Comscore Tracker

Meski Sibuk, 5 Tips Ini Tetap Membantumu Menjadi Sosok Ayah Idaman

Sibuk tidak jadi penghalang untuk dekat dengan keluarga

Memegang peran menjadi seorang ayah tentunya bukan lah hal yang mudah untuk dijalani. Hal ini semakin didukung dengan kesibukan yang kadang kala mengambil cukup banyak waktu untuk keluarga.

Sayangnya justru banyak ayah yang kesulitan dalam mengatur kesibukannya, sehingga justru merasa jauh dengan anak. Padahal, para pria juga bisa menjadi ayah idaman di tengah kesibukannya melalui beberapa tips yang berikut ini.

1. Memahami prioritas yang ada

Meski Sibuk, 5 Tips Ini Tetap Membantumu Menjadi Sosok Ayah IdamanIlustrasi keluarga bahagia (Pexels/RODNAE Productions)

Sebagai seorang ayah yang memiliki kewajiban untuk menafkahi keluarga, tentunya kesibukan menjadi hal yang erat dengan aktivitas sehari-hari. Hal ini membuat para ayah seakan tidak memiliki cukup waktu untuk bersama anak-anak tercinta.

Untuk mencegah hal seperti ini, para ayah harus memahami prioritas yang dimiliki. Dengan mengurutkan segala prioritas, maka nantinya tidak akan ada yang merasa terbengkalai.

2. Selalu menyempatkan bersama anak meski sesibuk apapun

Meski Sibuk, 5 Tips Ini Tetap Membantumu Menjadi Sosok Ayah IdamanIlustrasi ayah dan bayinya (Pexels/Pixabay)

Mengantisipasi kesibukan memang rasanya cukup sulit untuk dilakukan, apalagi dengan pekerjaan yang juga tidak mendukung. Hal ini membuat kesibukan yang ada semakin menjauhkan hubungan ayah dan anak.

Meski sesibuk apapun, seorang ayah harus dapat menyempatkan waktu untuk bertemu dan bermain dengan anak-anak. Tentu saja karena tidak ada kesibukan yang sampai benar-benar menyita waktu secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Tanda Suamimu Merupakan Sosok Ayah Andalan untuk Anak di Rumah

3. Rajin menghubungi di tengah kesibukan, meski melalui telepon

Meski Sibuk, 5 Tips Ini Tetap Membantumu Menjadi Sosok Ayah IdamanIlustrasi ayah melakukan video call (Unsplash/Surface)

Di zaman yang serba canggih ini tentunya semua orang dipermudah dengan akses teknologi yang ada. Bahkan hal ini bisa seakan mendekatkan yang jauh secara jarak.

Para ayah tentunya tetap bisa menjaga komunikasi dan kedekatan dengan anak dengan menggunakan ponsel sebagai medianya. Hal ini tentunya menjadi alasan untuk selalu dekat dan saling mengabari satu sama lain.

4. Memperhatikan hal-hal kecil pada anak

Meski Sibuk, 5 Tips Ini Tetap Membantumu Menjadi Sosok Ayah IdamanIlustrasi ayah dan anak (Pexels/nappy)

Biasanya para ibu lah yang selalu detail dalam memperhatikan sesuatunya. Hal ini tentu saja berkaitan dengan segala hal tentang anak, baik secara penampilan ataupun apa yang dilakukannya.

Para ayah tetap bisa memberikan hal serupa dengan selalu memperhatikan hal-hal detail dari anak. Cara ini akan menunjukan sosok ayah idaman, meski di tengah kesibukannya.

5. Sigap jika berkaitan dengan anak

Meski Sibuk, 5 Tips Ini Tetap Membantumu Menjadi Sosok Ayah IdamanIlustrasi ayah menasehati anaknya (Pexels/Ketut Subiyanto)

Seorang ayah memiliki peran yang penting untuk selalu menjaga keluarganya. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang umum untuk dilakukan oleh semua ayah.

Di tengah kesibukan yang melanda, para ayah harus mampu untuk selalu siap sedia jika sudah berkaitan dengan anak. Hal ini menjadi bentuk perhatiannya di sela kesibukan yang melanda.

Tentunya peran seorang ayah sangat dibutuhkan oleh anak meski di tengah kesibukan. Jangan sampai justru kesibukan menjauhkan semuanya. Tetap jadi ayah yang teladan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Penting untuk Kamu yang Baru Saja Menjadi Sosok Ayah

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya