Comscore Tracker

7 Dosa Besar Menurut Ajaran Kristen, Mematikan dan Harus Dihindari

#IDNTimesLife Sering disebut 7 deadly sins

"Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah" - 1 Yohanes 3:4

Pada dasarnya, dosa merupakan tindakan yang menyimpang dari kehendak dan hukum Allah. Banyak terminologi dosa dalam alkitab mulai dari dosa secara pikiran, mulut, hati, dan perbuatan.

Namun, ada 7 dosa pokok atau 7 dosa besar dalam kristen yang mampu melahirkan dosa-dosa lain. Dilansir Selisip, konsep ini berawal dari biarawan Evagrius Ponticus yang melihat ketujuh dosa ini sebagai pikiran jahat di Yunani.

Kemudian, Paus Gregorius membaginya menjadi tujuh. Berlandaskan tradisi Kristiani pada waktu itu, ketujuh dosa ini dianggap mematikan dan harus dihindari. Ada apa saja?

1. Envy (iri hati)

7 Dosa Besar Menurut Ajaran Kristen, Mematikan dan Harus Dihindariilustrasi perempuan (pexels.com/Polina Zimmerman)

"Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat." - Yakobus 3:16

Dosa ini sifatnya tersembunyi dalam hati dan pikiran manusia. Umumnya, perasaan iri hati ini timbul ketika kita membandingkan diri dengan orang lain. 

Alkitab menunjukkan bahwa iri hati menjadi motif kejahatan yang merugikan banyak orang. Berawal dari kisah Kain dan Habel, iri hati mengakibatkan Kain membunuh Habel (1 Yohanes 3:12). Ada pula kisah saudara-saudara Yusuf yang iri, hingga menjual Yusuf sebagai budak ke Mesir (Kejadian 37:22).

Fokusnya bukan pada perbuatan Tuhan dalam hidup kita, tetapi pada hal-hal yang tidak kita miliki. Alhasil, kita lupa untuk bersyukur atas berkat-berkat Tuhan, malah menimbulkan kejahatan baru. 

2. Gluttony (rakus)

7 Dosa Besar Menurut Ajaran Kristen, Mematikan dan Harus Dihindariilustrasi makan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

“Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.” - Filipi 3:9

Kerakusan ini merujuk pada ketidakpuasan terhadap makanan. Perhatian manusia terfokus pada sikap berlebihan terhadap makanan. Bisa saja mengonsumsi makanan atau diet berlebihan.

Setiap hari, Allah sudah menyediakan makanan yang cukup untuk umat-Nya. Ketika seseorang rakus, maka ia tak lagi peka terhadap kebutuhan sesama dan fokus pada santapannya sendiri.

Itulah mengapa alkitab juga menjelaskan tentang hal berpuasa (Matius 6:16-18). Tuhan mau mengajarkan kita untuk disiplin berpantang makanan demi maksud rohani.

3. Greed (serakah)

7 Dosa Besar Menurut Ajaran Kristen, Mematikan dan Harus Dihindariilustrasi uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

“Cinta uang adalah salah satu akar berbagai kejahatan, dan karena memupuk cinta itu, ada yang menyimpang dari iman dan menyakiti diri dengan banyak penderitaan.” - 1 Timotius 6:10

Disebutkan dalam alkitab bahwa uang menjadi akar segala kejahatan. Kita bisa saja mencintai hingga terlena pada uang, sehingga kita lupa akan keberadaan Allah sebagai raja dari segala raja.

Cinta uang merupakan bentuk keserakahan yang paling sering kita temui. Alih-alih cukup, manusia berhasrat memiliki suatu hal berlebihan. Padahal dalam Doa Bapa Kami, kita diajar Yesus untuk meminta yang secukupnya.

4. Pride (kesombongan)

7 Dosa Besar Menurut Ajaran Kristen, Mematikan dan Harus DihindariCuplikan drama It's Okay to Not Be Okay (dok. tvN)

“Mata yang congkak dan hati yang sombong, yang menjadi pelita orang fasik, adalah dosa.” - Amsal 21:4

“Setiap orang yang tinggi hati adalah kekejian bagi TUHAN; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman.” - Amsal 16:5

Tinggi hati atau sombong merupakan hal keji yang dibenci Tuhan. Sayangnya, manusia kerap memiliki sifat ini.

Kesombongan merujuk pada penilaian yang menganggap diri sendiri paling penting atau benar. Maka, mintalah kerendahan hati pada Tuhan dalam doa, sebab kita tak punya kuasa atas apa pun. Dengan rendah hati, kita semakin dibentuk untuk mengandalkan Tuhan dalam setiap aspek hidup ini. 

Baca Juga: 7 Dosa yang Tak Terampuni oleh Allah SWT, Hindari Syirik dan Sihir!

5. Lust (hawa nafsu)

7 Dosa Besar Menurut Ajaran Kristen, Mematikan dan Harus DihindariCuplikan drama Nevertheless (dok. jTBC)

“Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala.” - Kolose 3:5

Segala hal yang bersifat duniawi itu jauh dari kekudusan yang diinginkan Allah. Bukan mendatangkan kebaikan, perbuatan daging seperti ini menjerumuskan kita untuk melakukan kejahatan lain. 

Misalnya, kita terlalu fokus pada handphone sehingga kita lupa untuk berdoa dan menyembah Tuhan. Artinya, kita sudah menyembah berhala yaitu handphone.

Untuk bisa mengendalikan diri dari hawa nafsu, tidak mudah. Mintalah hikmat dan pimpinan Tuhan sepanjang waktu agar kita bisa mengendalikan diri dari nafsu duniawi. 

6. Sloth (malas)

7 Dosa Besar Menurut Ajaran Kristen, Mematikan dan Harus DihindariCuplikan drama Doom at Your Service (dok. tvN)

"Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan." – Efesus 5:15-17

Berbeda dengan kerakusan, keserakahan, maupun hawa nafsu. Justru kemalasan ini merujuk pada keengganan manusia. Malas merupakan kondisi manusia tidak memiliki hasrat untuk memanfaatkan waktu dalam hidupnya.

Hidup manusia merupakan kairos (kesempatan) atau pemberian dari Allah. Jangan sia-siakan waktu yang sudah Tuhan beri untuk suatu hal yang sifatnya sia-sia.

7. Wrath (amarah)

7 Dosa Besar Menurut Ajaran Kristen, Mematikan dan Harus DihindariCuplikan drama The World of The Married (dok. jTBC)

"Berhentilah marah dan tinggalkan panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan" - Mazmur 37:8

“Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu.” - Efesus 4:26

Sesungguhnya kita gak bisa lepas dari perasaan ini. Oleh sebab itu, dalam Efesus 4:26 Paulus mengingatkan kita untuk tidak berbuat dosa ketika amarah melanda.

Apabila kamu marah, pikiran dan hati itu gak bisa menyatu atau sinkron. Akibatnya, kita bisa melakukan hal-hal yang tidak dikehendaki oleh Tuhan. Belajarlah untuk memendam amarahmu, peganglah firman Tuhan tersebut.

Coba kendalikan tujuh dosa besar atau tujuh dosa dalam kristen yang mematikan ini. Jangan lupa meminta hikmat dari Tuhan agar kamu bisa hidup sesuai dengan kehendak-Nya!

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya