Comscore Tracker

Hadis tentang Ibu dan Keutamaan Berbakti padanya, Surga Ada di Kakinya

Berbakti pada ibu membukakan pintu berkah untukmu

Dalam ajaran apa pun, kita sebagai anak dituntut untuk berlaku baik dan berbakti pada ibu. Dalam Islam, kedudukan ibu bahkan lebih tinggi dari ayah. Rasulullah SAW juga memberikan keutamaan berbakti pada ibu melalui beberapa hadis. 

Ada kalanya sebagai anak, kita barangkali pernah mengalami konflik dengan orangtua terutama ibu. Untuk menguatkan kembali hubungan kita terhadapnya, berikut hadis tentang ibu dan keutamaan untuk berbakti padanya. 

Baca Juga: 5 Hadis tentang Kejujuran, Kebaikan yang Bisa Mengantarmu ke Surga

1. Hadis untuk berbuat baik pada ibu

Hadis tentang Ibu dan Keutamaan Berbakti padanya, Surga Ada di Kakinyapexels.com/Kristina Paukshtite

Doa yang dipanjatkan oleh ibu kita tak pernah putus. Kita sebagai anak sudah sepatutnya untuk membalas dengan berperilaku baik padanya. Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadis yang berbunyi:

نَّ اللَّهَ يوصيكم بأمَّهاتِكُم ثلاثًا، إنَّ اللَّهَ يوصيكم بآبائِكُم، إنَّ اللَّهَ يوصيكم بالأقرَبِ فالأقرَبِ

Artinya:

"Sesungguhnya Allah berwasiat 3 kali kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada ayah kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada kerabat yang paling dekat kemudian yang dekat." (HR. Ibnu Majah, sahih dengan sawahid-nya).

2. Rasulullah SAW menyebutkan nama ibu hingga tiga kali, kemudian baru ayah

Hadis tentang Ibu dan Keutamaan Berbakti padanya, Surga Ada di Kakinyapexels.com/Daria Obymaha

Keutamaan berbakti pada ibu juga terlihat dari bagaimana Islam mengutamakan kedudukan ibu. Salah satu hadis menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menyebutkan ibu sampai tiga kali. kemudian baru ayah.

Meski demikian, bukan berarti berbakti pada ayah tidak penting. Hadis ini hanya ingin menunjukkan bahwa Islam menjunjung tinggi derajat ibu. Dalam HR. Bukhari dan Muslim berbunyi:

"Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapa kah aku harus berbakti pertama kali?' Rasulullah SAW menjawab, 'Ibumu!'. Kemudian orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Rasulullah SAW  menjawab, 'Ibumu!'. Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu!'. Orang tersebut bertanya kembali, ' Kemudian siapa lagi', Rasulullah SAW menjawab, 'Kemudian ayahmu'.

Baca Juga: Yuk Baca dan Terapkan! 10 Kutipan Hadis yang Bisa Jadi Pedoman Hidup

3. Surga berada di telapak kaki ibu

Hadis tentang Ibu dan Keutamaan Berbakti padanya, Surga Ada di Kakinyapexels.com/Lisa Fotios

Hadis lain tentang ibu memaparkan bahwa sebagai anak, kita harus selalu menghormati, mencintai, serta berbakti dengan tulus. Kalau kamu pernah mendengar kutipan bahwa surga ada di telapak kaki ibu, kutipan itu merupakan hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah, An-Nasa'i, Imam Ahmad, Aht-Thabarani yang berbunyi:

"Bahwasannya ia (Mu'awiyah binj Jahimah) datang kepada Nabi Muhammad SAW, lalu ia berkata, 'Wahai Rasulullah, aku ingin berperang, dan aku datang untuk meminta petunjukmu.' Nabi Muhammad SAW bersabda. 'Apakah engkau memiliki ibu?', 'Iya'. 'Menetaplah dengannya, karena sungguh surga di bawah kedua kakinya."

Itu tadi beberapa hadis mengenai ibu dan keutamaan untuk berbakti padanya. Semoga hadis tersebut bisa jadi acuanmu untuk beribadah dan menghormati ibu, ya!

Baca Juga: 7 Hadis tentang Menuntut Ilmu bagi Muslim, Harus Diikuti Rendah Hati!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya