Comscore Tracker

7 Cara Mengimbangi Waktu Screen Time si Kecil dengan Belajar

Tantangan buat orangtua milenial nih!

Sebagai millennial moms, pasti kamu terbiasa menyentuh gadget di antara aktivitas mengurus rumah atau mengasuh si kecil. Pemberian gadget untuk menenangkan anak saat orangtua harus beraktivitas, juga telah menjadi hal yang lumrah dan biasa.

Mengenalkan anak padagadget boleh-boleh saja selama kontennya bagus, mendidik, dan punya batas waktu. Mengabaikan hal ini seringkali menjadikan anak kecanduan gadget dan sulit menghentikannya, sampai-sampai ogah belajar. Bahaya kan kalau sudah kayak gini? Nah, berikut cara mengurangi screen time pada anak yang bisa kamu lakukan.

1. Berikan batasan waktu untuk screen time maksimal 1 jam per hari, tetapkan jadwalnya secara konsisten ya

7 Cara Mengimbangi Waktu Screen Time si Kecil dengan Belajarksmedcenter.com

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO, anak di bawah 2 tahun tidak disarankan untuk berinteraksi dengan layar gadget atau teknologi lain seperti menonton TV atau laptop. Barulah usia 2 sampai 5 tahun, si kecil bisa menatap gadget dengan batasan waktu maksimal satu jam per hari.

Kalau tidak dibatasi, penggunaan gadget yang berlebihan di usia dini, bisa memicu gangguan mental, fisik dan emosi anak. Pilihlah waktu yang tetap setiap harinya, misalnya tengah hari saat anak tidak bisa bermain di luar.

2. Sembunyikan gadget, karena itu orangtua juga sebisa mungkin menghindari gadget di jam-jam anak belajar

7 Cara Mengimbangi Waktu Screen Time si Kecil dengan Belajarbabbel.com

Menjaga jarak antara gadget dan anak juga berpengaruh lho! Hilangkan gadget dari pandangan mereka misalnya dengan menyimpan di dalam laci atau lemari. Jangan biarkan gadget tergeletak begitu saja di meja atau tempat yang memudahkan anak untuk mengambilnya.

Saat anak tengah belajar, orangtua sebaiknya juga tidak memainkan gadget di depan mereka. Kalau memang benar-benar perlu, menjauh lah dari pandangan anak. Kondisi tanpa gadget adalah sebentuk dukungan belajar buat si kecil.

3. Kalau anak sudah cukup belajar, ciptakan kegiatan asik bersamanya di rumah atau di luar. Usahakan ia gak kembali pada gadget

7 Cara Mengimbangi Waktu Screen Time si Kecil dengan Belajarunsplash.com/Shelby Deeter

Sebagai orangtua, kamu memang dituntut untuk konsisten demi menerapkan disiplin pada anak, termasuk menerapkan screen time. Kalau anak sudah bermain gadget dengan batas waktu yang ditentukan, kondisikan ia pada permainan lain. Misalnya dengan mengajaknya main di taman, pergi ke rumah teman atau sekadar membacakan dongeng di rumah.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Memanfaatkan Gadget untuk Kerja dari Rumah

4. Bagi anak yang sudah sekolah, pilihkan kegiatan ekstra sesuai minatnya

7 Cara Mengimbangi Waktu Screen Time si Kecil dengan Belajartheparentingplace.com

Banyak kegiatan produktif yang bisa meningkatkan pengalaman dan skill si kecil yang sudah menginjak bangku sekolah. Kalau dia senang olahraga, ikutkan saja pada latihan tim futsal atau bulu tangkis. Dunia seni seperti melukis atau bermain piano juga bisa jadi pilihan. Kegiatan ini bakal mengalihkan waktunya dari kecanduan gadget.

5. Tapi, jangan biarkan juga anak terlalu lelah dengan setumpuk aktifitas, proporsional saja

7 Cara Mengimbangi Waktu Screen Time si Kecil dengan Belajarunsplash.com/hal gatewood

Alasannya tentu karena aktivitas belajar di rumah juga perlu fisik yang prima. Terlalu lelah dengan kegiatan ekstra di luar, bisa menurunkan semangat belajarnya. Kondisi badan yang lemas dikhawatirkan bikin si kecil malah nempel pada gadget dan enggan belajar. Alasan capek kalau harus belajar, jadi andalannya.

6. Ajak anak menentukan cita-citanya, tempel poster yang mengingatkan impian itu di dinding kamarnya

7 Cara Mengimbangi Waktu Screen Time si Kecil dengan Belajarcrosswalk.com

Motivasi belajar yang kuat adalah faktor utama yang bisa mengalahkan kecanduannya pada gadget. Bicaralah tentang masa depan dan pentingnya cita-cita yang perlu dia bangun. Kalau anak sudah terpancing untuk berani bermimpi, bantulah ia untuk terus mengingat impian itu. 

Misalnya saat anak bercita-cita ingin jadi astronot, orangtua bisa menempel poster-poster benda ruang angkasa, replika kostum ruang angkasa, miniatur planet dan sebagainya. Buat imajinasi dan semangat belajar si kecil supaya terus hidup.

7. Simpan rak buku mini di beberapa sudut ruang supaya tercipta suasana pembelajar

7 Cara Mengimbangi Waktu Screen Time si Kecil dengan Belajarunsplash.com/paige cody

Mengalihkan si kecil dari gadget, salah satunya bisa dengan menciptakan suasana rumah yang "penuh ilmu". Menghadirkan banyak buku bisa meningkatkan kesadaran anak untuk terus belajar. Simpanlah beberapa buku di ruang tamu, ruang tv, kamar, bahkan dapur dan meja makan.

Ciptakan mindset pada si kecil kalau membaca buku lebih asik daripada bermain gadget. Jumlah buku yang jauh lebih banyak dari gadget adalah buktinya.

Memompa semangat anak untuk belajar dan membatasi screen time memang jadi tantangan buat para orangtua millennial. Beberapa masukan di atas semoga bisa membantu ya.

Baca Juga: 6 Cara Parenting ala Susan Bachtiar, Gunakan Sistem Reward Bak Games

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Hai !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya