Comscore Tracker

5 Hal Positif dari Orangtua kepada Anak yang Bikin Kangen

#IDNTimesLife Masa kecil yang sangat berharga

Bagi siapa saja yang masih mempunyai orangtua lengkap, tentu harus bersyukur dengan segala anugerah yang ada. Banyak pengorbanan yang diberikan orangtua kepada anaknya agar menjadi pribadi yang baik.

Saat mendidik, setiap orangtua punya cara tersendiri agar sang anak menjadi sosok yang penting bagi lingkungan sekitarnya. Berikut ini hal positif dari orangtua kepada anak yang bikin kangen.

1. Mendukung segala impian anaknya

5 Hal Positif dari Orangtua kepada Anak yang Bikin Kangenilustrasi perempuan menggendong anaknya (pexels.com/@josh-willink-11499)

Peran orangtua dalam kehidupan anak memang sangat berpengaruh sampai kapan pun. Semua impian anaknya tentu harus dihargai dan tak boleh diancam atau dicurigai begitu dalam.

Akan banyak cita-cita yang sebenarnya kurang masuk akal karena kondisi yang sedang dialami orangtua kala itu. Namun, potensi dan kerja keras anak yang kuat akan membentuk ambisi agar dapat meraihnya di masa depan. 

2. Mendukung keputusan sang anak

5 Hal Positif dari Orangtua kepada Anak yang Bikin Kangenilustrasi perempuan bermain dengan anaknya (pexels.com/@artempodrez)

Segala keputusan yang anak buat justru harus dihargai dan tak boleh ditolak dengan kasar. Anak memiliki caranya sendiri untuk berekspresi sehingga akan berdampak pada sisi psikologis anak jika penolakan kasar terjadi.

Orangtua harus memberikan banyak nasihat yang baik kepada anaknya agar mampu membedakan mana yang baik dan buruk. Hal ini juga membantu anaknya sendiri terbebas dari pergaulan buruk saat sudah dewasa.

3. Sebagai pengatur emosi bagi anaknya

5 Hal Positif dari Orangtua kepada Anak yang Bikin Kangenilustrasi perempuan menggendong anaknya (pexels.com/@dariaobymaha)

Orangtua juga berperan sebagai pengatur emosi bagi anaknya. Saat anak berada dalam kondisi sedih atau marah, maka orangtua akan menjadi penolong yang tepat.

Segala perkataan yang diucapkan oleh orangtua akan menjadi obat penenang bagi sang buah hati. Ini dikarenakan orangtua mengenal kepribadian anaknya sedari kecil. Orangtua dan anak tumbuh bersama sehingga mereka memiliki cara tersendiri agar anaknya tidak jatuh dalam depresi berkepanjangan.

Baca Juga: Kesehatan Mental Anak Tergantung Kebahagiaan Orangtua

4. Menghargai kebebasan waktu yang ada

5 Hal Positif dari Orangtua kepada Anak yang Bikin Kangenilustrasi pria menggendong anaknya (pexels.com/@nappy)

Kebebasan waktu bisa beragam hal dan sulit untuk diklasifikasikan. Banyak orangtua belum paham tentang kebebasan waktu bagi anak karena obsesi yang sangat tinggi akan potensi anak mereka masing-masing.

Sebagai orangtua yang baik, anak harus diberikan perlakuan yang adil. Kebebasan yang diberikan oleh orangtua kepada anak inilah yang memiliki peran besar sebagai pembentuk karakter di masa depan.

5. Menjadi sosok teladan dan tidak sensitif

5 Hal Positif dari Orangtua kepada Anak yang Bikin Kangenilustrasi perempuan memandang anaknya (pexels.com/@karolina-grabowska)

Orangtua menjadi teladan dalam pergaulannya sendiri serta dalam keluarga. Ada beberapa orangtua yang sangat sensitif dengan lingkungan sekitar sehingga terkesan menutup diri dari pergaulan.

Hal ini justru akan berdampak pada sisi psikologis anak. Sebab, mereka akan merasa tidak memiliki arah dan tujuan pasti karena terus terkurung dalam hal negatif. 

Namun, tak ada orangtua yang ingin anaknya terjerumus pada hal negatif, bukan? Maka dari itu, walaupun orangtua tak selamanya sempurna, mereka akan mengusahakan yang terbaik untuk buah hatinya. 

Tak disangka, rupanya kebaikan dari orangtua untuk anaknya sungguh tak terhingga, ya. Wah, jadi rindu dengan orangtua, ya! Jangan lupa untuk selalu membalas kebaikan orangtua kalian, ya. 

Baca Juga: 6 Hal Terbaik yang Bisa Orangtua Berikan pada Anak, Bukti Sayang

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya