Comscore Tracker

6 Tips Lebih Dekat dengan Kakak Ipar Perempuan

Lihat segalanya lebih dekat~

Menikahi pasanganmu biasanya dianggap juga berarti menikah dengan keluarganya. Menyatukan dua keluarga yang mempunyai latar belakang berbeda memang terbilang cukup sulit. Di mana harus pintar menekan ego dan beradaptasi dengan kultur keluarga pasangan.

Hal yang banyak ditakuti oleh calon menantu adalah takut tidak diterima oleh keluarga pasangan. Terlebih lagi bila pasangan mempunya kakak perempuan. Notabenenya kakak ipar perempuan terbilang lebih susah untuk didekati daripada mertua perempuan.

Bila kamu merasakan hal yang sama, ada beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan. Simak dan pahami, ya!

1. Menghabiskan waktu bersama

6 Tips Lebih Dekat dengan Kakak Ipar Perempuaninteraksi antar perempuan (unsplash.com/@jarritos)

Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, dan pernyataan ini benar adanya. Semakin kamu mencoba untuk saling mengenal, lama kelamaan perasaan sayang itu akan tumbuh diantara kamu dan kakak ipar. Sehingga, menghabiskan waktu bersama menjadi poin penting dalam menjalin hubungan.

Apabila kakak iparmu terpaut usia yang cukup jauh, kamu bisa menghabiskan waktu dengan cara sering mengunjunginya dengan membawa buah tangan. Bisa juga dengan membantu mnejaga anaknya atau sekedar menemaninya belanja.

Namun, jika kamu dan kakak ipar terbilang seumuran, mendekatinya justru terbilang lebih mudah meskipun cukup tricky. Kalian bisa quality-time dengan spa bersama, olahraga, atau beli pakaian yang matching satu sama lain.

2. Jangan ragu untuk memberi pujian

6 Tips Lebih Dekat dengan Kakak Ipar Perempuaninteraksi antar perempuan (unsplash.com/@omarlopez1)

Compliments never hurt. Tidak ada yang salah dalam memuji orang lain, justru dengan memuji akan membuat orang lain merasa spesial dan dihargai. Berikan pujian pada kakak iparmu betapa anggunnya ia dalam balutan dress yang dipakai, betapa wangi dan indahnya riasannya saat itu. 

Meskipun begitu, tidak semua hal yang dilakukan kakak iparmu harus dipuji. Terlalu banyak pujian malah bisa terdengar fake atau kamu tidak benar-benar tulus memujinya. Pujilah ia dalam waktu yang menurutmu ia layak mendapat pujian.

3. Berikan selamat dalam kesempatan tertentu

6 Tips Lebih Dekat dengan Kakak Ipar Perempuaninteraksi antar perempuan (unsplash.com/@eklect)

Ikutlah andil dalam perencanaan pesta kejutan ulang tahunnya, atau berikan selamat ketika mendapatkan pekerjaan baru dalam bentuk catatan kecil yang berisikan kalimat penyemangat. 

Ucapan selamat secara personal akan memberikan kesan khusus untuknya. Usahakan untuk memberinya hadiah, meskipun kecil dan tidak terlalu mahal asalkan itu adalah niat dari hati, kakak iparmu pasti akan terkesan.

Baca Juga: 10 Momen Nia Ramadhani Liburan di Borobudur Bareng Kakak Ipar

4. Mintalah saran padanya

6 Tips Lebih Dekat dengan Kakak Ipar Perempuaninteraksi antar perempuan (unsplash.com/@gabby-k)

Meminta saran pada kakak iparmu bukan berarti harus menceritakan permasalahanmu dengan pasangan. Tapi kamu juga bisa menceritakan tentang hal-hal lain yang sedang mengusikmu. 

Dimintai saran seperti itu akan membuat kakak iparmu merasa kalau nasihat dan pemikirannya penting dan kamu membutuhkan kehadirannya. Dia akan bisa memberikan nasihat terbaik, terlebih bila mengenai tentang kamu yang ingin lebih dekat dengan keluarganya. Dia bisa jadi tempat curhat terbaik, bak kakak kandung sendiri.

5. Kompromi atas sikapnya

6 Tips Lebih Dekat dengan Kakak Ipar Perempuaninteraksi antar perempuan (unsplash.com/@elletakesphotos)

Membangun hubungan dengan kakak ipar memang tidaklah mudah. Terlebih lagi bila kakak iparmu perempuan, mereka bisa jadi lebih sensitif daripada ibu dari pasanganmu. Walaupun begitu, ia tetaplah saudara dari calon suamimu, sehingga kamu harus tetap memberikannya perhatian dan kasih sayang.

Ketika sikap kakak ipar menyakiti hati, kamu harus bisa menanganinya dengan bijak dan dewasa tanpa menyakiti atau menyinggung perasaannya. Kamu hanya punya dua pilihan, menghadapi dengan mengungkapkan ketidaknyamananmu atau yang kedua membiarkan masalah ini berlalu.

Kedua pilihan tersebut pastinya ada resiko dan konsekuensi, posisikan dirimu sebagai adiknya yang memang tidak wajib untuk terus-terusan mengalah, namun tidak ada salahnya untuk menahan ego demi hubungan yang masih bisa dijaga.

6. Bantulah saat ia membutuhkanmu

6 Tips Lebih Dekat dengan Kakak Ipar Perempuaninteraksi antar perempuan (unsplash.com/@liza-summer)

Kalau kakak iparmu sudah cukup mempercayaimu, dia akan lebih santai untuk meminta bantuanmu. Misalkan disaat-saat dia ada masalah, kamu bisa jadi tempatnya merenung. Bisa juga ketika ia kerepotan mengurus anak dan kamu dimintai tolong, hal ini bisa jadi sinyal hijau untuk makin membuatnya mempercayaimu.

Hal-hal kecil lainnya yang bisa kamu lakukan adalah memeluknya saat ia membutuhkan dukungan, memberikannya perhatian kecil yang berarti. Tindakan kecil yang kamu lakukan ini akan sangat membantunya dan hubungan kalian makin erat.

Restu dari semua keluarga sangatlah penting demi keberlanjutan hubunganmu dan pasangan. Membangun sebuah chemistry dengan orang baru dan masih belum mengenal lebih jauh bisa jadi tantangan tersendiri. Ingat, perhatian tulusmu jadi penopang rumah tanggamu kelak.

Baca Juga: 5 Tantangan yang Akan Diperoleh apabila Tinggal Serumah dengan Ipar

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya