Doa untuk Ibu Hamil, Termasuk Doa Syukuran Tujuh Bulan

Membaca doa agar ibu dan anak dilindungi Allah SWT

Jakarta, IDN Times – Kehamilan merupakan hal yang diidam-idamkan bagi setiap pasangan suami isteri. Sebab, kehamilan menjadi awal dari hadirnya keturunan atau anak yang merupakan anugerah dari Allah SWT.

Setiap orang tua juga tentu mendambakan anak yang saleh dan salehah, berbakti pada orang tua serta dapat berguna bagi orang-orang di sekitar.

Untuk itu, alangkah baiknya bila anak didoakan sejak hadir dalam kandungan, dengan membaca doa-doa yang diajarkan dalam Islam.

Dilansir dari laman nu.or.id, berikut beberapa doa yang dapat dibaca oleh ibu hamil maupun dibacakan untuk ibu hamil:

Baca Juga: Doa-doa Terbaik bagi Pasangan Baru Menikah, Termasuk di Malam Pertama

1. Amalan doa yang dibaca oleh ibu hamil

Doa untuk Ibu Hamil, Termasuk Doa Syukuran Tujuh BulanIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Seorang ibu yang sedang hamil dianjurkan membaca doa untuk memohon ridha dari Allah SWT atas kandungannya.

Doa juga menjadi cara untuk memohon keselamatan bagi janin dan sang ibu agar selalu sehat sampai tiba waktu persalinan.

Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Wallâhu ahrajakum mim buthûni ummahâtikum târatan ukhra

Artinya: Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).

2. Bacaan doa untuk syukuran tujuh bulan kehamilan

Doa untuk Ibu Hamil, Termasuk Doa Syukuran Tujuh Bulaninstagram.com/ardinarasti6

Di Indonesia, terdapat ritual keagamaan yang umum dilakukan yakni prosesi syukuran saat kandungan telah memasuki usia tujuh bulan dan semakin dekat dengan waktu persalinan.

Dalam acara ini biasanya diisi dengan membaca surat Luqman dan mendoakan janin yang sedang dikandung agar dilindungi oleh Allah hingga lahir, dan kelak menjadi anak yang saleh atau salehah.

Berikut doanya: 

Allahumma Yâ Mubârik, bârik lanâ fil ‘umuri war rizqi wad dîni wad dunya wal waladi. Allahumma yâ Hâfidzu, ihfadz waladî mâ dâma fî bathni ummihi wasyfihi ma’a ummihi Anta asy-syâfî lâ syifâ`an illâ syifâuka wa lâ tuqaddirhu saqaman wa lâ mahrûman. Allahumma shawwir mâ fî bathnihâ shûratan hasanatan jamîlatan kâmilatan wa tsabbit fî qalbihi îmânan bika wa bi rasûlika fiddunya wal âkhirah. Allahumma thawwil ‘umurahu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqahu wafshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirâ-atil qur`âni wal hadîtsi bi jâhi sayyidil mursalîn.

Artinya: Ya Allah Sang Pemberi berkah, berkahi kami dalam umur, rizki, agama, dunia, dan anak. Ya Allah Sang Penjaga, jaga anakku selama dia berada di perut ibunya, beri kesehatan pada dia dan ibunya. Engkau Sang Pemberi kesehatan. Tiada kesehatan kecuali dari-Mu, tiada yang bisa mentakdirkan sakit dan bahaya. Ya Allah, bentuklah janin yang ada di perut ibunya dengan rupa yang baik, indah, dan sempurna. Tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu dan rasul-Mu di dunia dan akhirat. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan akhlaknya, fasihkan lisannya, merdukan suaranya untuk membaca Al-Qur’an yang mulia dan hadis, dengan berkah derajat sang penghulu para utusan.

3. Doa yang dibaca oleh suami saat istri melahirkan

Doa untuk Ibu Hamil, Termasuk Doa Syukuran Tujuh BulanProses persalinan Oki Setiana Dewi. (Bukaan.moment via Instagram.com/okisetianadewi/)

Di akhir masa kehamilan, tentunya menjadi masa-masa yang cukup genting bagi kesehatan ibu dan anak yang ada di dalam kandungan. Untuk itu, dianjurkan tidak henti berdoa bahkan sampai saat proses persalinan berlangsung.

Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, dalam kitab al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr menyebutkan bahwa ketika persalinan berlangsung, sang suami dianjurkan membaca doa agar persalinan lancar dan terhindar dari bahaya.

Berikut ini doa yang dapat dibaca suami saat istri melahirkan:

1. Ayat kursi sebanyak satu kali  

2. Membaca surat al-A’raf ayat 54: 

إِنَّ رَبَّكُمُ الله الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الله رَبُّ الْعَالَمِينَ

Inna Rabbakumulladzî kholaqas samâwâti wal ardla fî sittati ayyâmin tsummastawâ ‘alal ‘arsyi yughsyil lailan nahâra yathlubuhu hatsîtsan wasy syamsa wal qamara wan nujûma musakhkharâtim bi amrihi alâ lahul khalqu wal amru tabârokaLlâhi rabbil ‘âlamîn

Artinya: Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Lalu Dia bersemayam di ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan, dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.  

3. Membaca surat al-Falaq sebanyak satu kali

4. Membaca surat an-Nas sebanyak satu kali  

5. Di samping bacaan di atas, suami juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa di bawah ini:

 لَآ إِلَهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لَآإِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ لَآإِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Lâ ilâha illaLlâhul ‘adzîmul halîm. Lâ ilâha illaLlâhu Rabbul ‘arsyil ‘adzîm. Lâ ilâha illaLlâhu Rabbus samâwâti wal ardli wa Robbul ‘arsyil ‘adzîm 

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi bijaksana. Tiada Tuhan selain Allah pemilik ‘arsy yang agung. Tiada Tuhan selain Allah pemilik langit dan bumi dan ‘arsy yang agung.

Baca Juga: Ada Doa Minta Keturunan, Ini Doa-Doa Nabi Ibrahim di Alquran 

Topik:

  • Sunariyah
  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya