Comscore Tracker

5 Keterampilan yang Sebaiknya Dimiliki sebelum Menikah, Bermanfaat!

Kamu sudah bisa apa saja?

Pernikahan adalah momen yang membutuhkan banyak persiapan. Sebelum sampai di hari bahagia tersebut, calon pengantin biasa sibuk dengan berbagai materi yang terkait dengan pernikahan seperti gaun, makanan, tempat pesta, suvenir, dan sebagainya.

Namun, sebenarnya ada hal lain yang perlu disiapkan sebelum menikah, yaitu keterampilan. Beberapa keterampilan tersebut akan sangat bermanfaat untuk menjalani kehidupan sehari-hari sebagai keluarga. Apa saja? Yuk, simak informasinya berikut ini!

1. Memimpin ibadah

5 Keterampilan yang Sebaiknya Dimiliki sebelum Menikah, Bermanfaat!ilustrasi laki-laki yang sedang menjalankan ibadah salat (pexels.com/Michael Burrows)

Ibadah adalah hal penting yang harus dijalankan sebagai bukti terhadap keyakinan yang dianut. Jika sebelumnya sering beribadah seorang diri, maka setelah menikah akan lebih sering menjalankan ibadah bersama pasangan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya baik calon suami atau calon istri sama-sama belajar cara memimpin ibadah sesuai keyakinan. Sebagai contoh, seorang pria muslim harus mampu menjadi imam agar bisa menjalankan ibadah salat berjamaah dengan keluarga. Ibadah bersama akan lebih menyenangkan, bukan?

2. Memperbaiki kendaraan atau peralatan rumah tangga

5 Keterampilan yang Sebaiknya Dimiliki sebelum Menikah, Bermanfaat!ilustrasi memperbaiki motor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah menikah, keuangan rumah tangga harus sudah diatur sedemikian rupa agar tetap stabil. Jika bisa berhemat, maka berpotensi memiliki jumlah tabungan yang lebih besar, sehingga bisa mewujudkan berbagai mimpi bersama.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran adalah dengan memiliki keterampilan untuk memperbaiki kendaraan atau peralatan rumah tangga sederhana. Biasanya kemampuan ini lekat dengan sosok laki-laki, tetapi tidak salah jika perempuan pun turut belajar. Namun, jika dirasa tidak bisa memperbaiki sendiri, tetap bawa ke ahlinya agar tidak malah semakin rusak.

Baca Juga: 5 Cara Elegan Sikapi Keluarga Toxic, Ikhlaskan atau Lepaskan

3. Memasak

5 Keterampilan yang Sebaiknya Dimiliki sebelum Menikah, Bermanfaat!ilustrasi memasak bersama pasangan (pexels.com/ShotPot)

Memasak adalah keterampilan dasar yang wajib dikuasai oleh laki-laki mau pun perempuan. Salah besar jika aktivitas ini hanya dibebankan kepada perempuan saja karena perempuan dianggap yang bertugas mengurus rumah tangga.

Memiliki kemampuan memasak akan membuat pengeluaran rumah tangga lebih hemat karena tidak perlu keluar biaya untuk transportasi dan makan di luar. Selain itu, masak bersama pasangan akan semakin menguatkan chemistry, sehingga lebih kompak dan bahagia.

4. Mengatur waktu

5 Keterampilan yang Sebaiknya Dimiliki sebelum Menikah, Bermanfaat!ilustrasi bekerja sama mengasuh anak (pexels.com/Keira Burton)

Waktu adalah hal yang sangat berharga karena ketika sudah terlewat, kita tidak bisa mendapatkannya lagi. Karenanya, penting untuk memiliki manajemen waktu yang baik agar kehidupan yang dijalani bisa lebih teratur.

Kamu harus sadar bahwa alokasi waktu sebelum dan setelah menikah memang berbeda. Ketika masih lajang, kamu bebas menggunakan waktu untuk dirimu sendiri atau menghabiskannya bersama teman. Namun, ketika kamu sudah menikah, keluarga adalah prioritas utama. Jangan sampai terbalik karena akan berpotensi menimbulkan masalah.

5. Mengatur keuangan

5 Keterampilan yang Sebaiknya Dimiliki sebelum Menikah, Bermanfaat!ilustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Keuangan adalah bagian penting dalam membangun sebuah keluarga. Uang yang dimiliki harus diatur sedemikian rupa agar alokasinya tepat sasaran, sehingga bisa dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Keterampilan mengelola keuangan ini harus sudah dimiliki sejak dini. Meskipun istri yang biasa bertugas menjadi bendahara keluarga, suami juga berkewajiban untuk turut memantau dan membantu istri mewujudkan rencana keuangan tersebut.

Menguasai berbagai keterampilan di atas akan menjadikanmu lebih siap dalam menjalani kehidupan berumah tangga nanti. Jangan lelah untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan diri agar bisa membangun keluarga yang bahagia.

Baca Juga: 5 Kekacauan dalam Rumah Tangga yang Disebabkan Buruknya Komunikasi

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya