Comscore Tracker

7 Tips Mengurangi Gas Dalam Perut Agar Tak Sering Kentut Saat Hamil

Ibu hamil memang rentan terkena masalah pencernaan

Ada gak yang merasa jadi lebih sering kentut pas lagi hamil? Gak usah malu calon mama, kondisi itu memang normal terjadi pada ibu hamil yang telah masuk usia kehamilan 11 minggu sampai kamu melahirkan.

Selain lebih sering kentut, ibu hamil juga mudah kembung, bersendawa dan perut gak nyaman kalau terlalu kenyang. Ini karena hormon progesteron kadarnya lebih tinggi, dimana hormon tersebut membuat lapisan otot di saluran cerna lebih rileks dan proses pencernaan pun melambat.

Nah, kalau kentutnya sudah keseringan dan kembung di perut bikin gak nyaman, kayaknya kamu perlu benahi kembali gaya hidup sehat ibu hamil deh, terutama dalam mengurangi gas-gas yang mengganggu. Berikut langkah-langkahnya.

1. Agar sistem pencernaan gak bekerja terlalu keras, makanlah dalam porsi kecil tapi sering, misalnya 6 kali sehari

7 Tips Mengurangi Gas Dalam Perut Agar Tak Sering Kentut Saat Hamilunsplash.com/Alexander Mils

Kalau kamu biasanya makan 3 kali sehari, ubah dulu deh aturan itu selama hamil. Kamu bisa membagi 3 porsi makan menjadi beberapa ukuran kecil. Tips ini membuat tubuh kamu punya waktu untuk mencerna makanan dan membebaskan gas dalam perut.  Porsi makan besar apalagi saat perut kosong, rentan banget memicu perut kembung karena lama dicerna.

2. Abis makan, coba deh tetap bergerak supaya perut gak mudah kembung

7 Tips Mengurangi Gas Dalam Perut Agar Tak Sering Kentut Saat Hamilunsplash.com/Arteida MjESHTRI

Duduk diam sehabis makan bisa membuat gas tetap berada dalam perut. Efeknya perut jadi gak nyaman karena kembung. Kamu bisa pilih gerakan santai seperti berjalan-jalan di sekitar rumah, cuci piring, ngelap meja atau porselen dapur dan pekerjaan ringan lainnya.

3. Kalau perutnya gak nyaman, coba deh duduk dengan posisi kaki terangkat atau sejajar

7 Tips Mengurangi Gas Dalam Perut Agar Tak Sering Kentut Saat Hamilunsplash.com/Ashton Mullins

Menaikkan kaki dalam posisi duduk, bisa membuat perutmu yang kembung jadi lebih nyaman. Topang kakimu dengan kursi kecil atau bantal hingga terangkat. Posisi ini bisa meringankan beban bayi dari perut dan membuat tubuh mencerna makanan dengan lebih baik.

Baca Juga: Kenapa Suami Harus Mengusap Perut Istri Ketika Hamil? Ini Alasannya!

4. Hindari minum pakai sedotan supaya udara di perut gak nambah banyak

7 Tips Mengurangi Gas Dalam Perut Agar Tak Sering Kentut Saat Hamilunsplash.com/rawpixel

Jadi, minumnya langsung dari gelas aja ya. Untuk meminimalisir perut bergas, pilihlah waktu minum di antara jam makan, bukan selama makan.

5. Perbanyak minum untuk bantu cegah konstipasi yang bisa memicu perut kembung

7 Tips Mengurangi Gas Dalam Perut Agar Tak Sering Kentut Saat Hamilpixabay.com

Banyak minum di antara waktu jam makan memang bagus, tapi saat hamil kamu harus hindari minuman berkarbonasi dan pemanis buatan. Selain air putih, kamu bisa mengonsumsi susu yang bebas laktosa atau susu kedelai yang mengandung kalsium.

6. Lakukan olahraga teratur untuk ibu hamil

7 Tips Mengurangi Gas Dalam Perut Agar Tak Sering Kentut Saat Hamilpixabay.com

Saat hamil, kamu gak seharusnya istirahat total terus-menerus, kecuali memang ada gangguan kesehatan tertentu. Bergerak lewat olahraga ringan yang rutin sangat baik bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin dalam kandungan. Jalan santai di pagi hari atau ikut kelas senam khusus ibu hamil, bisa jadi pilihan tepat yang membantu melancarkan pencernaan.

7. Kunyah makanan lebih lama supaya tekanan pada sistem pencernaan menurun

7 Tips Mengurangi Gas Dalam Perut Agar Tak Sering Kentut Saat Hamilunsplash.com/Gardie Design & Social Media Marketing

Sebisa mungkin kamu harus hindari makan terburu-buru, sebab makanan yang dikunyah lebih lama bisa meringankan kerja organ dalam. Tekanan pada sistem percernaan pun lebih stabil dan bikin perut ibu hamil jadi nyaman. Karenanya masalah perut kembung penyebab sering kentut lebih jarang terjadi.

Calon mama, itulah sederet langkah yang bisa bantu kamu mengatasi masalah gas dalam perut sewaktu hamil. Yuk terapkan supaya masa kehamilan lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: 7 Tips Rahasia Menikmati Long Haul Flight untuk Ibu Hamil

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya