Comscore Tracker

7 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggal

Tetap berbakti meski telah tiada

Orangtua merupakan hal terhebat yang kita miliki di dunia. Kita tidak akan pernah ada di dunia ini tanpa mereka. Menjaga dan merawat sejak kecil sampai telah dewasa. Oleh sebab itu, sebagai anak kita harus terus berbakti kepada orangtua. Lalu bagaimana jika keduanya telah meninggal dunia? Apakah sebagai anak kita tidak dapat berbakti lagi? 

Berikut cara berbakti kepada orangtua yang sudah meninggal.

1. Terus mendoakan kedua orangtua

7 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggalpexels.com/rawpixel

Kewajiban yang harus selalu dilakukan adalah berdoa dan memohon ampunan untuk orangtua kepada Tuhan. Mendoakan diberikan tempat yang layak dan terbaik. Karena doanya seorang anak yang akan terus menemani orangtua dimana pun dan kapan pun. Bahkan ketika keduanya telah meninggal dunia.

2. Bersilaturahmi ke kerabat serta teman orangtua

7 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggalpexels.com/pixabay

Kewajiban anak untuk orang tua yang telah meninggal dapat dilakukan dengan bersilaturahmi ke kerabat atau teman-teman orangtua. Tetap menjaga tali persaudaraan dengan baik. Jangan menghindari atau bahkan berpura-pura tidak mengenal karena orangtua akan membuat buruk nama kedua orangtua.

3. Bersedekah mengatasnamakan orangtua

7 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggalpexels.com/Pixabay

Bersedekah atas nama orangtua juga bisa kita lakukan ketika orangtua sudah meninggal. Bersedekah kepada orang yang membutuhkan membuat orang tersebut bahagia dan kita pun bahagia. Berbagi ke sesama manusia sama halnya seperti memupuk kebaikan untuk diri kita sendiri di masa depan.

Baca Juga: Bukan Cuma Ibu, 5 Alasan Kita Juga Wajib Berbakti Kepada Ayah

4. Menyebarkan ilmu bermanfaat

7 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggalpexels.com/Louis bauer

Berbakti kepada orangtua yang telah meninggal dapat dilakukan dengan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk banyak orang. Ilmu yang diberikan akan menjadi pahala yang akan terus dibawa bahkan mengalir kepada orang yang telah tiada. Ilmu yang baik dan membawa orang yang mempelajarinya menjadi lebih baik.

5. Melunasi hutang orangtua

7 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggalpixabay.com/nattanan23

Jika orangtua meninggal sebelum melunasi hutangnya, maka sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak untuk melunasinya. Melunasi hutang juga merupakan wujud bakti kita kepada orangtua. Jangan sampai hutang menjadi pemberat bagi orangtua yang sudah meninggal.

6. Menjaga persaudaraan sesama saudara

7 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggalpexels.com/mentatdgt

Menjaga tali persaudaraan sesama saudara juga wajib dilakukan sebagai anak. Tidak bertengkar atau salaing acuh karena orangtua sudah tak lagi menengahi. Tetap berkomunikasi dengan baik kepada kakak, adik, dan keluarga lainnya. Jangan sampai menyesal karena tak bisa bersilaturahmi lagi ke sesama saudara.

7. Menjaga nama baik orangtua

7 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggalpexels.com/Matthias Zomer

Kewajiban seorang anak ketika orangtuanya telah meninggal selanjutnya adalah menjaga nama baiknya. Tetap menjaga rahasia yang ada dalam keluarga dan tidak menjelekkannya. Apalagi sampai menimbulkan fitnah terhadap orangtua yang telah pergi.

Itulah 7 cara berbakti kepada orangtua yang sudah meninggal. Berbakti tidak hanya ketika masih hidup, berbakti dapat terus dilakukan sampai nafas terakhir kita.

Baca Juga: Sederhana, Lakukan 5 Hal Sepele Ini sebagai Cara Berbakti ke Orangtua

isro ima Photo Verified Writer isro ima

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan.. Follow @isroima

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya