Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Bisa Diajarkan Kepada Anak Saat Lebaran

#RamadanMasaKini Bukan sekadar baju baru

Bulan puasa hanya tersisa hitungan hari lagi dan umat muslim bersiap-siap menyambut hari raya Idulfitri. Khusus bagi si kecil, antusias terhadap lebaran begitu tinggi karena banyaknya makanan enak, pemberian angpao, dan juga baju baru. Keceriaan si kecil sayang bila dilewatkan tanpa memberikan teladan baik di hari kemenangan.

Meski masih terlalu dini untuk mengerti makna Idulfitri yang sebenarnya, tidak salahnya jika orangtua memberikan contoh atau teladan lewat momen-momen kebersamaan di hari raya. Seperti 5 hal penting ini yang bisa diajarkan pada si kecil saat lebaran tiba!

1. Berbagi/zakat fitrah untuk menyucikan jiwa

5 Hal Penting yang Bisa Diajarkan Kepada Anak Saat Lebaranshutterstock/TinnaPong

Meski masih kecil dan belum mampu mengeluarkan zakat, penting untuk si kecil tahu apa makna dari zakat fitrah yang sebenarnya. Ajak si kecil untuk berkontribusi dalam memberi atau membayar zakat fitrah. Menjelaskan makna zakat fitrah akan membuatnya mengerti tentang kewajiban setiap muslim di setiap tahunnya.

2. Bermaaf-maafan dengan sesama

5 Hal Penting yang Bisa Diajarkan Kepada Anak Saat Lebaranpixabay/MAKY_OREL

Setelah salat Idulfitri dilaksanakan, keluarga akan berkumpul dan saling bermaaf-maafan. Bagi si kecil hal ini sangat menarik karena dia akan mendapat jatah angpao lebaran dari orang yang lebih tua. Tanamkan arti saling memaafkan pada si kecil agar dia tumbuh menjadi anak yang mudah memaafkan dengan sesama.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Banyaknya Tawaran Kue Lebaran, Awas Tergoda!

3. Bersilahturahmi dengan saudara dan tetangga

5 Hal Penting yang Bisa Diajarkan Kepada Anak Saat Lebaranpixabay/amyelizabethquinn

Ajaklah si kecil untuk berkunjung ke rumah saudara dan tetangga. Perkenalkan dia dengan banyak orang untuk membuatnya lebih berani dan percaya diri dalam bersosialisasi. Tekankan makna silaturahmi kepada si kecil dan alasan kenapa kita penting harus menjaga tali silaturahmi.

4. Adab bertamu dan menerima tamu

5 Hal Penting yang Bisa Diajarkan Kepada Anak Saat Lebaranpixabay/badski007

Dalam berkunjung ke rumah saudara dan tetangga, berilah pemahaman tentang ilmu/adab dalam bertamu. Contohkan waktu-waktu yang tepat untuk bertamu dan bagaimana menghargai tuan rumah dengan meminum atau memakan sajian yang disuguhkan.

Ketika menerima tamu di rumah pun si kecil bisa belajar tentang cara memperlakukan tamu. Mengajarinya sikap-sikap yang baik dan lembut saat ada tamu akan membuat si kecil berlaku baik dan santun di depan tamu.

5. Mensyukuri setiap rejeki yang telah Allah berikan

5 Hal Penting yang Bisa Diajarkan Kepada Anak Saat Lebaranpixabay/Pexels

Ketika lebaran tiba, akan banyak makanan enak di rumah dan juga baju-baju bagus untuk dipakai. Biasanya anak-anak akan riang dan bahagia terlalu berlebihan dengan memamerkannya kepada teman-temannya. Meski wajar dilakukan oleh anak kecil, tidak salahnya kita menanamkan cara bersyukur lewat hal-hal yang sederhana. Seperti bersedekah dan mengajak teman-teman si kecil untuk bersantap bersama.

Lebaran akan tiba, sejuta bahagia untuk menyambutnya akan semakin lengkap dirayakan bersama si kecil yang mulai belajar memaknai arti dari Idulfitri yang sebenarnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You