Comscore Tracker

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'an

Bisa jadi inspirasi buat para ortu muda

Nama merupakan pemberian orangtua kepada anak yang berisi harapan serta doa untuk masa depan. Sebagaimana dalam sebuah hadis disebutkan, “Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka, baguskanlah nama-nama kalian.” (HR. Abu Dawud)

Agar anak perempuanmu tumbuh jadi sosok yang menyenangkan dan penuh cinta, kamu perlu melihat referensi nama-nama indah di dalam kitab suci Al-Qur'an. Berikut ini sudah IDN Times rangkum referensi 10 nama bayi perempuan menurut Islam dan A-Qur'an yang terdiri dari tiga kata!

1. Alya Nisa Dzakiyyah

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@thepaintedsquare

Nama ini cocok diberikan untuk putri sulung, "Alya" yang berarti langit bisa dijadikan nama panggilannya. Selain itu "Nisa" dalam bahasa Arab artinya adalah perempuan. Sedangkan, arti kata "Dzakiyyah" sendiri adalah cerdas atau pintar.

Jadi, kalau ketiga nama tersebut digabungkan arti nama dari "Alya Nisa Dzakiyyah" adalah seorang anak perempuan yang cerdas dan punya impian setinggi langit.

2. Alesha Alifa Hibatillah

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@zun1412

"Alesha" diambil dalam bahasa Arab yang berarti selalu mendapat perlindungan Allah. Lalu, kata "Alifa" sendiri bermakna memiliki sifat yang sabar dan memiliki tutur kata yang lembut.

Terakhir, "Hibatillah" menyimpan makna yang mendalam yaitu anak pertama yang dikaruniai keberuntungan. "Alesha Alifa Hibatillah" bisa diartikan sebagai anak perempuan pertama yang punya keberuntungan tinggi karena senantiasa dilimpahi karunia dari Allah SWT.

3. Farah Nur Fitriyah

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@pixabay

Sosok anak bisa menjadi pelipur lara bagi orang tuanya. Agar anak tumbuh menjadi orang yang ceria dan menyenangkan, kamu bisa menjadikan nama ini sebagai referensi.

Kata "Farah" sendiri artinya adalah kegembiraan atau kesenangan. Sedangkan, "Nur" berarti cahaya. Lalu, "Fitriyah" artinya adalah fitrah kemanusiaan.

Apabila ketiganya dikombinasikan, nama "Farah Nur Fitriyah" memiliki makna anak perempuan yang punya sifat menyenangkan dan bisa menjadi sumber cahaya harapan bagi orang lain di dekatnya.

4. Gamila Naura Zaida

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@anastasiya-gepp-654466

Kecantikan bukan hanya soal fisik semata, tapi juga hati dan kepribadian. Agar anak tumbuh menjadi orang yang menarik secara luar dan dalam, orang tua perlu menyisipkan doa dalam namanya.

"Gamila" artinya adalah rupawan dalam bahasa Arab. Sedangkan, "Naura" sendiri artinya adalah bunga. Lalu, nama "Zaida" bisa diartikan sebagai kata lain yang melambangkan kemakmuran atau keberuntungan.

"Gamila Naura Zaida" menyimpan harapan baik orang tuanya agar sosok anaknya tumbuh menjadi perempuan yang cantik luar-dalam dan dapat menyebarkan kebaikan bagi orang di sekitarnya.

5. Sarah Lutfiya Jamilah

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@johan-bos-205815

Kata "Sarah" diambil dari nama istri Nabi Ibrahim AS. Sedangkan, kata "Lutfiya" (لتفيا) bermakna sifat yang anggun. Terakhir, kata "Jamilah" yang berarti cantik juga dapat disematkan.

"Sarah Lutfiya Jamilah" memiliki arti nama yang indah yaitu perempuan yang mulia, cantik, serta bersifat anggun dan memesona.

Baca Juga: Penuh Berkah, Ini 15 Inspirasi Nama Anak Laki-laki dalam Bahasa Arab

6. Davina Nur Latifah

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@singkham-178541

Anak merupakan buah cinta dari kedua orang tuanya. Arti nama "Davina Nur Latifah" sendiri adalah cahaya cinta yang penuh dengan kelembutan. Indah, bukan?

"Davina" mengandung arti dikasihi atau disayangi. "Nur" adalah cahaya, sedangkan "Latifah" diambil dari bahasa Arab yang artinya lembut dan sopan.

7. Maiza Raisya Munifah

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@andre-melcher-376929

Anak perempuan harus dibesarkan menjadi sosok yang tegar dan mandiri. Agar harapan tersebut dapat tercapai, orang tua perlu menyematkan harapan baik pada namanya.

"Maiza Raisya Munifah" artinya adalah sosok perempuan yang punya karakteristik kuat, tegas, serta bermartabat.

Kata "Maiza" menunjukkan sifat kebijaksanaan. Sedangkan "Raisya" artinya adalah pemimpin, sehingga diharapkan sang anak bisa memiliki jiwa leadership yang alami. Terakhir, "Munifah" artinya adalah tinggi atau menonjol.

8. Naura Shafa Mahbubah

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@jill-wellington-1638660

Seperti sebuah bunga yang indah yang harus dijaga dan dihargai, begitulah sosok anak perempuan di mata orang tuanya. Secara harfiah, nama "Naura" sendiri berarti bunga. Sedangkan, "Shafa" artinya bijaksana dan "Mahbubah" artinya sosok yang dicintai.

Ketika ketiga harapan tersebut digabungkan, nama "Naura Shafa Mahbubah" memiliki makna mendalam, yaitu: anak perempuan yang indah bagaikan bunga dan memiliki sifat bijaksana yang membuatnya mudah dicintai orang lain.

9. Syareefa Habibah Putri

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@bertellifotografia

"Syareefa Habibah Putri" mengandung makna yang baik dan berkah, artinya adalah anak perempuan yang jadi kesayangan setiap orang dan terlihat rupawan serta senantiasa dimuliakan.

Kata "Syareefa" artinya tak mudah menyerah. Serta, "Habibah" sendiri mengandung makna yang terkasih atau kesayangan.

10. Hanin Raihana Syahira

10 Nama Anak Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'anpexels.com/@pixabay

Nama bayi perempuan dalam Alquran 3 kata yang terakhir, ada nama "Hanin Raihana Syahira" yang juga punya kisah menarik di dalamnya. "Hanin" artinya adalah orang yang penyayang. Sedangkan, "Raihana" artinya adalah tumbuhan yang beraroma wangi. Lalu, "Syahira" sendiri bermakna sebagai orang yang terkenal atau tersohor.

Saat ketiga nama indah itu digabungkan maka jadilah "Hanin Raihana Syahira" yang artinya perempuan yang dikenal karena hatinya yang baik dan sifatnya yang penyayang dan selalu penuh akan cinta kasih pada sesama. Subhanallah!

Itulah dia inspirasi 10 nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Qur'an yang terdiri dari kata untuk anak perempuanmu. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: Bingung Cari Nama Anak Laki-laki, 10 Nama Klasik Ini Bisa Kamu Pilih

Topic:

  • Tyas Hanina
  • Febriyanti Revitasari
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya