Comscore Tracker

5 Pertanyaan Paling Umum tentang Keuangan Rumah Tangga

Sulitnya mengatur antara pendapatan dan pengeluaran

Dalam membina hubungan rumah tangga yang baru, memang ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya berkaitan dengan keuangan tentu saja.

Hal ini menjadi sesuatu yang penting karena memang segala kebutuhan perlu dipenuhi dengan finansial yang cukup. Tentunya untuk memulai suatu hal yang baru di dalam urusan berkeluarga, pertanyaan tentang keuangan rumah tangga berikut ini termasuk yang paling sering ditanyakan.

1. Seberapa penting peran istri dalam mengatur keuangan rumah tinggi?

5 Pertanyaan Paling Umum tentang Keuangan Rumah TanggaIlustrasi menghitung uang (Unsplash/Sharon McCutcheon)

Istri memang menjadi peran yang identik sebagai pengelola keuangan di dalam rumah tangga. Hal ini tentunya berkaitan dengan seberapa pentingnya istri dalam urusan keuangan keluarga.

Walau sebenarnya tak ada aturan pasti mengenai hal ini, istri dan suami tentu dapat menentukan siapa yang akan mengelola keuangan rumah tangga. Dengan demikian, maka keuangan keluarga tetap aman.

2. Apakah istri harus membantu pengeluaran rumah tangga?

5 Pertanyaan Paling Umum tentang Keuangan Rumah TanggaIlustrasi wanita karir (Unsplash/Brooke Cagle)

Bagi pasangan yang keduanya sama-sama bekerja, mungkin pertanyaan satu ini banyak ditanyakan. Hal ini memang cukup umum karena tentu peran untuk menafkahi biasanya akan dipegang oleh suami.

Tak ada aturan untuk istri dalam membantu pengeluaran rumah tangga. Semua itu kembali pada kesepakatan bersama tentang kesediaan istri untuk membantu suami dalam hal finansial.

3. Berhakkah suami mengetahui pendapatan istri?

5 Pertanyaan Paling Umum tentang Keuangan Rumah TanggaIlustrasi keuangan (Unsplash/Markus Spiske)

Masih dengan pasangan yang sama-sama bekerja, biasanya pendapatan menjadi sesuatu yang umum dibicarakan. Hal ini tentunya akan lebih dicondongkan pada suami karena perannya untuk menafkahi keluarga.

Meski demikian, suami juga boleh-boleh saja dalam mengetahui pendapatan istri. Namun, untuk menggunakannya tentu harus ada kesediaan dan komitmen satu sama lain.

Baca Juga: 5 Kerugian Punya Pasangan yang Tak Bisa Mengatur Keuangan Rumah Tangga

4. Bagaimana merencanakan dana cadangan?

5 Pertanyaan Paling Umum tentang Keuangan Rumah TanggaIlustrasi manajemen keuangan (Unsplash/Estée Janssens)

Urusan keuangan rumah tangga tak hanya terbatas pada penghasilan yang kemudian dikeluarkan untuk kebutuhan. Kamu juga perlu mempertimbangkan banyak hal, salah satunya termasuk perencanaan dana cadangan.

Kamu dan pasangan tentu juga harus mempersiapkan dana cadangan untuk segala keperluan di masa depan. Meski demikian, kamu juga perlu membicarakan tentang bagaimana membagi pendapatan tersebut dengan pasangan.

5. Perlukan tabungan bersama dalam rumah tangga?

5 Pertanyaan Paling Umum tentang Keuangan Rumah TanggaIlustrasi menabung uang (Unsplash/Michael Longmire)

Tak sedikit pasangan yang memiliki rencana untuk menabung dalam satu tabungan yang sama. Selain lebih praktis, tujuannya tentu agar sama-sama transparan dan dapat terkumpul cepat apabila keduanya bekerja.

Tentu saja boleh untuk memiliki tabungan bersama jika tujuannya memang baik. Namun, pengelolaan tabungan bersama tersebut lah yang harus kamu obrolkan lagi dengan pasangan.

Ada banyak pertimbangan serius yang harus kamu pikirkan untuk mengatur keuangan rumah tangga. Hal yang utama adalah menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan. Harus pandai dalam manajemen keuangan, ya!

Baca Juga: 5 Kemungkinan Masalah Rumah Tangga yang Harus Kamu Hadapi

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya