Comscore Tracker

5 Pengorbanan Besar Seorang Ibu Demi Keluarga yang Harmonis

Sadarkah apa yang sudah ibumu korbankan?

Seorang mama atau ibu memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah keluarga. Normalnya, seorang mama akan menghabiskan banyak waktunya bersama putra-putrinya dibandingkan dengan seorang papa yang bertugas mencari nafkah.

Karena harus menghabiskan waktu dalam mebesarkan anak inilah, ada beberapa hal pengorbanan besar yang harus dilakukan mama demi tercipta keluarga yang harmonis. Apa saja, mari kita bahas bersama ya, guys!

1. Bentuk tubuh yang ideal

5 Pengorbanan Besar Seorang Ibu Demi Keluarga yang Harmonisaboutislam.net

Berapa banyak sekarang seorang wanita akan memiliki tubuh ideal ketika dia sudah melahirkan anak pertamanya? Rata - rata mereka akan susah untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal layaknya seperti dulu sebelum menikah, pasca melahirkan.

Namun seorang mama rela kehilangan bentuk tubuhnya yang indah demi untuk melahirkan sang buah cintanya. Pada umumnya, para wanita yang sudah menikah dan memiliki anak, akan lebih merasa bodoh amat terhadap bentuk tubuhnya, yang penting anaknya sehat dan juga selamat. Tuh, jadi mama susah juga, 'kan? 

2. Kesempatan karir pribadi yang menjanjikan

5 Pengorbanan Besar Seorang Ibu Demi Keluarga yang Harmonisbabyproofyourlife.com

Sebelum menikah mungkin mama kalian adalah seorang wanita karir yang sukses. Namun, seiring berjalannya pernikahan dan memiliki anak, mama harus memilih antara karier atau keluarganya.

Demi membesarkan kamu yang kadang nakal dan kadang suka ngelawan, mama kalian membuang semua kesempatan untuk menjadi wanita yang lebih sukses di luar sana. Jadi, jangan suka buat mama kalian marah ya kalau di rumah, hehe. 

Baca Juga: Rayakan Hari Ibu, 10 Rekomendasi Lagu untuk Ibu yang Sarat Makna!

3. Cacian mertua terhadap kinerja mama dalam rumah tangga

5 Pengorbanan Besar Seorang Ibu Demi Keluarga yang Harmonisaleteia.org
  1. Siapa orang yang sering disalahkan jika rumah berantakan, anak sering sakit atau keuangan keluarga yang kadang kurang? Semua salah mama. Karena mama dianggap "dewa" yang wajib menjamin semua urusan keluarga berjalan dengan lancar. 

Nah, mertua atau nenek kalian inilah nih, yang kadang suka memberikan omongan yang kadang membuat mama sering merasa bersalah atau jengkel. Ya, mungkin karena sama - sama seorang mama, jadi mertua terkadang memukul sama ratakan rumah tangga anak dengan dirinya.

Mama, harus selalu ekstra sabar dan juga bersikap biasa saja, padahal mama pasti sudah berusaha semaksimal mungkin untuk keluarganya, salut deh buat mama!

4. Pikiran yang dituntut selalu kreatif dalam hal apapun

5 Pengorbanan Besar Seorang Ibu Demi Keluarga yang Harmonishopegalleryfineartfinecraft.com

Jadi mama walaupun bukan seorang yang berkarir di kantor, namun tetap dituntut untuk selalu kreatif dalam segala hal. Contohnya, menu masakan setiap hari, cara mengatur pendapatan suami bagaimana supaya bisa cukup dan juga menabung, serta rencana sekolah anaknya kelak.

Kita saja yang kadang dituntut untuk berpikir kreatif sesekali saja, kadang suka merasakan kesulitan yang luar biasa kan, coba kalian bayangkan seorang mama dituntut setiap hari dalam hidupnya untuk memikirkan itu semua, namun tetap bisa mencurahkan kasih sayangnya, benar-benar manusia super ya mama!

5. "Me time" yang jarang didapatkan

5 Pengorbanan Besar Seorang Ibu Demi Keluarga yang Harmoniscareerchina.com

Jangankan "me time" diluar, di rumah saja, mama akan selalu direcoki oleh anak. Padahal, manusia itu pada dasarnya butuh sendiri untuk menenangkan kondisi pikiran mereka setelah sekian lama bekerja.

Namun tidak bagi mama. Pikirannya kini hanya untuk bagaiamana keluarganya ke depan. Me time bagi seorang mama adalah hal tersulit yang dilakukan karena mengingat anak dan suaminya tidak bisa ditinggal lama-lama.

Jadi, buat kalian para anak, sayangilah orangtua terkhususnya mama karena mama sudah mengorbankan banyak hal hingga kamu bisa membaca tulisan ini sekarang. Buat mama - mama sekalian, kalian adalah orang yang luar biasa dan kita semua anakmu mencintaimu, ma!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Membuat Ibu Merasa Spesial dan Bahagia di Hari Ibu

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya