Comscore Tracker

Doa Menggunting Rambut Bayi saat Akikah, Penuh Berkah buat si Kecil

#IDNTimesLife Ada doa setelah proses mencukur juga

Akikah adalah kegiatan penyembelihan hewan kurban dalam ajaran Islam. Perhelatan ini dilakukan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas kelahiran seorang bayi.

Dalam pelaksanaannya, akikah juga memiliki prosesi pencukuran rambut kepala bayi. Untuk mendalami maknanya, dalam artikel ini IDN Times akan membahas untaian doa menggunting rambut bayi saat akikah yang bisa dibaca pada prosesi tersebut.

1. Pengertian akikah dan makna di baliknya

Doa Menggunting Rambut Bayi saat Akikah, Penuh Berkah buat si KecilInstagram/helminursifah

Akikah adalah salah satu sunah Rasul yang dilakukan dengan cara menyembelih hewan sebagai wujud rasa syukur atas kelahiran seorang anak. Hal ini tertulis dalam hadis riwayat Abu Dawud nomor 1522, yang tertulis sebagai berikut:

"Seorang anak tergadaikan dengan (tebusan) akikah yang disembelih untuknya di hari yang ke tujuh, dicukur rambut kepalanya dan diberi nama".

Hewan yang disembelih pada acara akikah adalah dua ekor kambing untuk anak laki-laki serta satu ekor kambing untuk anak perempuan. Kriteria kambing yang bisa disembelih sama aturan kelayakannya dengan hewan kurban pada umumnya.

2. Bacaan doa saat menggunting rambut bayi

Doa Menggunting Rambut Bayi saat Akikah, Penuh Berkah buat si Kecilinstagram.com/melodyprima

Saat melaksanakan akikah, ada prosesi khusus untuk mencukur rambut bayi. Saat melakukan kegiatan itu, perlu ada lantunan doa yang mengiringinya. Berikut bacaan doanya:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ  أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillhi robbil ‘alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari. Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rosulullahi shollallahu ‘alaihi wa sallama wal hamdu lillahi robbil ‘alamina.

Artinya:

"Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasulullah SAW, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam".

Baca Juga: Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Selamatkan di Alam Kubur

3. Bacaan doa saat meniup ubun-ubun bayi setelah dicukur

Doa Menggunting Rambut Bayi saat Akikah, Penuh Berkah buat si KecilInstagram.com/cutratumeyriska

Setelah rambut kepala bayi dicukur, ada doa lain untuk melengkapi kegiatan ini. Doa ini memiliki makna untuk memohon perlindungan kepada bayi dan keluarganya. Berikut adalah doa saat meniup ubun-ubun bayi setelah dicukur:

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk".

Itu dia dua doa yang bisa kamu baca saat pelaksanaan akikah, mulai dari doa menggunting rambut bayi serta doa meniup ubun-ubunnya setelah proses mencukur. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Doa untuk Ibu Hamil, Termasuk Doa Syukuran Tujuh Bulan

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya