Comscore Tracker

5 Penyebab Mertua Bersikap Pilih Kasih dengan para Menantunya, Catat!

Jangan sampai mertuamu memiliki karakter demikian, ya

Memiliki calon mertua yang baik, perhatian, dan penyayang tentu menjadi idaman tersendiri bagi hampir semua orang di luar sana. Itulah mengapa semua orang pasti berdoa semoga memiliki mertua yang juga dapat memperlakukannya dengan sebaik mungkin.

Sayangnya tak semua mertua memiliki karakter yang demikian. Ada pula beberapa orangtua yang memiliki sikap kurang baik dengan beragam contoh yang menyertainya, misalnya dengan karakter yang kurang bersahabat sebab gemar memperlakukan para mertuanya secara pilih kasih.

Jika memiliki mertua dengan tipe yang seperti itu jelas akan menimbulkan rasa tidak nyaman tersendiri. Itulah mengapa sebaiknya kamu perlu merefleksikan beberapa hal berikut ini agar dapat memahami alasan dari segala tindak pilih kasih yang dilakukan mertua terhadap para menantu.

1. Tidak akrab dengan beberapa menantunya

5 Penyebab Mertua Bersikap Pilih Kasih dengan para Menantunya, Catat!ilustrasi bersama mertua (pexels.com/@Andrea_Piacquadio)

Hal pertama yang bisa menjadi penyebabnya bisa aja karena ketidakakraban yang dimiliki antara mertua dan menantu. Banyak orang yang dirasa kurang mampu menjadi menantu yang baik justru cenderung menjaga jarak dari mertuanya.

Selain itu, bisa jadi juga memang mertualah yang berusaha menjaga jarak dari pada menantunya. Jika sudah demikian, maka hubungan yang terjalin tak akan berjalan dengan baik.

2. Merasa tak cocok dengan beberapa menantunya

5 Penyebab Mertua Bersikap Pilih Kasih dengan para Menantunya, Catat!ilustrasi pasangan orangtua (pexels.com/@gustavo-fring)

Ketidakcocokan dalam suatu hubungan adalah hal yang lumrah dan sering terjadi. Bahkan dalam hubungan antara mertua dan menantu justru hal semacam ini sering terjadi, namun bahkan diabaikan begitu saja tanpa berusaha mencari solusinya.

Ketidakcocokan yang dirasakan mertua dan menantu hanya akan membuat satu sama lain menjadi tidak akrab. Dampaknya mertua juga bisa saja melakukan tindakan pilih kasih hanya pada menantu yang dianggapnya cocok.

Baca Juga: 5 Tanda Mertua Cemburu sama Kamu, Pernah Mengalaminya?

3. Cenderung mengingat menantu yang paling bersikap baik padanya

5 Penyebab Mertua Bersikap Pilih Kasih dengan para Menantunya, Catat!ilustrasi bersama mertua (pexels.com/@Andrea_Piacquadio)

Mertua tentunya selalu memiliki harapan khusus untuk dapat menjalin hubungan baik bersama menantunya. Namun, kadang kala hubungan yang terjalin antara mertua dan menantu tidaklah selalu berjalan dengan baik.

Bahkan biasanya mertua akan cenderung mudah mengingat menantu yang dapat memperlakukannya dengan baik. Jika kamu justru menjadi menantu yang tak dekat dengan mertua, maka bisa jadi hubungannya tak akan berjalan dengan baik.

4. Kamu kurang mencoba memberikan perhatian penuh terhadap mertua

5 Penyebab Mertua Bersikap Pilih Kasih dengan para Menantunya, Catat!ilustrasi berpikir (unsplash.com/@chalis007)

Ketika telah sah menikahi pasangan, maka mertua akan secara otomatis menjadi orangtua sendiri. Itulah mengapa kamu akan dibekali hal penting untuk dapat memperlakukan mertua dengan sebaik mungkin. Sayangnya tak semua menantu dapat melakukan hal demikian.

Padahal biasanya mertua hanya memerlukan perhatian semata dari para anak-anak dan menantunya. Jika disepelekan, maka hubungan yang terjalin pun akan cenderung sulit. Dampaknya mertua hanya akan dekat dan cenderung pilih kasih pada menantu yang dianggapnya perhatian saja.

5. Kualitas komunikasi yang buruk

5 Penyebab Mertua Bersikap Pilih Kasih dengan para Menantunya, Catat!ilustrasi merawat mertua (pexels.com/@Matthias_Zomer)

Bagaimana pun jelas saja komunikasi adalah hal utama yang menjadi pondasi dalam menjalin suatu hubungan. Bahkan hubungan antara mertua dan menantu pun tetap memerlukan kualitas komunikasi yang baik, sehingga satu sama lain tetap merasa dekat.

Hal yang justru disayangkan adalah tak semua mertua dan menantu memiliki hubungan yang baik, sebab kualitas komunikasinya buruk. Jika sudah demikian, maka mertua dan menantu juga akan merasa jauh sehingga mudah merasa dipilih kasihkan.

 

Memahami bahwa tak semua perlakuan pilih kasih tersebut memang berasal dari karakter mertua. Ada pula yang justru terjadi sebab kesalahan diri sendiri yang tak dapat mendekati mertua atau mengakrabkan diri dengan mereka. Jalin hubungan dengan baik bersama mertua, ya!

Baca Juga: 10 Tips Biar Akur dengan Mertua, Gak Mustahil Kok!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya