Comscore Tracker

5 Dampak Positif Saat Orangtua Mengajarkan Anak untuk Bersikap Ramah

Lebih baik mulai mendidik anak sejak dini

Semua orangtua ingin anaknya memiliki sikap yang ramah dan tentu itu sangat membanggakan. Tidak jarang ketika dewasa, anak akan cuek akibat orangtua yang mendidik terlalu otoriter. Mulailah didikan yang benar dan sejak dini jangan sampai anak meniru sifat yang buruk.

Nah, berikut ini lima dampak positif saat orangtua mengajarkan anak untuk bersikap ramah.

1. Anak akan memiliki sifat rendah hati

5 Dampak Positif Saat Orangtua Mengajarkan Anak untuk Bersikap RamahPexels/Josh Willink

Ketika anak sudah mampu bersikap ramah pasti ia menjadi orang yang rendah hati. Itu akan secara otomatis ia dapatkan dan lakukan. Rendah hati berarti ia mampu memaafkan, menolong, dan mencintai sesama manusia. Ini yang harus orangtua ingat bahwa, mengajarkan anak yang baik tidak akan pernah sia-sia. 

2. Mudah untuk terbuka dengan orangtua

5 Dampak Positif Saat Orangtua Mengajarkan Anak untuk Bersikap RamahPexels/Nathan Cowley

Anak yang ramah berarti ia mampu menjalin hubungan dengan banyak orang termasuk orangtuanya. Dan pasti anak akan mudah untuk terbuka dan cerita apa saja yang ia lakukan. Oleh sebab itu, mulailah untuk mengajarkan anak betapa pentingnya memiliki sifat ramah. Dengan begitu, selain ia ramah tapi juga mampu terbuka dengan orangtuanya.

Baca Juga: 5 Tips Menambah Kekompakan Orangtua dan Anak, Yuk Cari Tahu! 

3. Memiliki banyak teman

5 Dampak Positif Saat Orangtua Mengajarkan Anak untuk Bersikap RamahPexels/Pixabay

Pertumbuhan anak harus banyak diperhatikan orangtua agar tidak salah mendidik. Saat orangtua tahu bagaimana caranya mendidik anak untuk bersikap ramah maka, ia akan mudah berteman. Karena keramahan yang dimiliki anak pasti banyak orang menyukai karakternya yang baik. Tentu dengan memiliki banyak teman akan membuatnya sedikit kemungkinan untuk kesepian dan depresi. 

4. Ia tumbuh menjadi pribadi yang semakin percaya diri

5 Dampak Positif Saat Orangtua Mengajarkan Anak untuk Bersikap RamahPexels/Agung Pandit Wiguna

Sikap ramah anak membuatnya menjadi seorang lebih percaya diri. Dengan percaya diri maka, ia mampu mengenal lingkungan sekitarnya dengan luas. Percaya diri membuat anak semakin tidak takut juga dalam meraih apa pun. Jadi, anak yang ramah pasti percaya dirinya akan meningkat.

5. Tidak takut akan kegagalan

5 Dampak Positif Saat Orangtua Mengajarkan Anak untuk Bersikap RamahPexels/Victoria Borodinova

Dampak positif yang terakhir ketika anak mampu bersikap ramah, pasti ia akan mudah meraih segalanya. Karena ia memiliki kerendahan hati dan hal itu membuat anak dengan mudah menerima kegagalan. Yang ia lakukan bukan lagi fokus pada kegagalannya tapi usaha. Ditambah lagi anak dekat dengan orangtua dan memiliki banyak teman. Pasti ia tambah semangat untuk melalui setiap kegagalan.

Itu tadi lima dampak positif saat orangtua mengajarkan anak untuk bersikap ramah. Banyak sekali keuntungannya dan jika orangtua mau langsung terapkan, pasti hubungan antara anak dan orangtua semakin dekat juga harmonis. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengajari Anak Rasa Bersyukur, Orangtua Wajib Baca!

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya