Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal ini Saat Meminta Bantuan Suami

Biar gak ada yang salah paham

Walaupun seorang istri kerap mendapat julukan superwoman yang mampu menyelesaikan berbagai urusan rumah tangga sekaligus, ada kalanya dia juga merasa kelelahan. Sang suami sebagai partner hidupnya adalah orang yang paling ia harapkan dapat membantu meringankan pekerjaannya. Namun tenyata, meminta tolong pada suami bukanlah perkara yang mudah.

Selalu ada saja beribu alasan untuk menunda bahkan mengabaikan permintaan istri. Akhirnya, sang istri pun menjadi sebal dan menggerutu sepanjang hari hingga menyulut pertengkaran di antara keduanya. Padahal, konflik seperti itu bisa dihindari bila istri mengetahui cara yang tepat untuk mendapatkan bantuan suami. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk kita intip!

1. Gunakan kalimat langsung

Lakukan 5 Hal ini Saat Meminta Bantuan Suamipexels.com/mentatdgt

Perempuan biasanya senang menggunakan bahasa “kode” dan berharap si lawan bicara dapat menangkap pesannya layaknya cenayang. Padahal, lelaki tidak dikaruniai superpower untuk membaca pikiran istrinya. Nanti, jika kamu ingin memintanya untuk membuang sampah, jangan bergumam “Tempat sampahnya udah penuh nih”, tapi langsung to the point saja “Tolong buangin sampahnya ya!” Niscaya dia akan lebih memahami maksudmu.

2. Berikan instruksi satu per satu

Lakukan 5 Hal ini Saat Meminta Bantuan Suamipexels.com/suzyhazelwood

Menganggap lelaki bisa ber-multitasking seperti layaknya wanita, istri acap kali memberondong suami dengan seabrek to-do-list. Lantas, yang terjadi kemudian adalah suami akan bingung dan salah mengerjakan yang kita minta. Jadi lain kali, jika ia belum selesai mengerjakan tugas yang pertama, jangan buru-buru untuk menyuruhnya mengerjakan yang lain. Atau setidaknya, berikan ia catatan agar lebih mudah mengingat  apa saja yang harus ia kerjakan berikutnya.

3. Sampaikan dengan manis

Lakukan 5 Hal ini Saat Meminta Bantuan Suamipexels.com/rawpixel

Komunikasi yang terbaik adalah yang bebas distraksi dan bersifat face to face. Maka, jangan berbicara pada pasangan dari jarak yang jauh dengan berteriak-teriak. Jangan pula disambi dengan menonton TV atau bermain gadget. Agar ia bisa fokus dengan permintaan kita, datangilah tempat ia sedang berada. Minta perhatiannya dengan menatap kedua bola matanya, kemudian utarakan permintaanmu. Dijamin, ia tak akan mampu untuk menolaknya.

Baca Juga: 8 Tips Agar Suami-Istri Bisa Efektif Mengobrol 30 Menit Tiap Hari

4. Ucapkan mantra ajaib: tolong dan terima kasih

Lakukan 5 Hal ini Saat Meminta Bantuan Suamipexels.com/rawpixel

Selalu sertakan mantra ajaib, yaitu “tolong” untuk menyentuh hatinya. Jika tidak, pasanganmu hanya akan mendengarnya sebagai perintah yang ketus. Berbeda dengan kata tolong yang akan membuat ia merasa dibutuhkan. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih untuk menunjukkan apresiasi atas effort-nya.

5. Pilih timing yang pas

Lakukan 5 Hal ini Saat Meminta Bantuan Suamipexels.com/edwardeyer

Pemilihan waktu yang tepat juga akan memperbesar peluang keberhasilanmu untuk mendapat apa yang kamu mau. Jangan buru-buru sampaikan permintanmu jika suami baru saja melepas penat seusai pulang dari kantor. Berikan ia pijatan lembut dan teh hangat terlebih dulu untuk membuatnya rileks. Pun jika ia sedang sibuk mengerjakan sesuatu, jangan langsung mengobrol dengannya begitu saja. Alih-alih, tanyakan berapa lama lagi yang ia butuhkan karena ada yang ingin kamu sampaikan padanya.  

Baca Juga: Hubungan Suami Istri Itu Bukan Kompetisi, Ini 5 Alasannya

Fathkia Mutiara Khalila Photo Writer Fathkia Mutiara Khalila

Positive vibes

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya