Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Hubungan dengan Saudara Kandung Harus Selalu Dijaga

Saudara kandung tetap yang terbaik

Memiliki saudara, terutama yang sedarah, seringkali memberi kenyamanan yang berbeda dibandingkan jika hanya menjadi anak tunggal. Meski tak jarang kita akan mengalami pertengkaran antar saudara, tapi hal itu seperti bumbu dalam jalinan persaudaraan.

Ada kalanya saudara bisa menjadi sangat jahil dan mengganggu kita. Namun, akan datang juga masa di mana kita merasa sangat bersyukur karena memiliki saudara kandung.

Pada akhirnya kita akan merasakan bahwa memiliki saudara kandung akan sangat memberi manfaat. Berikut ini beberapa alasan kenapa kita harus menjaga hubungan baik dengan saudara kandung.

1. Sejelek apapun sifatnya, mereka yang akan selalu membelamu

5 Alasan Kenapa Hubungan dengan Saudara Kandung Harus Selalu Dijagapexels.com/Artem Bali

Seringkali kita akan menjumpai waktu di mana saudara kita bisa bertingkah sangat menyebalkan. Entah karena kejahilannya atau ego yang masih tinggi, tak jarang akan muncul rasa kesal pada mereka.

Namun di lain waktu saat ada orang lain yang menyakiti kita, saudara sering hadir di barisan terdepan untuk jadi pembela nomor wahid. Mereka tidak akan segan jadi tameng yang akan melindungi dari orang-rang yang sudah atau akan menyerangmu. Bahkan saat kamu salah sekalipun, dihadapan orang lain mereka akan tetap memberi pembelaan untukmu.

2. Solidaritas dengan saudara kandung itu tidak terbatas

5 Alasan Kenapa Hubungan dengan Saudara Kandung Harus Selalu Dijagapixabay.com/Free-Photos

Biasanya kita akan mengenal makna solidaritas dari teman atau sahabat. Namun, teman sebanyak apapun yang datang pada akhirnya akan pergi meninggalkan kita. Lain halnya dengan saudara kandung, mereka akan selalu ada dan setia bersama kita.

Meski jarak memisahkan, kedekatan diantara saudara kandung masih akan terjalin dalam ikatan persaudaraan yang kental. Sejauh apapun atau bahkan berbeda tempat tinggal sekalipun, komunikasi akan tetap terasa dekat jika berbicara dengan saudara kandung.

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Dirasakan Cowok Kalau Semua Saudara Kandungnya Cewek

3. Semakin dewasa, kualitas hubungan akan semakin membaik

5 Alasan Kenapa Hubungan dengan Saudara Kandung Harus Selalu Dijagapexels.com/rawpixel

Saat kecil mungkin kita sering bertengkar dengan saudara kita. Entah itu hanya karena hal sepele seperti berebut mainan atau perbedaan pendapat, tapi semua itu tidak akan menghancurkan ikatan persaudaraan.

Seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia yang semakin dewasa, kualitas hubungan dengan saudara pun akan semakin baik dan kuat. Cara berpikir yang dewasa akan membuat kita semakin merasa betapa pentingnya hubungan persaudaraan itu.

4. Bisa jadi penasihat pribadimu

5 Alasan Kenapa Hubungan dengan Saudara Kandung Harus Selalu Dijagapixabay.com/annettegottsunda

Memiliki saudara kandung, bukan hanya dapat berbagi kebahagiaan tapi juga kegelisahan. Hubungan persaudaraan yang dekat biasanya akan saling mengisi dan saling memberi nasihat bahkan mengingatkan saat kita melakukan kesalahan.

Bahkan di saat sulit dan merasa bimbang, kita akan selalu bisa mengandalkan saudara untuk dimintai saran sebelum membuat sebuah keputusan. Mereka adalah penasihat terdekat sekaligus terbaikmu.

5. Teman setia yang selalu ada

5 Alasan Kenapa Hubungan dengan Saudara Kandung Harus Selalu Dijagapixabay.com/cuncon

Teman seringkali memiliki lebih banyak waktu kita dibanding dengan keluarga. Sebab terkadang ada hal-hal yang hanya bisa dibicarakan dengan teman dan bukan dengan keluarga, terlebih orang tua. Namun, sebenarnya saudara kandung pun mampu menjadi teman yang paling setia.

Bahkan saat mereka berada jauh darimu, kesetiaan saudara tidak akan mampu dibandingkan dengan teman. Kenyataan yang terjadi teman dapat meninggalkan atau malah mengkhianatimu, sedang saudara kandungmu akan selalu ada.

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa kita harus selalu menjaga hubungan baik dengan saudara kandung. Meski seringkali bisa bersikap menyebalkan, tapi mereka tetaplah sosok yang tidak akan mengambil keuntungan darimu atau meninggalkanmu.

Baca Juga: 7 Hal yang Bakal Kamu Rasakan Jika Punya Banyak Saudara Kandung

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 09:00:05

Progress: 750.448 dari 813.350 TPS (92.26631%)

Just For You