Comscore Tracker

5 Tips Ajarkan Anak agar Tak Merebut Barang Orang Lain

Anak jadi menghormati barang yang bukan miliknya

Anak-anak memang menjadi sosok yang belum matang secara karakter. Hal itu yang membuat orangtua harus senantiasa membentuk karakter anak melalui cara yang bijaksana, sehingga dapat dipahami dengan baik oleh anak dan diikut.

Salah satunya termasuk dalam kebiasaan dasar anak dalam berinteraksi dengan temannya. Terkadang interaksi ini tak selalu berjalan mulus, sebab ada saja permasalahan yang justru kerap terjadi. Sebagai contohnya adalah kebiasaan anak dalam merebut mainan yang bukan miliknya, sebab mungkin berhasil menarik perhatiannya.

Untuk mencegah anak memiliki kebiasaan yang seperti ini, maka coba terapkan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Ajarkan anak untuk mengenali benda-benda miliknya dan yang bukan miliknya

5 Tips Ajarkan Anak agar Tak Merebut Barang Orang Lainilustrasi mainan anak (pexels.com/@Ivan-Samkov)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengajarkan anak-anak untuk mengenali benda-benda yang menjadi miliknya. Tujuannya untuk membantu anak dalam memastikan bahwa mereka memang mengetahui apa saja benda miliknya dan mana yang bukan.

Tentu dengan cara ini, anak tidak akan sembarangan mengambil barang orang lain sebab tahu bahwa itu bukan lah menjadi miliknya. Selain itu, anak juga akan merasa cukup sebab memiliki barangnya sendiri.

2. Memberi contoh anak agar menghormati orang lain

5 Tips Ajarkan Anak agar Tak Merebut Barang Orang Lainilustrasi anak bermain (pexels.com/@Polesie_Toys)

Tips yang satu ini sangat lah penting dan harus senantiasa dipraktikan oleh semua orangtua. Tentu saja hal ini adalah dengan mengajarkan anak cara menghormati orang lain dengan tepat.

Sering kali anak belum pernah mendapat pengajaran untuk menghormati orang lain, sehingga tidak merasa segan untuk mengambil barang yang bukan miliknya. Jelas saja tindakan merebut ini akan memberikan efek tak nyaman terhadap orang lain, sehingga kebiasaannya harus dihentikan oleh anak.

3. Menasehati secara lembut jika anak merebut barang orang lain

5 Tips Ajarkan Anak agar Tak Merebut Barang Orang Lainilustrasi mengobrol dengan anak (pexels.com/@Pixabay)

Orangtua mungkin sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membentuk karakter baik pada anak. Namun, hasilnya tentu tak akan seratus persen berhasil sebab ada banyak faktor yang memengaruhinya.

Jika justru anak masih sering merebus barang milik orang lain, maka tegur lah dengan cara menasehatinya dengan lembut. Memarahinya tak akan menjadi cara yang baik, sebab anak akan cenderung cuek dan enggan dalam mendengarkan.

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Anak-anak Nonton Sinetron Tanpa Orangtua

4. Ajarkan hal dasar seperti meminta izin dan meminta maaf

5 Tips Ajarkan Anak agar Tak Merebut Barang Orang Lainilustrasi mengobrol dengan anak (unsplash.com/@scoutthecity)

Alasan mengapa anak gemar merebut mainan yang bukan miliknya adalah karena tampilan dan warna yang mungkin menarik perhatiannya. Hal ini lah yang kemudian membuat anak merasa ingin menyentuhnya atau bahkan memainkannya.

Orangtua dapat mengajarkan anak untuk dapat meminjam sebentar jika memang penasaran dengan mana milik orang lain. Cara mengajarkannya tentu dengan memerhatikan hal-hal dasar, seperti dengan meminta izin dan meminta maaf.

5. Memberikan apresiasi terhadap anak

5 Tips Ajarkan Anak agar Tak Merebut Barang Orang Lainilustrasi mengapresiasi anak (pexels.com/@Andrea-Piacquadio)

Tak mudah untuk anak-anak dalam menang keinginan dan rasa penasaran dari objek yang dilihat. Namun, melalui didik yang tepat, maka anak akan berpikir ulang untuk merebut mainan yang dipegang orang lain.

Hal ini jelas akan memberikan dampak luar biasa sebab orangtua berhasil dalam mendidknya. Namun, pastikan untuk memberi anak apresiasi penuh sehingga nantinya mereka akan merasa dihargai dan dapat memahami bahwa tindakannya tepat.

Melalui pemahaman sederhana bahwa merebut mainan orang lain adalah tindakan yang dilarang, maka anak dapat menahan diri agar tak sampai melakukannya. Orangtua harus ekstra sabar dalam mengajarkan anak untuk membedakan hal baik dan buruk. Jangan sampai tertukar, ya!

Baca Juga: 7 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja, Orangtua Wajib Tahu!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya