Hari Anak Nasional 2022, Menteri PPPA: Momen Pemenuhan Hak Anak

Puncak acara di Kebun Raya Bogor

Jakarta, IDN Times -  Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 akan berlangsung dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menjelaskan, peringatan HAN 2022 berlangsung pada 23 Juli, nantinya memiliki beberapa sub tema yakni Peduli Pasca Pandemi COVID-19, Anak Tangguh Pasca Pandemi COVID-19, dan Anak Tangguh Indonesia Lestari. 

Berkenaan dengan kondisi COVID-19 yang belakangan meningkat, maka kegiatan dilakukan dengan memperhatikan kesehatan anak.

“Jadi puncak acara kita akan laksanakan secara hybrid, yaitu luring dan daring,” kata Bintang dalam Konferensi Pers HAN 2022 di Kantor Kemen PPPA, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Baca Juga: Menteri PPPA Kecam Kasus Pencabulan Santriwati di Ponpes Depok

1. Pemeriksaan kesehatan anak akan digelar di Muara Angke

Hari Anak Nasional 2022, Menteri PPPA: Momen Pemenuhan Hak AnakKonferensi Pers Hari Anak Nasional (HAN) 2022, di Kantor KemenPPPA, Jakarta, Senin (11/7/2022). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Bintang menjelaskan, rangkaian agenda dalam penyelenggaraan HAN 2022 meliputi sejumlah webinar, talkshow, hingga lomba dan seminar.

Bintang menjelaskan, salah satu kegiatan HAN 2022 pada 13 Juli yakni akan ada kegiatan sosial yang dipusatkan di Muara Angke, Jakarta Timur. Acaranya pemeriksaan kesehatan pada 500 anak di wilayah Muara Angke hingga ke anak-anak di Bantar Gebang, Cinere, Sekolah Kartini, dan beberapa Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

“Kami dibantu KKP dua ton ikan, di bagi di enam titik, tentu anak-anak di Muara Angke tidak kita bagi, di luar Muara Angke,” ujarnya.

2. Kemen PPPA kemungkinan akan ke Asmat

Hari Anak Nasional 2022, Menteri PPPA: Momen Pemenuhan Hak AnakIlustrasi anak bersama dengan orang tua (IDN Times/Dwi Agustiar)

Rangkaian kegiatan yang lain, kata dia, adalah kegiatan di Asmat, Papua yang masih diatur jadwalnya. Pihaknya sudah mempersiapkan bantuan untuk dibawa, bantuan dari beberapa kementerian dan atau lembaga. Selain itu, akan ada juga penghargaan Kabupaten atau Kota Layak Anak (KLA).

Puncak acara HAN 2022 juga akan diramaikan dengan acara suara anak Indonesia 2022, dari anak-anak dalam dan luar negeri.

3. Puncak acara di Kebun Raya Bogor

Hari Anak Nasional 2022, Menteri PPPA: Momen Pemenuhan Hak AnakIlustrasi anak-anak (IDN Times/Besse Fadhilah)

Acara puncak HAN 2022 di tingkat pusat akan dilakukan secara hybrid di ruang terbuka atau outdoor, dengan jumlah peserta terbatas di Taman Teijsmann Kebun Raya Bogor. Acara ini akan diikuti oleh anak-anak Indonesia baik yang hadir secara offline maupun yang hadir secara virtual. 

Pemilihan lokasi ini berdasarkan pada banyaknya nilai edukatif yang sangat baik untuk anak-anak, seperti museum, jenis-jenis pohon, tahun penanamannya, dan lain-lain. 

4. Sosialisasi UU TPKS, anak sebagai pelapor dan pelopor

Hari Anak Nasional 2022, Menteri PPPA: Momen Pemenuhan Hak AnakKemeriahan usai UU TPKS disahkan saat rapat paripurna DPR RI 12 April 2022 (YouTube/DPR RI)

Dalam rangka HAN 2022, Bintang mengungkapkan bahwa Kemen PPPA juga turut menyosialisasikan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) pada anak-anak.

“Dengan perannya sebagai pelopor dan pelapor,” katanya. 

“Momentum hari anak bisa jadi momentum bersama pemenuhan hak anak-anak kita, sebagai generasi penerus bangsa yang kita cintai ini,” ujar Bintang.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya