Comscore Tracker

8 Cara Paling Sederhana Mengatasi Stres, Mudah & Murah Kok!

Berani terapkan?

Stres merupakan kondisi di mana tubuh mengeluarkan hormon adrenalin, kortisol, dan neropinefrin akibat dari adanya tekanan yang terjadi pada mental manusia, menyebabkan tubuh mengalami reaksi ‘fight or flight’ sehingga orang yang stres akan merasakan jantung berdebar. Kondisi mental seperti ini bisa dipicu oleh banyak hal seperti, hubungan yang tidak baik dengan keluarga, tekanan kerja, kesulitan keuangan dan masih banyak lagi.

Bila tidak segera ditangani stres akan menjadi berbahaya. Apalagi kalau sudah masuk ke ranah depresi. Walaupun sebenarnya stres dan depresi merupakan dua hal yang berbeda. Depresi adalah kondisi di mana seseorang kehilangan motivasi untuk hidup yang pada akhirnya membuat mereka mengambil tindakan yang sembrono. Lagi pula pemicu depresi juga lebih ke beban mental yang membuat seseorang pesimis dalam kehidupan yang indah ini.

Namun, meski begitu penumpukan stres juga berdampak negatif bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit yang serius seperti jantung dan stroke. Oleh karena itu, bila sudah merasa stres alangkah baiknya kalian semua menerapkan beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkannya.

1. Tidur

8 Cara Paling Sederhana Mengatasi Stres, Mudah & Murah Kok!pixabay.com/Free-Photos

Hal ini memang seperti guyonan, karena ketika orang yang sedang mengalami stres akan merasa kesulitan untuk tidur. Namun, dengan tidur setidaknya tubuh dan pikiran berhenti sejenak untuk memikirkan hal-hal yang membuat mental tertekan. Selain itu, tidur yang cukup juga membantu untuk hidup lebih sehat dan mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya seperti diabetes melitus.

2. Olahraga ringan

8 Cara Paling Sederhana Mengatasi Stres, Mudah & Murah Kok!pixabay.com/skeeze

Olahraga memang kegiatan yang menyehatkan untuk tubuh. Begitu juga dengan pikiran, karena saat seseorang sedang olahraga hormon endorphin yang mampu memberikan efek relaksasi pada pikiran akan meningkat. Sehingga orang yang mengalami stres menjadi lebih relaks. Ya, setidaknya sedikit lari di sekitaran komplek sebelum bekerja akan sedikit membantu menghilangkan beban pikiran yang menyebabkan stres.

3. Mendengarkan musik

8 Cara Paling Sederhana Mengatasi Stres, Mudah & Murah Kok!pixabay.com/whoalice-moore

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuan dari University of Missouri yang dipublikasikan dalam buku The Journal of Positive Psychology mengungkapkan bahwa mendengarkan lagu bisa memperbaiki mood seseorang. Hal ini bisa terjadi karena lantunan musik yang diterima oleh hipotalamus otak meningkatkan produksi hormon dopamin yang bisa menurunkan hormon kortisol penyebab stres. Itulah mengapa mendengarkan musik dapat membuat mood kembali baik dan menghilangkan sedikit demi sedikit stres di pikiran.

Baca Juga: Coba Cek! 8 Gejala Kesehatan Ini Bukti Kamu Sedang Mengalami Stres

4. Berendam di air hangat

8 Cara Paling Sederhana Mengatasi Stres, Mudah & Murah Kok!pixabay.com/StockSnap

Bagi orang yang tidak bisa atau tidak suka olahraga mungkin berendam dengan air hangat dapat menjadi solusi yang terbaik untuk menghilangkan stres. Bahkan menurut riset terbaru yang beredar, berendam selama 30 menit bisa mengurangi tingkat stres dan depresi lebih banyak dibandingkan dengan olahraga.

Ini bisa terjadi karena mandi air hangat akan mempengaruhi ritme sirkadian atau jam tubuh. Suhu tubuh orang yang sedang stres akan meningkat di malam hari, sedangkan waktu tidur yang baik yaitu saat suhu tubuh turun. Karena itulah orang stres mengalami sulit tidur, namun dengan mandi air hangat jam tubuh itu pun akan kembali normal.

5. Menggambar

8 Cara Paling Sederhana Mengatasi Stres, Mudah & Murah Kok!pixabay.com/rawpixel

Di dalam jurnal Art Therapy tertulis bahwa seni dapat mengurangi kecemasan seseorang. Tidak perlu sampai menggambar seperti pelukis Pablo Picasso, hanya sebuah coretan yang bisa meluapkan ekspresi saja sudah cukup untuk meringankan stres.

Dan menurut penelitian dokter ahli jantung dari Harvard University, Herbert Benson, menggambar dapat merelaksasi tubuh dari dalam. Sehingga tekanan darah turun dan pernafasan menjadi stabil.

6. Menulis diary

8 Cara Paling Sederhana Mengatasi Stres, Mudah & Murah Kok!pixabay.com/StockSnap

Di kehidupan ini memang ada beberapa hal pribadi yang tidak bisa diceritakan kepada teman atau pun keluarga. Kadang masalah itu malah menjadi beban pikiran dan membuat orang stres. Namun, ungkapkan saja semua unek-unek itu di dalam buku. Paling tidak dengan begitu ada sedikit rasa lega yang hadir di dalam diri serta menciptakan ketenangan dan yang pasti semua orang tidak akan tahu masalah yang sangat pribadi itu.

7. Menonton acara lawak dan sejenisnya

8 Cara Paling Sederhana Mengatasi Stres, Mudah & Murah Kok!pixabay.com/OmarMedinaFilms

Orang yang sedang stres pasti akan sulit untuk tertawa. Sebab itulah lebih baik menghibur diri dengan acara lawak agar bisa tertawa. Karena ketika orang tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang meningkatkan mood dan menurunkan hormon kortisol dan adrenalin yang menyebabkan stres. Selain itu dengan tertawa orang tidak akan merasa kesepian dan bisa memandang kehidupan ini dengan penuh semangat optimistis.

8. Ibadah

8 Cara Paling Sederhana Mengatasi Stres, Mudah & Murah Kok!pixabay.com/Pexels

Orang yang mengalami stres biasanya karena tekanan hidup di dunia yang sangat berat. Membuat mereka merasa dunia ini tak adil. Tapi sebenarnya Tuhan sedang menguji seberapa kuat iman kita. Berserah diri adalah cara mencari ketenangan batin yang sangat baik. Karena seberat apa pun masalah dan sebaik apa pun solusi yang dipikirkan manusia, hanya solusi dari Tuhan-lah yang paling sempurna.

Nah, sudah tahu kan? Kamu berhak bahagia!

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!

Angger Dhestya Photo Verified Writer Angger Dhestya

Hanya manusia ciptaan Tuhan yang suka menulis sambil minum kopi. Instagram: adhestya_.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya