Comscore Tracker

Bukan Hanya Mawar, Ini 7 Bunga yang Bisa Kamu Berikan di Hari Ibu

Ada makna di balik kesederhaan sekuntum bunga

Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Jika ibumu gemar merawat tanaman hias baik di halaman rumah maupun di dalam pot, bunga bisa menjadi pilihan untuk kamu berikan di Hari Ibu. Kamu bisa memberikan dalam pot maupun sudah berupa buket bunga.

Setiap bunga tentu memiliki filosofi masing-masing. Bukan hanya dari jenisnya, bahkan dari jenis yang sama dengan warna berbeda bisa memberikan makna berbeda, lho. Selain keindahannya, filosofinya pun bisa mengungkapkan rasa sayangmu terhadap ibu. Jika mawar sudah biasa menurutmu, beberapa bunga ini bisa kamu jadikan pilihan alternatif.

1. Bunga anggrek

Bukan Hanya Mawar, Ini 7 Bunga yang Bisa Kamu Berikan di Hari Ibupixabay.com/SDanzger

Salah satu bunga khas Indonesia ini bisa menjadi pilihan untuk dipersembahkan pada Ibu. Bunga ini melambangkan cinta dan keanggunan. Meski proses untuk mekar membutuhkan waktu cukup lama, tapi ketika mekar bisa awet, lho.

Hal tersebut bisa memberikan arti bahwa menjadi seorang ibu perlu proses yang panjang dan tidak luput dari perjuangan dan kesabaran. Kamu bisa memberikan anggrek yang siap tanam atau siap mekar di Hari Ibu.

2. Bunga anyelir

Bukan Hanya Mawar, Ini 7 Bunga yang Bisa Kamu Berikan di Hari Ibupixabay.com/Couleur

Bunga satu ini sudah ditetapkan sebagai simbol Hari Ibu di Philadelphia sejak tahun 1907. Khususnya untuk bunga Anyelir berwarna merah jambu. Bunga tersebut dipilih Anna Jarvis sebagai simbol kasih sayang abadi. Kamu pun bisa mempersembahkan bunga Anyelir di Hari Ibu.

3. Bunga Aster

Bukan Hanya Mawar, Ini 7 Bunga yang Bisa Kamu Berikan di Hari Ibupixabay.com/manfredrichter

Bunga ini disebut juga bunga Daisy dan banyak orang yang salah menyebutkan sebagai bunga Krisan. Bunga yang sering digunakan sebagai hiasan dekorasi pernikahan sampai buket bunga untuk wisuda ini memiliki makna kemurnian dan kepolosan. Seperti murninya kasih sayang ibu yang tidak bisa digantikan oleh apapun.

Jika kamu ingin memberikan bunga ini di Hari Ibu, bisa dengan mudah ditemui di toko bunga. Bunga ini tetap indah ketika dibuat buket bunga maupun kamu berikan ketika dalam pot.

Baca Juga: Di Hari Ibu, Kasih 6 Hadiah Spesial Ini untuknya Yuk

4. Bunga hydrangea

Bukan Hanya Mawar, Ini 7 Bunga yang Bisa Kamu Berikan di Hari Ibupixabay.com/pixel2013

Bunga ini juga disebut Hortensia atau Ajisai dalam bahasa Jepang. Bunga ini biasanya akan mekar ketika musim penghujan dan mudah ditemukan di dataran tinggi. Warna pada bunga ini dipengaruhi oleh keasaman tanah, lho.

Bunga ini bermakna sebagai ucapan terimakasih dan simbol ketulusan. Jika kamu memilih bunga ini untuk merayakan Hari Ibu, tidak perlu tambahan bunga lainnya. Bunga satu tangkai bunga ini sudah cukup untuk diberikan atau meletakkannya di dalam pot.

5. Bunga krisan

Bukan Hanya Mawar, Ini 7 Bunga yang Bisa Kamu Berikan di Hari Ibupxhere.com

Bunga ini biasanya digunakan sebagai hiasan diberbagai acara, mulai dari acara pernikahan hingga upacara kematian. Beberapa negara pun menganggap bunga ini sangat berarti, seperti Jepang dengan perayaan "Festival of Happiness" untuk merayakan mekarnya bunga Krisan. Bunga ini bermakna cinta, kesetiaan dan sukacita

Tidak ada salahnya jika kamu memberikan bunga ini berupa tanaman dalam pot di Hari Ibu nanti. Sebab, tanaman tahunan ini bisa berbunga kembali setelah dipotong.

6. Bunga matahari

Bukan Hanya Mawar, Ini 7 Bunga yang Bisa Kamu Berikan di Hari Ibupixabay.com/ulleo

Pasti kamu sudah tidak asing dengan makna bunga satu ini. Salah satunya bermakna kesetiaan, bahkan pernah dijadikan soundtrack film "Standby me Doraemon" berjudul "Himawari no Yakusoku" yang berarti janji bunga matahari. Sedangkan warna kuning memberikan makna keceriaan.

Selain itu, bunga ini juga sebagai simbol bahwa seorang ibu seperti matahari yang senantiasa menyinari bumi.

Meski hanya mekar satu kali, lalu akan mati. Bunga matahari ini bisa kamu berikan sebagai kado di Hari Ibu. Bahkan kamu bisa menanamnya di dalam pot, kamu berikan ketika sudah mekar. Hanya butuh waktu sekitar 3 bulan sampai bunga matahari mekar.

7. Bunga tulip

Bukan Hanya Mawar, Ini 7 Bunga yang Bisa Kamu Berikan di Hari Ibupixabay.com/Skitterphoto

Bunga khas Belanda ini memiliki banyak makna sesuai dengan warna. Namun jika hendak diberikan untuk ibu, bisa memilih bunga tulip berwarna merah untuk menunjukkan cinta kasih. Sedangkan bunga tulip berwarna putih bisa mengungkapkan sucinya kasih ibu dan permohonan maaf sebagai seorang anak. Kamu bisa memberikan satu buket bunga tulip yang dikombinasikan dengan bunga lainnya.

Berbagai jenis bunga bisa kamu berikan untuk mengungkapkan perasaanmu kepada ibu. Mungkin memang sekedar simbol dan sederhana, namun ibumu akan selalu menghargainya. Bunga mana yang akan kamu persembahkan di Hari Ibu nanti?

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Desember yang Merah Merekah di Penghujung Tahun

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya