Comscore Tracker

Bacaan Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal

#IDNTimesLife Doa ini bisa kamu panjatkan setelah salat

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan doa anak saleh". Apabila ibumu telah berpulang ke rahmatullah, yang bisa kamu lakukan sekarang adalah berbakti dengan mengirimkan doa pengampunan dan perlindungan.

Untuk itu, berikut kami bagikan bacaan doa untuk ibu yang sudah meninggal sebagai tanda bakti pada ibumu. Doa ini dapat kamu lafalkan saat berziarah ke makam atau setelah ibadah salat. Berikut bacaan doa untuk ibu yang sudah meninggal beserta artinya. 

1. Doa untuk ibu yang telah meninggal beserta artinya

Bacaan Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggalpexels.com/Anete Lusina

Memanjatkan doa pada ibu merupakan salah satu cara berbakti pada orangtua. Pun ketika ibu telah tiada, doa yang kamu ucapkan akan diterima di sisi Allah SWT serta pahalanya senantiasa mengalir. 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها وَأَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مُدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa 'asfihaa wa fu'anhaa wakrim nudzulahaa wawasi' mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa wajaudzan khoiron nin jaudzihaa waadhilnaj jannata wa a'idzahaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar. 

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka". 

2. Bentuk bakti untuk ibu yang sudah meninggal

Bacaan Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggalpexels.com/Josh Willink

Meski secara raga ibunda sudah tak ada di sampingmu lagi, namun kamu masih bisa melakukan beberapa bentuk bakti lain kok! Berikut cara berbakti pada ibunda yang sudah meninggal.

  1. Meminta pengampunan kepada ibu melalui Allah dengan taubat nasuha. Berkata jujur pada Allah SWT apabila kamu pernah berbuat salah atau durhaka selama ia masih hidup
  2. Menguburkan atau menyalatkan jenazah ibu dengan cara yang baik
  3. Meminta pengampunan ibu kepada Allah SWT
  4. Melunasi hutang ibu selama hidup di dunia
  5. Melaksanakan wasiat almarhum sesuai tata cara Islam
  6. Berhubungan baik dengan saudara dan kerabat ibu
  7. Menjaga nama baik ibu

Baca Juga: Doa saat Dilanda Galau dan Cemas, Menenangkan Hati dan Pikiran 

3. Amalan yang dapat kamu lakukan saat merindukan ibu yang sudah meninggal

Bacaan Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggalpexels.com/Brett Sayles

Selain berdoa dan berbakti, kamu juga bisa melakukan amalan lain saat rindu kehadiran ibu. Cara mengekspresikannya melalui beramal. Harapannya, kamu dapat mengurangi kerinduan pada ibu. Berikut amalan yang dapat kamu terapkan saat rindu kehadiran ibu.

  1. Bersedekah dengan harta, ilmu, atau memberi makan dan minum pada orang yang membutuhkan serta meniatkan pahala untuk ibu
  2. Mengunjungi makam ibu sebagai pengingat bahwa apa-apa yang ada di dunia pada akhirnya akan bermuara di akhirat
  3. Membaca Al-Quran, surat Yasin, dan surat Al-Fatihah. 

Itu tadi doa yang dapat kamu panjatkan pada ibu yang telah tiada dan bentuk bakti serta amalan saat merindukannya. Meski ibu sudah tiada, namun kamu masih bisa ikut memperingati Hari Ibu di Tahun 2020 ini dengan mendoakannya. 

Baca Juga: Tata Cara Salat Istikharah, Doa dan Niat Shalat Untuk Tentukan Pilihan

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya