Comscore Tracker

Merasa Tertekan? Ini 5 Tempat Curhat Online untuk Emergency Call-mu!

Stres berlebih dapat menurunkan performa kamu, lho

Kehidupan tentu tidak selalu berjalan mulus dan tekanan bisa datang dari mana saja. Tekanan dari luar maupun dalam diri kita sering disebut dengan stres, dan apa saja penyebab tekanan itu disebut dengan stresor. Stres memang dianggap sebagai hal yang negatif bagi kondisi mental kita, namun stres layaknya pedang bermata dua; bisa membantu, bisa pula menghambat perkembangan pola pikir dan adaptasi terhadap lingkungan kita.

Stres bisa mempengaruhi kita dalam jangka pendek dan jangka panjang. Stres jangka pendek hingga sedang baik untuk kita. Sayangnya, terlalu banyak tekanan dan stres berkepanjangan justru membuat kita mandek dan burn out.

Bila kamu merasa ada sesuatu yang mengganggu hingga kamu tidak dapat beraktivitas seperti biasanya hingga membuat fisikmu ikut sakit, kamu perlu melepaskan beban tersebut. Berikut 5 platform yang bisa menjadi emergency call kamu yang tidak punya waktu untuk konseling ke tenaga ahli.

1. Riliv

Merasa Tertekan? Ini 5 Tempat Curhat Online untuk Emergency Call-mu!Facebook.com/rilivapp

Riliv adalah sebuah media konseling online yang bertujuan untuk memudahkan akses konseling dengan tenaga ahli. Berdasarkan profil yang dimuat di lamannya, Riliv mencoba untuk membantu dari segi kemudahan akses, biaya konseling, dan menciptakan ruang curhat bersama tenaga profesional secara privat dan bebas stigma.

Tentu, sebagai sebuah tempat konseling dengan tenaga ahli, Riliv mematok biaya untuk konselingnya. Namun, jangan khawatir, harga yang dipatok jauh lebih murah dibanding harga konseling tatap muka. Riliv bisa menjadi pijakan pertamamu untuk memastikan dan mencoba memahami diri kamu sebelum melakukan konseling tatap muka.

Harga jasa konsultasi sangat aman di dompet, yakni sekitar 77 ribu - 140 ribu Rupiah per sesinya. Riliv membuat dua opsi cara konseling, yakni melalui teks atau telepon. Bila kamu tertarik untuk mencoba berkonsultasi, bisa langsung menuju website mereka di riliv.co.

2. Ibunda.id

Merasa Tertekan? Ini 5 Tempat Curhat Online untuk Emergency Call-mu!Ibunda.id

Ibunda adalah layanan curhat berbasis digital dengan fokus pada permasalahan diri, keluarga, percintaan, dan pertemanan. Berbeda dengan Riliv, sesi curhat di sini bebas biaya, namun tentu saja memiliki plus dan minusnya sendiri. Kamu bisa langsung curhat dengan menulis permasalahan kamu di laman Ibunda, dan menunggu hingga dibalas Ibunda. 

Curhatan kamu dan teman-teman lainnya juga bisa dibaca langsung di laman mereka, jadi bila kamu merasa ada masalah teman lain yang sama dengan permasalahanmu, kamu bisa langsung mengetahui jawabannya dengan membaca balasan Ibunda di curhatan itu. Ibunda membalas dengan bahasa yang hangat dan informal, sehingga kamu dapat merasa nyaman curhat online dengan kawan-kawan Ibunda.

Bila kamu ingin mencoba curhat ke Ibunda, langsung buka laman mereka di ibunda.id.

Baca Juga: Curhat Korban Kekerasan di Lingkungan Keluarga, Jangan Ragu Adukan!

3. BagiKata

Merasa Tertekan? Ini 5 Tempat Curhat Online untuk Emergency Call-mu!Twitter.com/BagiKataHub

BagiKata adalah platform curhat online yang mulanya berkembang melalui aplikasi sosial LINE. Sebenarnya, BagiKata tidak hanya menjadi tempat curhat, apa pun yang menurutmu mengganjal bisa kamu diskusikan di sini. Seperti yang ditekankan di laman mereka, mereka hanya tidak menerima kontak jodoh, wawancara, dan menanyakan tugas akademis.

Kamu bisa menjadi bagian dari BagiKata karena BagiKata merupakan wadah diskusi yang menyediakan berbagai kontributor untuk membantu mencerahkanmu. Kontributor bukanlah tenaga profesional, mereka bisa dari berbagai kalangan yang siap menyisihkan waktunya untuk bercengkerama dengan teman-teman yang curhat.

Bila kamu ingin curhat online atau berdiskusi dengan kawan-kawan BagiKata, kamu bisa banget langsung hubungi mereka melalui aplikasi LINE dengan username @bagikata. Kamu juga bisa berselancar di laman mereka bagikata.com untuk membaca ulasan berbagai topik yang menarik. 

4. Alpas

Merasa Tertekan? Ini 5 Tempat Curhat Online untuk Emergency Call-mu!Alpas.id

Platform yang satu ini memberikan berbagai jenis konsultasi. Kamu bisa konsultasi online melalui aplikasi sosial LINE dan ikut sesi support group tatap muka yang diwadahi oleh Alpas.

Melalui akun Instagram mereka, @alpas.id, kamu bisa melihat berbagai konten dan support group apa saja yang sedang diselenggarakan. Kamu juga bisa langsung curhat online dengan menghubungi kawan-kawan Alpas melalui aplikasi LINE di @curhatalpas.

5. Sehatmental.id

Merasa Tertekan? Ini 5 Tempat Curhat Online untuk Emergency Call-mu!Facebook.com/sehatmental.id

Sehatmental.id merupakan organisasi yang menyajikan berbagai informasi mengenai kesehatan mental semenjak 2015 silam. Sehatmental.id juga bekerja sama dengan organisasi yang berhubungan dengan kesehatan mental lainnya.

Kamu bisa mengakses informasi yang disajikan sehatmental.id dalam bentuk artikel, video, hingga podcast, loh! Sehatmental.id juga salah satu platform kesehatan mental yang memiliki puluhan ribu followers di akun Instagram-nya. Bila kamu tertarik untuk membaca artikel seputar kesehatan mental, kamu bisa langsung mengunjungi sehatmental.id.

Sama seperti organisasi atau platform lain yang fokus pada kesehatan mental, sehatmental.id juga bisa menjadi tempat alternatif untuk bercerita. Kamu bisa menghubungi sehatmental.id melalui aplikasi sosial LINE @yuksharing untuk menceritakan unek-unek kamu.

Setiap orang membutuhkan tempat untuk didengar dan melepaskan diri dari ganjalan yang ada, termasuk kamu. Kelima platform di atas dapat menjadi tempatmu curhat dan konseling dengan mudah, di mana pun kamu dan kapan pun kamu senggang. Sehat mental, aktivitas pun lancar!

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Kerugian Kalau Kamu Rajin 'Curhat' di Media Sosial

Azizah Wulandari Photo Writer Azizah Wulandari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya