Comscore Tracker

5 Tips Agar Orangtua Baru Sukses Melewati Tahap Newborn Stage

Biar gak depresi selama tiga bulan pertama!

Punya bayi itu menyenangkan, namun gak bisa dipungkiri juga punya bayi bisa menyebabkan depresi. Terutama bagi kamu para orangtua baru yang tidak bisa menyeimbangkan waktu untuk bayi, waktu untuk tidur, dan waktu untuk dirimu sendiri. Belum lagi di bulan-bulan pertama, kamu butuh waktu untuk memulihkan badanmu setelah melahirkan.

Karena itu, masa newborn stage atau masa tiga bulan pertama, itu waktu terberatnya. Di waktu ini kamu perlu banyak belajar menyesuaikan kegiatanmu dengan kehadiran bayi. Berikut tips agar para orangtua baru bisa sukses melewati tahap newborn stage. Yang penting, jangan mengejar kesempurnaan!

1. Persiapkan dirimu sebelum kedatangan bayi

5 Tips Agar Orangtua Baru Sukses Melewati Tahap Newborn Stagerawpixel.com

Salah satu hal terbaik untuk mengatasi depresi pascapersalinan dan bisa sukses melewati tahap newborn stage adalah dengan adanya persiapan. Misalnya, sebelum kedatangan bayi, kamu sudah mencuci semua bajumu dan baju bayi. Selain itu, kamu juga sudah menyediakan kebutuhannya. Bukan cuma kebutuhan bayi, kamu pun perlu menyiapkan kebutuhan obat-obatan juga untuk menjaga kesehatan kamu dan pasanganmu.

Hal yang perlu dipersiapkan lagi adalah kondisi rumah tanggamu. Misalnya, sudah menggunakan tenaga profesional untuk membersihkan rumah atau menyiapkan makanan di rumah. Atau, sudah ada orang yang dapat membantumu merawat bayi. Semakin sedikit hal yang perlu kamu pikirkan, semakin tenang dan semakin mungkin kamu tidak terkena risiko depresi pascapersalinan.

2. Turunkan ekspektasimu dan harapanmu

5 Tips Agar Orangtua Baru Sukses Melewati Tahap Newborn Stagerawpixel.com

Setidaknya untuk tiga bulan pertama, kamu perlu menurunkan sedikit standar yang biasa kamu gunakan. Jika rumah tak sebersih biasanya, tak masalah. Toh sudah cukup beruntung ada orang yang bisa membersihkannya. Jika makanan tak seperti biasanya, tak masalah, yang penting bersyukur sudah bisa makan.

Tak usah peduli rumah berantakan, atau ada banyak baju yang perlu dicuci dan disetrika. Yang terpenting, kamu perlu membiasakan rutinitasmu dengan adanya bayi terlebih dahulu. Nikmatilah masa-masa saat bayi baru lahir, lakukan tugas yang benar-benar penting saja. Jika saat bayi sudah lebih kuat, kamu sudah bisa kembali mengatur rumah lagi kok.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Baby Blues Pascapersalinan, Calon Orangtua Wajib Tahu

3. Komunikasikan dengan pasangan tentang perasaanmu

5 Tips Agar Orangtua Baru Sukses Melewati Tahap Newborn Stagerawpixel.com/Teddy Rawpixel

Jujur, kehadiran bayi yang masih di tahap newborn itu bisa bikin stres. Belum lagi kalau ini anak pertama dan kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan. Namun supaya tidak stres, tidak depresi, dan hubungan dengan pasangan tidak hancur, ada baiknya kamu perlu berkomunikasi terus dengan pasangan tentang perasaanmu.

Baik suami atau istri, keduanya perlu saling jujur tentang kondisi fisik dan mental. Tak masalah jika capek, kalian berdua bisa saling bergantian dan saling mengambil tugas satu sama lain. Jangan diam saja dan berharap pasanganmu menyadarinya, itu semua merupakan usaha yang sia-sia. Jika memang dirasa berdua kurang kuat, kamu juga tak masalah kok jujur dan bilang ke keluarga kalau kamu membutuhkan bantuan.

4. Jangan lupa beristirahat

5 Tips Agar Orangtua Baru Sukses Melewati Tahap Newborn Stagerawpixel.com/Jira

Punya bayi berarti bisa saja waktu istirahatmu akan berkurang. Kalau kamu cukup beruntung, bisa saja bayimu tidur sepanjang malam tanpa mengganggumu. Namun yang terpenting bagi para orangtua baru, perlu diingat kalau kamu butuh waktu istirahat yang cukup.

Jadi tidak masalah jika kamu tidur malam lebih pagi, atau tidak masalah kamu ikut tidur siang saat si bayi sedang beristirahat. Cukup beristirahat bisa membuat tubuhmu segar, pikiran jadi lebih jernih dan tidak sumpek. Cukup beristirahat berarti kamu juga punya cukup tenaga untuk mengerjakan pekerjaanmu.

5. Sesekali, ambil waktu untuk me-time

5 Tips Agar Orangtua Baru Sukses Melewati Tahap Newborn Stagerawpixel.com

Bukan jahat, namun me-time sebagai orangtua baru itu sangat perlu. Ketika kamu sudah penat dengan urusan bayi, boleh minta tolong suami sesekali untuk menjaga sementara kamu bisa mandi tenang. Jika suami sudah terlihat capek karena kurang tidur, tak masalah kok untuk tidur di kamar terpisah.

Me-time penting untuk kesehatan mental orangtua baru. Karena itu sangat disarankan sekali pada tahap newborn, orangtua baru bisa mendapatkan bantuan sebanyak-banyaknya. Lagipula, yang dibutuhkan bayi itu bukan orangtua yang sempurna dan bisa apa saja, tapi orangtua yang bahagia. Jika kamu sebagai orangtua tidak bahagia, bagaimana bisa membesarkan anak supaya bisa bahagia juga?

Tahap newborn atau tiga bulan pertama itu tahap penuh tantangan. Dan gak bisa dipungkiri juga, kamu bakal banyak mengalami perubahan emosi, serta lelah fisik dan mental. Namun dengan persiapan yang baik, kamu pasti bisa mengatasinya. Semangat para orangtua baru!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Orangtua Baru Agar Punya Waktu Tidur Cukup

Winnie Hw Photo Verified Writer Winnie Hw

We like to party, yeah yeah yeah~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya