Comscore Tracker

5 Tips Mengajarkan Anak mengenai Privasi, Saling Menghormati!

Jangan paksa anak untuk menceritakan segalanya

Privasi merupakan hal personal yang harus dijaga dari diri seseorang. Tentunya privasi termasuk hal terpenting yang harus dijaga dengan baik.

Hal yang berkaitan dengan privasi harus diajarkan pada anak bahkan sejak kecil. Hal ini dilakukan agar anak memahami pentingnya privasi dan bagaimana cara menjaga hal tersebut. Untuk mengajarkan anak segala hal mengenai privasi, maka beberapa tips berikut ini bisa dicoba.

1. Ragam privasi yang ada

5 Tips Mengajarkan Anak mengenai Privasi, Saling Menghormati!Ilustrasi ragam privasi pada anak (Pexels/Alexander Dummer)

Hal pertama yang harus diajarkan orangtua adalah mengenai ragam privasi yang ada. Terdapat privasi yang berkaitan dengan urusan personal dan ada pula yang berkaitan dengan privasi tubuh.

Untuk anak-anak yang biasanya belum memiliki urusan penting mengenai personal, maka privasi yang perlu ditekankan adalah mengenai tubuh. Privasi tubuh ini berkaitan dengan haknya untuk menolak segala bentuk kontak fisik dari orang lain yang tidak membuatnya merasa nyaman.

2. Cara menjaga privasi tersebut

5 Tips Mengajarkan Anak mengenai Privasi, Saling Menghormati!Ilustrasi seorang ibu bercengkrama dengan anak perempuannya (Unsplash/Colin Maynard)

Anak-anak belum memahami apa itu privasi dan bagaimana dalam menjaganya. Hal ini rentang membuat anak mengalami manipulasi yang membuat privasinya mudah direcoki oleh orang lain.

Ajarkan anak bagaimana cara menjaga privasi dengan baik, sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. Dengan demikian, maka hal tersebut akan terus terbawa hingga anak dewasa nanti.

Baca Juga: 5 Tanda yang Tunjukkan Anak sedang Stres, Orangtua Harus Tahu!

3. Pentingnya memiliki dan menjaga privasi

5 Tips Mengajarkan Anak mengenai Privasi, Saling Menghormati!Ilustrasi seorang ayah dan anak (Unsplash/Steven Van Loy)

Meski mungkin anak sudah paham apa itu privasi dan bagaimana cara menjaganya, namun mereka belum mengetahui kepentingan dari melakukan semua itu. Esensi mengenai privasi belum dapat dipahami dengan baik oleh anak.

Orangtua memiliki peran penting untuk menjelaskan pada anak mengapa ia harus memiliki privasi dan mengapa harus menjaga hal tersebut. Jangan sampai justru anak memiliki persepsi yang keliru mengenai privasi.

4. Tidak menganggu privasi orang lain

5 Tips Mengajarkan Anak mengenai Privasi, Saling Menghormati!Ilustrasi dua anak bercengkrama (Unsplash/🇸🇮 Janko Ferlič)

Anak juga perlu mengetahui bahwa sejatinya privasi merupakan hal milik semua orang. Tidak hanya anak saja yang memiliki privasi, namun semua orang di dunia pun demikian.

Tidak heran bila kamu juga perlu mengajarkan anak untuk menghormati privasi milik orang lain. Dengan saling menghormati, maka akan menghindari segala bentuk perselisihan.

5. Hal yang harus dilakukan saat privasi terganggu

5 Tips Mengajarkan Anak mengenai Privasi, Saling Menghormati!Ilustrasi dua anak bercengkrama (Unsplash/Lucia Macedo)

Tidak semua orang dapat memperoleh privasi yang terus terjaga. Kadang kala ada saja hal-hal yang membuat privasi seseorang jadi terganggu.

Apabila anak mengalami hal demikian mengenai privasi, maka ketahui cara yang tepat dalam mengatasinya. Jangan sampai justru anak tidak memiliki privasi yang baik sebab mudah direcoki oleh orang lain.

Dengan memahami pentingnya privasi, maka anak jadi memiliki kehidupan personal yang lebih berkualitas. Pastikan hak anak tetap terjaga, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Orangtua Tuntut dari Anak, Bisa jadi Beban!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya