedatangan tamu. Kalaupun hal itu terjadi, kita harus segera pulang, daripada terjadi hal yang tidak diinginkan yang justru merusak pertemanan atau hubungan keluarga. 

Namun perlu diingat. Menjamu tamu dengan baik adalah bagian dari sunah yang berpahala. Jadi baik tamu maupun tuan rumah, harus sama-sama saling menghormati. Selamat bersilaturahmi. 

Baca Juga: Ingat, 7 Kebiasaan Ini Pantang Dilakukan Saat Bertamu ke Rumah Teman

Ella Devianti Photo Community Writer Ella Devianti

A born to be writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You