Comscore Tracker

7 Kebiasaan Buruk Orangtua tentang Uang Bisa Merusak Masa Depan Anak

Karena masa depan anak ada di tangan orangtua

Menjadi orangtua bukanlah tugas yang mudah. Kita harus bisa memberikan contoh yang baik bagi anak-anak. Tak terkecuali dalam hal menyangkut uang. Meskipun, anak-anak kita masih terlihat belum mengerti fungsi uang dengan baik.

Kenyataannya, kebiasaan kita dalam mengatur uang bisa menjadi contoh bagi anak-anak ketika ia dewasa. Oleh karena itu, penting sekali bagi orangtua untuk tahu kebiasaan buruk apa saja yang tak boleh diterapkan tentang uang. 

Agar semakin jelas, berikut adalah tujuh kebiasaan buruk orangtua tentang uang yang bisa merusak masa depan anak. 

1. Memiliki utang di banyak tempat

7 Kebiasaan Buruk Orangtua tentang Uang Bisa Merusak Masa Depan AnakUnsplash.com/Annie Spratt

Jika utang digunakan dengan baik, maka tak akan membahayakan perekonomian keluarga. Namun, jika utang yang digunakan hanya untuk konsumsi pribadi, maka hal yang tak diinginkan pun bisa terjadi di keluarga kita. Tanpa orangtua sadari, utang di banyak tempat dapat menghancurkan masa depan anak.

Hal ini dikarenakan, anak akan menilai melakukan utang di banyak tempat adalah hal yang wajar. Sehingga, ketika dewasa anak akan mencoba memenuhi kebutuhan hidupnya dengan utang. Selain itu, utang yang menumpuk dapat membuat orangtua berkelahi dan menimbulkan stres pada anak. 

2. Menghambur-hamburkan uang

7 Kebiasaan Buruk Orangtua tentang Uang Bisa Merusak Masa Depan AnakUnsplash.com/Josh Appel

Orangtua yang terlalu boros akan menjadi contoh buruk bagi anak-anaknya. Jadi, jangan heran bila nantinya anak-anak akan tumbuh menjadi orang yang suka menghambur- hamburkan uang juga. Bahkan, sifat boros ini bisa jadi akan membuat anak terjebak ke dalam jebakan utang yang berbahaya. 

3. Selalu membelikan barang yang anak minta 

7 Kebiasaan Buruk Orangtua tentang Uang Bisa Merusak Masa Depan AnakUnsplash.com/Caleb Woods

Jangan terlalu memanjakan anak dengan membelikan semua barang yang ia minta. Beberapa orangtua beralasan tidak tahan melihat anak menangis karena tak mendapatkan barang yang diinginkan. Sehingga, hanya dalam hitungan menit anak akan segera mendapatkan barang yang ia inginkan. 

Jika kebiasaan ini terus-menerus dibiarkan, anak akan menjadi manja dan tahu bahwa orangtuanya akan membelikan semua barang yang ia inginkan. Bahkan, kebiasaan ini bisa berlanjut hingga ia menginjak usia dewasa. Oleh karena itu, bijaklah dalam memenuhi keinginan anak. 

Baca Juga: 6 Sikap Orangtua Ini Diimpikan oleh Anak Introver yang Sulit Bercerita

4. Tidak membicarakan tentang uang kepada anak 

7 Kebiasaan Buruk Orangtua tentang Uang Bisa Merusak Masa Depan AnakUnsplash.com/Alexander Dummer

Banyak orangtua berpikir bahwa anak tidak perlu tahu mengenai uang dan kondisi ekonomi yang sedang terjadi di keluarga mereka. Padahal, pengetahuan tentang uang harus diberitahukan kepada anak sejak usia muda.

Mereka harus tahu bahwa perekonomian di setiap keluarga tidaklah sama. Selain itu, mereka juga wajib tahu bahwa uang harus dicari dengan kerja keras bukan datang dengan mudah.

5. Tidak pernah mengajarkan anak cara berbagi 

7 Kebiasaan Buruk Orangtua tentang Uang Bisa Merusak Masa Depan AnakUnsplash.com/Kat Yukawa

Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, uang juga bisa dijadikan sebagi sumber kebaikan. Oleh karena itu, penting sekali bagi orangtua untuk bisa  mengajarkan anak bagaimana cara berbagi yang benar. Di satu sisi anak harus mengerti bahwa membantu orang yang membutuhkan adalah kewajiban semua orang.

Namun, di sisi lain anak harus tahu bahwa memberikan uang secara berlebihan kepada orang dapat mengganggu perekonomiannya juga. Oleh karena itu, ajarkanlah anak bagaimana melakukan kebaikan dengan bijaksana. 

6. Tidak mengajarkan anak cara menabung

7 Kebiasaan Buruk Orangtua tentang Uang Bisa Merusak Masa Depan AnakUnsplash.com/Michael Longmire

Menabung bukanlah hal yang asing lagi untuk kita dengar. Bahkan, rajin menabung akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perekonomian pribadi dan keluarga. Oleh karena itu, ajarkanlah anak-anak kita untuk bisa menabung sejak dini.

Jelaskan pada mereka, bahwa menabung dapat membuat mereka memiliki uang yang lebih banyak di masa depan. Selain itu, belikan juga mereka celengan yang memiliki bentuk unik dan lucu. Dijamin, mereka akan lebih tertarik untuk menabung.

7. Beri tahu anak bahwa uang tidak datang dengan percuma

7 Kebiasaan Buruk Orangtua tentang Uang Bisa Merusak Masa Depan AnakUnsplash.com/Annie Spratt

Beritahukan kepada anak, bahwa uang tidak datang dengan percuma. Uang bisa didapatkan dengan kerja keras. Orangtua dapat mengajarkan proses mendapatkan uang dari hal yang paling kecil.

Misalnya, ketika ia berhasil mendapatkan nilai bagus atau selesai mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik, maka ia pantas untuk menerima hasil dari kerja kerasnya. 

Mengajarkan anak tentang uang bukanlah hal yang mudah. Namun, bulan berarti sulit juga. Justru, memperkenalkan anak dengan uang akan membuat mereka lebih menghargai uang. Jelaskan uang pada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti, ya. 

Baca Juga: Biar Gak Nyesel, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Jadi Orangtua

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya