5 Tips Menghadapi Anak yang Bermasalah di Sekolah, Jangan Gegabah!

Ajaklah anak untuk berbicara dari hati ke hati

Menjadi orangtua memang memiliki tanggung jawab yang berat untuk mendidik dan membesarkan anak dengan baik. Bahkan sering kali karakter yang dimiliki anak juga merupakan hasil dari pola asuh orangtuanya, sehingga tidak heran jika orangtua memegang peran yang sangat penting.

Mungkin ada beberapa orangtua yang dipusingkan dengan anak-anak yang kerap mengalami masalah di sekolah, sehingga hal ini membuat orangtua kebingungan. Jika kamu ada di posisi yang seperti ini, maka kamu bisa menghadapi anak yang bermasalah di sekolah dengan beberapa tips berikut ini.

Baca Juga: 5 Tips Menanamkan Jiwa Pemberani pada Anak, Coba Terapkan!

1. Ketahui apa saja masalah anak

5 Tips Menghadapi Anak yang Bermasalah di Sekolah, Jangan Gegabah!ilustrasi ayah dan anak (pexels.com/Anete Lusina)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang memang menjadi masalah dari anak. Bisa saja memang masalah tersebut diakibatkan karena karakter buruk yang dimiliki anak atau proses interaksi yang tidak berjalan lancar antara anak dengan teman-temannya atau pun anak dengan gurunya.

Setidaknya, orangtua memang perlu mengetahui masalah tersebut agar bisa mencari tahu akar penyebab yang ada. Tentunya dengan begitu maka orangtua bisa berusaha untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi masalah yang dihadapi anak di sekolah.

2. Tetap tenang dan tak terpancing emosi

5 Tips Menghadapi Anak yang Bermasalah di Sekolah, Jangan Gegabah!ilustrasi memarahi anak (pexels.com/Monstera Production)

Tidak dapat dimungkiri bahwa menghadapi anak yang bermasalah di sekolah mungkin akan menguras banyak emosi dari orangtua. Sering kali orangtua yang mungkin sudah kelelahan dengan urusan pekerjaan jadi harus berpikir dengan lebih ekstra karena menghadapi masalah dari anak-anaknya di sekolah.

Orangtua perlu bijak dan tetap berusaha tenang dalam menghadapi setiap masalah yang mungkin dimiliki anak. Terpenting jangan sampai terpancing emosi karena emosi tersebut yang bisa membuat segala urusannya menjadi berantakan.

3. Coba tempatkan diri di posisi anak

5 Tips Menghadapi Anak yang Bermasalah di Sekolah, Jangan Gegabah!ilustrasi belajar (pexels.com/@julia-m-cameron)
dm-player

Kebanyakan orangtua mungkin akan langsung main hakim sendiri apabila mengetahui bahwa anak-anaknya terlibat masalah di sekolah. Padahal, orangtua tidak berusaha terlebih dahulu untuk menempatkan dirinya pada posisi anak, sehingga tidak memahami bagaimana cara anak dalam berpikir.

Jika memang anak benar-benar salah maka orangtua sebaiknya melakukan introspeksi diri, sebab mungkin saja kesalahan yang dilakukan oleh anak merupakan hasil dari pola asuh yang tidak tepat. Selain itu, bisa saja mungkin selama ini orangtua terlalu mengabaikan anak, sehingga membuat anak jadi mencari perhatian di luar rumah.

Baca Juga: 5 Tips Membantu Anak dalam Mengatasi Stres, Hindari Menuntut!

4. Cari penyelesaian yang terbaik dengan guru

5 Tips Menghadapi Anak yang Bermasalah di Sekolah, Jangan Gegabah!ilustrasi seorang guru (pexels.com/@fauxels)

Anak-anak yang mengalami masalah di sekolah tentunya mau tak mau jadi harus berurusan dengan para guru. Biasanya orangtua juga akan dihubungkan secara langsung kepada guru-guru di sekolah untuk bisa membantu menyelesaikan masalah yang ada, sehingga nantinya tidak akan sampai berlarut-larut.

Orangtua mungkin bisa berusaha untuk mencari bagaimana cara terbaik dalam menyelesaikan masalah tersebut bersama dengan guru-guru yang lain. Melalui komunikasi yang baik dan kooperatif, maka masalah yang dihadapi anak bisa diselesaikan tanpa hambatan.

5. Ajak anak untuk berbicara dari hati ke hati

5 Tips Menghadapi Anak yang Bermasalah di Sekolah, Jangan Gegabah!ilustrasi memarahi anak (pexels.com/@gabby-k)

Orangtua perlu tahu bahwa anak-anak sering kali masih belum paham mana hal yang baik dan mana hal yang buruk. Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk bisa membimbing anak dengan baik agar nantinya tidak sampai melakukan kesalahan yang justru dapat menimbulkan penyesalan,

Jika orangtua menemukan bahwa anak-anaknya sering bermasalah di sekolah, maka cobalah merangkul anak dan mengajaknya untuk berbicara dari hati ke hati. Setidaknya, cara tersebut akan membantu orangtua untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi dan apa penyebab dari hal ini, sehingga tidak akan terulang lagi di kemudian hari.

Cara menghadapi anak yang bermasalah di sekolah memang harus benar-benar bijak. Orangtua tidak boleh mendahulukan emosi karena hal tersebut bisa merusak suasana. Carilah penyelesaian yang baik agar masalah anak di sekolah bisa segera selesai!

Baca Juga: 5 Tips Ajarkan Rasa Syukur pada Anak Atas Turunnya Hujan, Kasih Contoh

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Senang menulis dan berbagi pengetahuan dengan banyak orang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya