Comscore Tracker

6 Ide Kegiatan di Hari Anak Nasional, Sangat Menyenangkan!

Sederhana namun membahagiakan

Melakukan aktivitas bersama keluarga merupakan hal yang sangat menyenangkan. Banyak hal bisa dilakukan untuk menikmati quality time yang juga bisa membuat keluarga semakin dekat satu sama lain.

Khusus memperingati Hari Anak Nasional pada Sabtu (23/7/2022) nanti, buatlah hari tersebut menjadi hari paling menyenangkan untuk anak. Luangkanlah waktu dan lakukan banyak hal.

Gak perlu yang mewah, dengan kehadiran orangtua di sisinya saja, anak pasti sudah sangat merasa senang. Nah, berikut ini ada ragam kegiatan menyenangkan yang bisa jadi ide untuk para orangtua dan anak menghabiskan waktu di Hari Anak Nasional. Yuk, simak!

1. Memasak bersama

6 Ide Kegiatan di Hari Anak Nasional, Sangat Menyenangkan!ilustrasi memasak bersama anak (pexels.com/ RODNAE Productions)

Awali Hari Anak Nasional di akhir pekan dengan memasak bersama. Hal ini merupakan kegiatan menyenangkan yang akan membekas selalu di hati anak, apalagi jika ia punya orangtua yang sibuk.

Sebagai seorang ibu dan mantan konselor di Sekolah Dasar, Melissa Lennig menulis di laman firefliesandmudpies, bahwa kegiatan memasak dengan anak memiliki banyak manfaat positif. Anak dan orangtua dapat menghabiskan banyak waktu di dapur, membuat kenangan manis, dan menghasilkan makanan lezat. 

2. Pergi piknik ke sebuah taman

6 Ide Kegiatan di Hari Anak Nasional, Sangat Menyenangkan!ilustrasi piknik bersama keluarga (pexels.com/Anna Tarazevich)

Kegiatan satu ini agaknya bisa menjadi sebuah kenangan yang istimewa karena gak setiap saat bisa dilakukan. Piknik biasanya diadakan di akhir pekan dan selalu menjadi momen yang menyenangkan.

Menggelar tikar di taman, kemudian menyantap bekal makanan yang sudah dibuat penuh cinta, dan menikmati angin yang berhembus damai. Kalian juga bisa membawa mainan seperti layang-layang atau lompat tali untuk menambah kesenangan di hari itu.

3. Liburan keluarga

6 Ide Kegiatan di Hari Anak Nasional, Sangat Menyenangkan!Ilustrasi liburan keluarga (pexels.com/Sergey Makashin)

Jika bosan dengan suasana rumah, orangtua bisa mengajak anak untuk pergi berlibur. Namun sebelum itu, pastikan bahwa tempat yang akan dikunjungi sesuai dengan yang diinginkan anak.

Kamu bisa mengadakan sebuah diskusi dengan anak perihal destinasi liburan yang akan kalian tuju. Biarkan anak ikut andil dalam pengambilan keputusan sehingga ia merasa dihargai dan dipercaya pendapatnya.

"Menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga membutuhkan perencanaan," jelas Pat Tanner Nelson, seorang profesor Pengembangan Manusia & Studi Keluarga di University of Delaware, mengutip laman Parents.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 2022, Menteri PPPA: Momen Pemenuhan Hak Anak

4. Makan malam bersama di luar rumah dan memulai obrolan menyenangkan

6 Ide Kegiatan di Hari Anak Nasional, Sangat Menyenangkan!ilustrasi dinner keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Menikmati makan malam keluarga adalah hal sederhana yang belum tentu bisa dirasakan setiap saat. Untuk membuat ini terkesan istimewa, ajaklah anak untuk makan malam di restoran yang ia sukai.

Setelah selesai menyantap makanan tersebut, kamu bisa membuka obrolan dan bertanya apa pun seputar kehidupan anak. Taruh perhatian penuh pada apa yang anak ucapkan. Dengan begitu, ia akan lebih terbuka kepada kalian selaku orangtuanya. 

"Semakin kamu membiasakan diri untuk benar-benar mendengarkan anak-anak dan melakukan percakapan ini sejak usia dini, semakin besar kemungkinan anak-anak akan berbicara dengan orangtua mereka di masa remaja tentang masalah yang mengganggu mereka," kata Richard Weissbourd, seorang Psikolog Harvard dan penulis The Parents We Mean to Be dalam situs Parents.

5. Menonton film kesukaan anak bersama

6 Ide Kegiatan di Hari Anak Nasional, Sangat Menyenangkan!ilustrasi menonton film bersama anak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah adalah menonton film. Kamu bisa mencoba mengubah ruang keluarga menjadi seperti bioskop untuk menambah kesan terbaik di hari tersebut.

Pilih film kesukaan anak, siapkan popcorn, kemudian redupkan lampu untuk lebih menghayati suasana. Dijamin, anak akan merasa sangat senang karena diperlakukan spesial oleh orangtuanya.

6. Melakukan hobi anak bersama

6 Ide Kegiatan di Hari Anak Nasional, Sangat Menyenangkan!ilustrasi keluarga bahagia (pexels.com/Yan Krukov)

Cara mudah membuat anak bahagia adalah mendukung segala kemauan anak, termasuk dalam hal hobi. Dilansir Lifehack, dikatakan bahwa penting bagi orangtua untuk mengetahui hobi dari anak-anak mereka.

Dengan mengetahui hobi anak, orangtua dapat mendukung secara penuh hingga anak dapat terus berkembang. Dukungan orangtua merupakan hal penting yang dibutuhkan oleh setiap anak.

"Ketika anak-anak merasa dekat dengan orangtuanya, mereka akan berusaha lebih keras untuk menyenangkan dan membuat orangtua mereka bangga, yang kemudian membuat seluruh keluarga lebih kuat," jelas Nelson.

Itulah beberapa kegiatan sederhana nan menyenangkan yang bisa dilakukan pada Hari Anak Nasional. Bukan tentang di mana kalian akan merayakan hari tersebut, namun tentang dengan siapa kalian akan merayakannya. Jadikan hari tersebut istimewa, selamat Hari Anak Nasional!

Baca Juga: 10 Nama Perlengkapan Sekolah dalam Bahasa Arab, Ajarkan ke Anak-anak

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya