Comscore Tracker

Biar Jadi Sosok Berkualitas, Ini 6 Tahapan yang Harus Kamu Lewati

Mulai dari hal yang sederhana dan lakukan secara perlahan

Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti pernah mempertanyakan seberapa besar peran mereka terhadap banyak hal, mulai dari kontribusi di keluarga, pertemanan hingga lingkungan sekitar. Untuk bisa mempertahankan eksistensi dan menjadi sosok berguna tentunya manusia butuh kualitas atas dirinya sendiri. 

Nah, untuk membentuk kualitas diri yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu kamu bisa melakukan beberapa tahapan di bawah ini. Dengan berusaha meningkatkan kualitas seperti ini bukan gak mungkin kalau suatu saat nanti kalian jadi seorang yang punya pengaruh dan peran yang besar terhadap berbagai hal. 

1. Buat daftar perubahan apa yang diinginkan

Biar Jadi Sosok Berkualitas, Ini 6 Tahapan yang Harus Kamu Lewatidramabeans.com

Membuat daftar keinginan ibarat membuat panduan sebelum kita berangkat menuju jalur perubahan. Daftar keinginan berisi apa saja hal yang ingin kita tingkatkan kualitasnya, misalnya kedisiplinan kamu dalam memanfaatkan waktu dengan baik, menekan pengeluaran agar tidak terjadi pemborosan dan masalah lain yang mesti kamu perbaiki.

Dengan mendatanya menjadi satu catatan fokus kalian tidak mudah terpecah dan membuat satu per satu target bisa tercapai dengan cepat.

2. Mencari cara yang efektif untuk mewujudkannya

Biar Jadi Sosok Berkualitas, Ini 6 Tahapan yang Harus Kamu Lewatidramabeans.com

Setelah menemukan akar permasalahannya waktunya kita menyusun strategi yang paling tepat untuk dikerjakan. Strategi yang ditentukan harus sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Kalau kamu tidak cocok menerapkan cara sebelumnya maka jangan kembali dicoba, cari jalan keluar lain yang lebih mudah untuk kalian jangkau. Mengenali diri sendiri dengan baik adalah cara paling efektif untuk menemukan jalan keluar yang tepat.

3. Menerapkan kebiasaan baru secara bertahap

Biar Jadi Sosok Berkualitas, Ini 6 Tahapan yang Harus Kamu Lewatidramabeans.com

Kini waktunya kita mengeksekusi rencana yang telah dibuat sebelumnya. Terapkan kebiasaan baru secara bertahap, gerakan perubahan ini tidak akan mudah untuk bisa menyatu dalam diri kalian.

Sehingga jangan memaksakan semuanya untuk langsung kamu kerjakan. Mulailah dari hal yang paling kecil dan sederhana sebelum mencoba hal yang paling berat untuk dikerjakan. 

Baca Juga: Jangan Harap Kualitasmu Berubah Kalau Gak Mampu Jawab 6 Pertanyaan Ini

4. Jangan mudah bosan dan konsisten

Biar Jadi Sosok Berkualitas, Ini 6 Tahapan yang Harus Kamu Lewatidramabeans.com

Menjadi lebih baik itu butuh waktu dan perjuangan yang tidak mudah. Karena menjadi baik membuat kita melawan semua yang terlihat enak dan nyaman namun sebenarnya tidak baik bila terus diterapkan.

Percaya deh kalau semua perubahan baik ini akan membuat dirimu lebih berkualitas lagi. Jangan mudah bosan dan konsisten menerapkan perubahan, perlahan kamu pun akan mulai merasakan manfaatnya. 

5. Memberi suntikan energi dari berbagai sumber

Biar Jadi Sosok Berkualitas, Ini 6 Tahapan yang Harus Kamu Lewatidramabeans.com

Kalau semangat sudah terasa semakin tipis, cari suntikan energi dari berbagai sumber. Hibur diri kalian dengan sesuatu yang menyenangkan. Jangan membuat gerakan perubahan ini menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan.

Jika perlu cari teman untuk mendampingi niat baikmu ini. Beri selingan agar proses panjang kalian tidak terasa membosankan.

6. Berkemauan kuat dan yakin pada diri sendiri

Biar Jadi Sosok Berkualitas, Ini 6 Tahapan yang Harus Kamu Lewatidramabeans.com

Hal terakhir yang harus kamu kerjakan adalah dengan menguatkan tekad dan yakin pada diri sendiri bahwa kalian mampu mengerjakan ini semua. Perubahan ini dilakukan demi kebaikan dirimu nanti. Hindari pikiran negatif atau orang yang tidak mendukung gerakan perubahan kalian. 

Dengan melakukan beberapa tahapan di atas kalian akan mulai merasakan perubahan nyata secara perlahan. Dan yang pasti perubahan itu akan membuatmu jadi lebih baik lagi dan meningkatkan kualitas diri. 

Baca Juga: 6 Budaya Millennial yang Bisa Memajukan Kualitas Negara Indonesia

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You