Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Orangtua Muda Lakukan Sebelum Memasukkan Anak ke TK

Penting!

TK merupakan pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia balita untuk memaksimalkan tumbuh kembang buah hati sekaligus mempersiapkannya sebelum masuk ke sekolah formal.

Sebagai orangtua muda, tentu kamu harus mempersiapkan sang anak terlebih dahulu agar mampu menghadapi lingkungan yang baru tersebut. Lalu, bagaimana caranya? Daripada penasaran, langsung saja simak informasinya di bawah ini!

1. Memberikan gambaran yang menyenangkan mengenai TK

5 Hal yang Harus Orangtua Muda Lakukan Sebelum Memasukkan Anak ke TKPexels/AnastasiaShuraeva

Orangtua harus pintar merangkai kata agar anak dapat memahami dengan baik, mengapa dirinya harus masuk TK. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan gambaran yang menyenangkan mengenai lingkungan TK.

Berilah pandangan ketika berada di TK, dirinya bisa bertemu dengan teman baru, guru, dan dapat mencoba permainan baru yang mengasyikkan.

2. Mengajarkan anak untuk mendengarkan dan melakukan petunjuk dengan baik

5 Hal yang Harus Orangtua Muda Lakukan Sebelum Memasukkan Anak ke TKunsplash/@picsea

Sebelum memasuki TK, ada baiknya jika sebagai orangtua, kamu mempersiapkan anak secara matang terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan mengajarkan anak mendengarkan dan melakukan petunjuk dengan baik.

Coba minta anak untuk menyimak dirimu ketika membacakan sebuah dongeng dan menyuruhnya melakukan beberapa kegiatan tertentu. Jika dia bisa melakukannya dengan baik, maka sang anak sudah siap untuk masuk ke lingkungan TK.

3. Mengasah kemampuan motoriknya

5 Hal yang Harus Orangtua Muda Lakukan Sebelum Memasukkan Anak ke TKPixabay/ACasualPenguin

Prinsip pembelajaran utama dalam TK adalah bermain sambil belajar. Oleh karena itu, kamu bisa mulai mengajarkan berbagai macam hal dasar terlebih dahulu seperti memegang alat tulis, membalik halaman buku, menulis, menggambar, hingga mewarnai. Dengan begitu, dia tidak akan kaget ketika pertama kali belajar di TK nanti.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Orangtua Lakukan untuk Mendukung Bakat Anak 

4. Mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya

5 Hal yang Harus Orangtua Muda Lakukan Sebelum Memasukkan Anak ke TKunsplash/ @ashtonbingham

Ketika memasuki TK, pastinya anak-anak akan bertemu dengan teman seusianya. Agar anak dapat akrab dengan teman-temannya, berikan pelajaran untuk mengenal lingkungan dengan baik sehingga dirinya mampu berteman dengan orang lain.

Selain itu, biarkan anakmu bercerita tentang teman barunya. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui bagaimana kegiatannya di sekolah.

5. Bekali pembelajaran tentang kemandirian

5 Hal yang Harus Orangtua Muda Lakukan Sebelum Memasukkan Anak ke TKpexels/VisionPic .net

Meski usianya masih belia, akan tetapi anak yang berada di bangku TK sudah harus berusaha mandiri. Sebagai orangtua, kamu tidak bisa menemaninya saat di dalam kelas.

Maka dari itu, agar anak tidak kaget, cobalah untuk memberikan pelajaran agar dirinya mandiri. Kamu bisa melakukannya mulai dari membiarkannya memakai pakaian sendiri, memakai sepatu sendiri, hingga menyiapkan tas dan peralatan sekolahnya sendiri.

Itu dia lima hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum memasukkan anak ke TK. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Kondisi yang Kerap Bikin Orangtua Mengancam Anak, Jangan Dibiasakan!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya