Comscore Tracker

6 Sikap Orangtua Ini Diimpikan oleh Anak Introver yang Sulit Bercerita

Anak introver butuh perhatian khusus agar tumbuh dengan baik

Sifat introver dapat muncul sejak seseorang masih berusia anak-anak. Tanda-tandanya bisa dikenali dari tingkah laku anak yang cenderung pasif, tidak terlalu suka banyak bicara dan senang mengamati keadaan di sekitarnya.

Orangtua yang diberkahi anak dengan kepribadian introver harus paham betul bagaimana cara tepat dalam membimbingnya. Seperti dengan mengetahui 6 sikap orangtua yang diimpikan oleh anak introver berikut ini!

1. Tidak memaksa anak bersikap ekspresif   

6 Sikap Orangtua Ini Diimpikan oleh Anak Introver yang Sulit Berceritaunsplash.com/@oakandwillow

Anak introver punya caranya tersendiri dalam menyampaikan pendapat dan isi hati mereka. Orang tua harus paham hal ini agar berhenti dan tidak sama sekali memaksa mereka menjadi ekspresif seperti anak lain kebanyakan.

Patahkan stigma anak pendiam itu memiliki masa depan yang meragukan, dalam diamnya mereka juga menganalisis, berpendapat dan mencerna informasi secara teliti. 

2. Bisa mengerti cara pola pikir dan perilakunya

6 Sikap Orangtua Ini Diimpikan oleh Anak Introver yang Sulit Berceritaunsplash.com/@lukepennystan

Anak introver memilih jalan yang unik untuk bisa mengekspresikan apa yang diinginkan. Oleh sebab itu orang tua harus sabar, mengerti cara pola pikir dan maksud tindakannya. Jangan menekan mereka untuk mengatakan hal yang tidak ingin dikatakan.

Di sini orang tua yang harus mengalah dan mencoba mencerna maksud mereka, bukan anak yang dipaksa untuk mengikuti ego orang tua. 

3. Tidak diperlakukan dengan cara membentak dan bersikap keras

6 Sikap Orangtua Ini Diimpikan oleh Anak Introver yang Sulit Berceritaunsplash.com/@jonathanborba

Anak introver tidak hanya diam dan sering dianggap pasif dalam pendapat dan pikirannya, tapi mereka juga diam dalam urusan emosinya. Anak ini memiliki rasa peka yang lebih tinggi, perasaannya sensitif dan mudah memendam rasa sakit hati. Ini yang harus diketahui orang tua, agar tidak membentak dan bersikap keras kepada mereka. 

Baca Juga: Penting! 5 Alasan Logis Orangtua Semestinya Mendukung Keunikan Anak

4. Mendapat kebebasan untuk memilih   

6 Sikap Orangtua Ini Diimpikan oleh Anak Introver yang Sulit Berceritaunsplash.com/@kellysikkema

Karena sudah mengetahui cara mereka unik dan berbeda dalam berekspresi, maka saat dihadapkan kepada pilihan anak introver juga sebaiknya beri mereka kebebasan. Anak introver cenderung tidak melawan dan menuruti apa kata orang tua, tapi dalam hatinya terdapat keinginan lain yang tersembunyi.

Ini akan menjadi berbahaya bila sang anak mengalami rasa kurang percaya diri, diam-diam terkekang, dan mungkin memiliki potensi lain yang lebih menjanjikan. 

5. Mendapat dukungan untuk menekuni potensi dan apa yang diinginkannya  

6 Sikap Orangtua Ini Diimpikan oleh Anak Introver yang Sulit Berceritaunsplash.com/@caleb_woods

Orang tua juga harus memberi anak introver dukungan secara penuh. Dukung apa potensi dan keinginannya agar dirinya merasa nyaman. Orang tua merupakan aset dan pendukung terbesar bagi anak introver, sebab tidak mudah bagi mereka mempercayai dan dekat dengan orang lain.  

6. Juga ingin diperhatikan dan butuh kasih sayang yang melimpah

6 Sikap Orangtua Ini Diimpikan oleh Anak Introver yang Sulit Berceritaunsplash.com/@jonathanborba

Kesan luar yang terlihat dingin dan tidak ekspresif membuat anak introver seperti tidak mendambakan sifat manja dari orangtua. Padahal dalam hatinya mereka hanya kurang pandai mengungkapkan keinginannya dimanja dan diberi limpahan kasih sayang. Orangtua perlu mengerti bagaimana perhatian serta kasih sayang yang sesuai dengan karakter anak.

Semakin mengenal dengan baik karakter anak, orang tua juga bisa paham bagaimana cara mengatasi dan mendidiknya secara tepat. Untuk orangtua yang punya anak introver, yuk coba terapkan sikap-sikap di atas tadi moms!

Baca Juga: 7 Tips agar Anak Menuruti Nasihat Orangtua tanpa Rasa Terpaksa

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya