Comscore Tracker

5 Tips Atasi Anak yang Bosan Makan, Nafsunya Turun

Karbohidrat gak harus selalu nasi, lho

Jika orang dewasa sedang bosan makan, biasanya malah jadi kesempatan buat mengurangi asupan kalori. Bahkan, bisa sekalian membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, semua orangtua tentu cemas begitu anak terlihat gak nafsu makan.

Walau sama seperti orang dewasa yang dapat merasa bosan dengan makanan, anak dikhawatirkan bakal jatuh sakit kalau makannya tidak teratur atau terlalu sedikit. Supaya anak mau makan lagi, orangtua bisa mencoba lima tips di bawah ini.

1. Beli makanan di luar buat variasi

5 Tips Atasi Anak yang Bosan Makan, Nafsunya Turunilustrasi ibu mengolesi selai di roti (pexels.com/Monstera)

Niatmu untuk memasak memasak setiap hari demi keluarga tentu baik. Kamu dapat berhemat sekaligus memastikan bahan makanannya berkualitas serta proses memasaknya higienis. Hanya saja, ada kalanya anak menjadi bosan.

Daripada kamu  terus memaksa dan anak tetap gak mau makan, kenapa tidak sesekali membeli makanan saja? Pilih tempat makan yang kamu percayai kebersihannya dan bahan-bahan yang digunakan bagus. Bahkan bila dibuat jadwal makan di luar sekali seminggu, anak mampu terhindar dari rasa bosan akan masakan di rumah.

2. Tetap memasak sendiri, tapi tanya anak ingin dibuatkan apa

5 Tips Atasi Anak yang Bosan Makan, Nafsunya Turunilustrasi sarapan bersama (pexels.com/August de Richelieu)

Barangkali selama ini kamu suka mengatur segalanya, termasuk setiap menu yang hendak disajikan di meja makan. Bahkan bila kamu telah membuat daftar menu mingguan sesuai dengan yang ada di majalah, bisa saja anak merasa bosan.

Seiring dengan pertambahan usia, anak akan punya seleranya sendiri. Sebelum anak sama sekali gak mau makan, tanya dulu dia ingin dimasakkan apa. Menu yang dipilihnya sendiri besar kemungkinan bakal disantap dengan lahap.

Baca Juga: 5 Penyebab Kurangnya Nafsu Makan pada Anak, Porsinya Tak Sesuai!

3. Ganti jenis karbohidratnya

5 Tips Atasi Anak yang Bosan Makan, Nafsunya Turunilustrasi anak minum susu (pexels.com/Alex Green)

Lauk dan sayur yang itu-itu saja bisa bikin anak bosan. Namun, terkadang rasa bosannya justru pada nasi putih. Selain membuat variasi seperti nasi goreng, menggantinya dengan jenis karbohidrat yang lain juga gak apa-apa, lho.

Hindari berpikir bahwa bila anak belum menyantap nasi berarti belum makan. Anak akan lebih tertarik kalau sesekali nasi diganti dengan kentang, mi, atau roti. Menu sayurnya disesuaikan saja biar cocok dengan jenis karbohidratnya. 

Bahkan sayuran yang hanya direbus atau dikukus juga gak masalah, lho. Tidak harus membuat tumis atau masakan berkuah yang biasa disantap bersama nasi. Bisa juga padukan roti tawar berselai dengan irisan buah segar. Telurnya bisa digoreng atau direbus dan digado. Terpenting nutrisi dari makanan tetap masuk.

4. Pastikan anak gak sakit atau ada masalah di sekolah

5 Tips Atasi Anak yang Bosan Makan, Nafsunya Turunilustrasi anak sakit (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Anak yang tampak gak berselera makan belum tentu lantaran bosan pada menu yang disajikan. Sekalipun suhu tubuhnya masih normal, bisa saja ia merasakan keluhan lain. Contohnya, perut yang kembung, mual, atau melilit.

Selain persoalan kesehatan, waspadai juga anak punya masalah di sekolah baik terkait pelajaran maupun teman. Tanyakan kenapa anak tidak mau makan. Kalau anak gak bilang bosan dengan masakan rumah, coba langsung tanyakan apakah ia merasa kurang enak badan atau ada masalah di sekolah.

5. Jelaskan pentingnya tetap makan walau sedang kurang berselera

5 Tips Atasi Anak yang Bosan Makan, Nafsunya Turunilustrasi anak makan (pexels.com/Vanessa Loring)

Sekecil apa pun anak, mengajaknya berbicara dan menjelaskan berbagai hal padanya tetaplah utama. Meski anak masih sukar memahami seluruh perkataan orangtua, setidaknya dia belajar mengerti sebagiannya. Termasuk inti dari pesan itu, bahwa anak harus tetap makan secara teratur.

Kalau anak sudah biasa mendengar penjelasan seperti ini, dia pasti belajar untuk gak menomor satukan rasa bosan. Kesehatannya lebih penting sehingga ia akan tetap makan. Ini juga mendorong anak berani mengemukakan menu yang sedang diinginkannya sebagai pengobat kebosanan.

Kreativitas orangtua memang dibutuhkan untuk mampu menghadirkan menu yang lebih bervariasi di rumah. Akan tetapi, memasak sendiri bukan satu-satunya solusi. Kalau kamu repot dan anak sedang bosan dengan rasa masakan di rumah, beli saja. Gak selalu bikin boros, kok. Daripada masak sendiri, tapi terbuang terus.

Baca Juga: 6 Tips Atasi Anak Balita Susah Makan, Orangtua Harus Sabar

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya