Comscore Tracker

5 Keuntungan Menjadikan Teras sebagai Ruang Tamu, Kekinian Banget!

#IDNTimesLife Tetap sopan asal didesain dengan baik, kok

Zaman dahulu, mempersilakan tamu untuk duduk di teras memang terasa kurang sopan ya? Pokoknya, tamu harus duduk di ruang tamu. Namun sekarang tentu sudah gak begitu. Apalagi kalau terasnya dirancang dengan matang. 

Ada tempat duduk yang nyaman, jumlahnya cukup, bahkan pemandangannya indah. Dijamin malah banyak tamu lebih suka duduk di teras saja. Sebagai pemilik rumah, kamu juga akan diuntungkan. Selain bagian dalam rumah jadi lebih lapang, masih ada lima keuntungan lainnya, lho. Cek ya!

1. Langsung menghirup udara segar, bebas sumpek

5 Keuntungan Menjadikan Teras sebagai Ruang Tamu, Kekinian Banget!Unsplash.com/randyfath

Sejauh atap terasnya dirancang dengan baik, tentu nyaman banget buat duduk-duduk di sana sambil mengobrol dan menikmati kudapan. Juga bisa menikmati cerahnya hari, udara segar, bahkan aroma tanah basah saat hujan.

Kalau tamu membawa anak-anak, mereka juga bisa leluasa bermain di halaman. Bayangkan jika kamu memaksakan memiliki ruang tamu padahal rumahmu terbilang mungil. Baik kamu maupun tamu akan sama-sama kurang nyaman. Terlebih kalau ventilasinya kurang.

2. Privasi pemilik rumah tetap terjaga

5 Keuntungan Menjadikan Teras sebagai Ruang Tamu, Kekinian Banget!Unsplash.com/travelpen

Terutama buat kamu yang punya batasan privasi lebih ketat nih. Pasti sering gak nyaman kan, kalau ada orang lain di rumah? Apalagi kalau antara ruang tamu dengan ruang tengah atau ruang lainnya gak bersekat.

Maksud hati sih, meniadakan sekat biar rumah gak terkesan sempit. Namun kalau ada tamu apalagi tamunya lawan jenis, malah jadi gak nyaman sendiri. Kalau itu tamu saudaramu, kamu jadi gak bebas mau beraktivitas di ruang tengah, dapur, atau ruang makan.

Kalau itu tamumu, kamu juga tetap merasa kurang nyaman bila mereka memperhatikan sudut-sudut rumahmu. Waswas dikomentari atau diceritakan ke mana-mana. Benar, kan?

3. Biar yang sedang belajar, bekerja dari rumah, atau beristirahat gak terganggu

5 Keuntungan Menjadikan Teras sebagai Ruang Tamu, Kekinian Banget!Unsplash.com/travelpen

Suara obrolan apalagi tawa tentu bisa mengganggu penghuni rumah yang lain. Apalagi kalau mengobrol dan bercandanya gak habis-habis. Padahal mereka harus berkonsentrasi pada sesuatu atau malah lagi gak enak badan dan harus banyak istirahat.

Daripada begini, memang lebih baik menempatkan tamu di luar. Baik tamu, penerima tamu, maupun penghuni rumah yang lain jadi sama enaknya.

Baca Juga: 9 Ide Teras di Lahan Sempit, Hemat Lahan dan Fungsional

4. Gak khawatir soal bagian dalam rumah yang berantakan

5 Keuntungan Menjadikan Teras sebagai Ruang Tamu, Kekinian Banget!Unsplash.com/camylla93

Tenang, rumahmu berantakan gak selalu karena kamu malas beres-beres, kok. Bisa cuma karena kamu lagi sibuk banget atau ada anak kecil di rumah. Namanya saja anak kecil, mereka masih dalam tahap banyak bermain.

Mau dibereskan berkali-kali pun, sebentar kemudian sudah berantakan lagi. Di setiap titik rumah ada mainan anak. Daripada tamu mau berjalan dan duduk saja susah, lebih baik memaksimalkan fungsi teras agar layak untuk menerima tamu.

5. Kalau tamu merokok, asapnya gak masuk rumah

5 Keuntungan Menjadikan Teras sebagai Ruang Tamu, Kekinian Banget!Unsplash.com/ralphkayden

Hanya sedikit tuan rumah yang berani melarang tamu merokok. Biasanya karena gak enak hati. Khawatir bikin tamu tersinggung. Namun nyatanya, asap rokok bisa membuatmu gak nyaman banget, kan?

Terlebih kalau kamu bukan perokok dan malah ada sakit tertentu seperti asma. Atau bukan kamu yang gak bisa dekat-dekat dengan asap rokok melainkan anggota keluarga yang lain. Kalau merokoknya di teras kan, asapnya bisa lebih cepat hilang tersapu angin.

Bagaimana, ternyata menarik juga, kan? Kalau kamu ingin menjadikan terasmu sebagai ruang tamu, yang perlu dipastikan adalah agar saat cuaca panas gak terasa panas banget.

Sebaliknya saat hujan, air jangan sampai membuat teras becek. Yuk, langsung saja mencari ide dan mengeksekusinya!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya