Comscore Tracker

5 Nasihat dari Orangtua yang Sering Dilupakan Ketika Beranjak Dewasa

Sederhana namun sering dilupakan banyak orang

Nasihat membuat hidup kita lebih semangat. Bahwa ada banyak impian yang masih belum tercapai dan tidak ada kata berhenti untuk berjuang. Termasuk nasihat yang orang tua berikan sejak kita kecil. 

Terkadang mereka tidak ingin mengharapkan apa pun untuk kamu membalasnya, selain menuruti apa yang dikatakan. Bukankah semua hal perlu restu dari orang tua? Termasuk dengan mengingat nasihat yang pernah mereka berikan. Apa saja? 5 Nasihat ini perlu kamu ingat selalu.

1. "Jangan lelah belajar, tidak ada kata berhenti untuk terus belajar"

5 Nasihat dari Orangtua yang Sering Dilupakan Ketika Beranjak DewasaPexels/Andrea Piacquadio

Hampir sejak kecil kita diperingatkan untuk terus belajar. Pendidikan merupakan modal terbaik yang bisa diberikan orang tua. Harapannya adalah dengan ilmu sang anak mampu menyelesaikan problema hidup yang rumit. Karena itu orang tua tidak akan pernah lelah untuk mengingatkan belajar.

Memang nasihat ini bisa bermakna sangat dalam. Bahwa belajar ternyata bukan hanya di sekolah. Setelah kelulusan kita masih perlu banyak belajar lagi karena pendidikan formal saja tidaklah cukup. Bersyukurlah jika orang tuamu memberikan modal pendidikan yang baik. Karena dengan niat belajar yang tinggi akan membuatmu mampu meraih impian.

2. "Selalu hormati orang lain, terutama yang lebih tua darimu"

5 Nasihat dari Orangtua yang Sering Dilupakan Ketika Beranjak DewasaPexels/Andrea Piacquadio

Ini merupakan prinsip hidup yang diajarkan semua orang tua. Hormatilah seseorang yang lebih tua. Bukan hanya kepada orang-orang yang kita kenal saja, namun juga orang yang baru kita temui pantas kita hormati. Memberikan penghormatan pada orang lain bukan berarti kamu lebih rendah ya. Justru sebaliknya dengan kamu mampu menghargai orang lain, derajatmu bisa lebih tinggi.

Hal ini yang terlupakan di generasi sekarang. Wujud penghargaan kepada orang lain terasa sangat rendah. Apalagi jika kita sudah membuka media sosial. Saling hujat sering tidak terelakkan. Padahal seharusnya siapa pun itu kita harus menghormati satu sama lain. Di mana pun kita berada termasuk di dunia digital.

Baca Juga: 5 Nasihat Ketika Musibah Datang Saat Kamu Merantau Jauh dari Keluarga

3. "Jangan lupa untuk beribadah, kebahagiaan dunia tidak ada apa-apanya"

5 Nasihat dari Orangtua yang Sering Dilupakan Ketika Beranjak DewasaPexels/Pixabay

Terkadang hiruk pikuk duniawi membuat kita lupa dengan tujuan kita yang sebenarnya. Padahal pesan ini sudah sering orang tua kita ingatkan. Tidak jarang kita berdalih banyak hal untuk menundanya. Meskipun hal yang sederhana, beribadah sebenarnya adalah terapi.

Jika dulu ketika masih kecil kamu belum bisa merasakannya, untuk sekarang cobalah mengambil waktu jeda untuk beribadah atau berdoa mengingat Sang Pencipta. Rasakan perasaanmu akan lebih tenang setelahnya. Mengejar materi tidak akan ada habisnya. Sebagai seseorang yang telah merasakan pahit manisnya hidup orang tua sebenarnya sudah memperingatkanmu sejak awal.

4. "Jangan lupa untuk menabung, sisakan sebagian untuk hari depan"

5 Nasihat dari Orangtua yang Sering Dilupakan Ketika Beranjak DewasaPexels/Joslyn Pickens

Orang tuamu ingin mengajarkan hidup sederhana dengan menabung. Menabung membuatmu merasa cukup. Cobalah simpan sebagian penghasilanmu untuk ditabung. Kamu justru merasa kecukupan. Karena secara tidak langsung kamu sudah mengamankan hari depanmu.

Baik besar atau kecil menabung merupakan perilaku yang perlu dibiasakan sejak kecil. Menabung mengajarkan perilaku dan pola pikir yang penting. Dengan menabung kita akan lebih bersyukur karena terus merasa cukup dengan gaya hidup sederhana. Selalu ingat nasihat sederhana, bahwa hemat pangkal kaya.

5. "Mengalah bukan berarti kamu kalah, jangan merasa menang sendiri"

5 Nasihat dari Orangtua yang Sering Dilupakan Ketika Beranjak DewasaPexels//Elly Fairytale

Ketika kecil kita sering merasa untuk menang sendiri. Karena hal itu kita sering bertengkar dengan teman sebaya. Tidak jarang orang tua mengingatkan kita untuk mengalah karena justru dengan ini kita bisa menyelesaikan masalah. Namun karena masih kecil kita belum memaknai nasihat ini sehingga begitu saja melupakannya. 

Padahal nasihat ini merupakan sebenar-benarnya cara untuk meredam konflik. Setelah dewasa kita tersadar bahwa mengalah justru memberi banyak kesempatan. Dengan mengalah kita menemukan cara baru menyelesaikan masalah. Memang benar bahwa, mengalah tidak akan membuatmu kalah justru kemenangan kamu dapat setelahnya.

Tidak ada yang abadi di dunia ini. Termasuk mereka yang sudah membesarkan kita. Salah satu cara agar mereka terus dikenang adalah mewariskan nasihat-nasihat yang sudah mereka berikan kepada keluarga selanjutnya. Jangan pernah dilupakan ya!

Baca Juga: Wahai Kaum Rebahan, Ini 5 Nasihat Bijak yang Mesti Kamu Dengar!

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

hallo selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya