Comscore Tracker

Gak Harus Setiap Hari, Inilah Waktu Tepat Membersihkan Rumah

Ternyata tak harus setiap hari. Baru tahu nih...

Membersihkan rumah merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Bila tidak, rumah akan menjadi kotor dan dipenuhi bakteri. Meskipun begitu, tidak seluruh area atau peralatan di rumah harus dibersihkan setiap hari. Ada beberapa area dan peralatan rumah yang justru seharusnya dibersihkan dalam periode waktu tertentu. Berikut penjelasan selengkapnya dari brighstide.me!

Yang ini perlu dibersihkan SETIAP HARI.

Gak Harus Setiap Hari, Inilah Waktu Tepat Membersihkan RumahPinterest

Area yang harus dibersihkan antara lain ubin kamar mandi menggunakan squeegee (Alat dengan pisau datar dari karet yang biasanya digunakan untuk menghapus cairan dari permukaan datar), dan meja makan menggunakan kain basah untuk menghilangkan sisa makanan yang masih menempel pada permukaan meja makan.

Selain itu, piring kotor tidak baik bila dibiarkan semalaman apalagi bila direndam air. Karena air yang kotor justru menjadi tempat bakteri berkembang biak. Mencuci baju juga sebaiknya dilakukan setiap hari supaya bakteri dalam baju kotor tidak berkembang biak (Tidak berlaku untuk seprei).

Gak perlu setiap hari, hanya beberapa kali atau sekali dalam seminggu sudah cukup kok.

Gak Harus Setiap Hari, Inilah Waktu Tepat Membersihkan RumahPexels

Beberapa area berikut ini, seperti rak penyimpanan dan lantai (Selain lantai kamar mandi) tidak perlu dibersihkan setiap hari, yang disarankan adalah seminggu sekali. Namun bila memiliki anak kecil atau hewan peliharaan sebaiknya dibersihkan dua hari sekali. Untuk membersihkan rak penyimpanan bisa menggunakan larutan disinfektan.

Seprei tidak termasuk dalam golongan pakaian yang harus dicuci setiap hari. Namun mengingat kemungkinan adanya tungau maka seprei harus diganti dan dicuci seminggu sekali, terpisah dari pakaian menggunakan air bersuhu tinggi. Kain pel atau kain lap sebaiknya juga dicuci seminggu sekali. 

Perabotan rumah tangga dapat dibersihkan menggunakan kain microfiber (Tidak akan meninggalkan goresan), serta permukaan keran dan bagian lainnya pada kamar mandi juga dibersihkan dengan produk yang tidak mengandung asam kuat atau klorin.

Kalau yang ini sebulan sekali aja.

Gak Harus Setiap Hari, Inilah Waktu Tepat Membersihkan RumahWebsite

Meski microwave jarang dipakai oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, namun bila kamu memilikinya di rumah jangan lupa untuk membersihkannya sebulan sekali, menggunakan baking soda yang sudah dicampur dengan air lalu disemprotkan ke bagian dalam microwave. Karena baking soda dapat membersihkan sekaligus menghilangkan bau tak sedap pada microwave. 

Yang berikut ini hanya dibersihkan setiap tiga bulan sekali.

Gak Harus Setiap Hari, Inilah Waktu Tepat Membersihkan RumahWebsite

Untuk yang harus dibersihkan tiga bulan sekali adalah kulkas. Sama dengan microwave. Kulkas juga bisa dibersihkan dengan air semprotan yang sudah dicampur dengan baking soda sebagai penangkal bau tak sedap. Selain kulkas, perabotan tempat tidur (Bantal, guling, selimut) dan kasurnya sendiri juga harus dibersihkan untuk menyingkirkan tungau debu yang mungkin bersarang di tempat tidur. Caranya buat kamu yang gak mau ribet, bisa menggunakan jasa binatu atau dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam.

Kalau takut lupa lebih baik dicatat ya, karena yang ini cuma enam bulan sekali.

Gak Harus Setiap Hari, Inilah Waktu Tepat Membersihkan RumahWebsite

Terkadang kita bingung kapan waktu yang tepat untuk membersihkan tungku kompor. Ternyata enam bulan sekali merupakan jawabannya. Caranya, tungku kompor direndam dulu dalam air mendidih selama beberapa menit. Baru setelah itu dicuci dengan sabun cuci piring lalu dibilas sampai bersih. Tidak hanya tungku kompor. Oven juga perlu dibersihkan setiap enam bulan. Sebelum dibersihkan, panaskan oven selama 20 menit baru setelah itu dibersihkan menggunakan deterjen khusus stainless steel.

Karena cuma setahun sekali, lebih baik kamu kasih lingkari di kalender tahunan.

Gak Harus Setiap Hari, Inilah Waktu Tepat Membersihkan RumahPexels

Buat kamu yang pakai karpet di rumah, jangan lupa dibersihkan setahun sekali. Kecuali kalau kamu memiliki hewan peliharaan, dapat dibersihkan setiap enam bulan menggunakan deterjen khusus yang menghilangkan kotoran dan noda. Jangan lupakan jendela rumahmu yang juga tetap harus dibersihkan supaya tetap bersih dan terawat dengan larutan pembersih kaca.

Namun sebaiknya jangan dibersihkan saat hari sedang panas terik. Karena meski lebih cepat kering akan meninggalkan bekas coretan pada kaca jendela. Buat kamu yang tinggal di wilayah berpolusi tinggi, kaca jendela dibersihkan enam bulan sekali. Selain itu, gorden rumahmu juga harus dibersihkan setahun sekali menggunakan mesin cuci atau steamer.

Kayak anniversary aja cuma satu tahun sekali dirayakan, eh maksudnya dibersihkan.

Hana Maria Rachelina Photo Verified Writer Hana Maria Rachelina

Make your life more beautiful with always thankful to God for everything that you have ^^ My instagram @authorbora98

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya