Comscore Tracker

Langsung dari Psikolog, Tips Hidup Bahagia Dimulai dari Diri Sendiri

Nomer 1 harus banget kamu lakukan

Tuntutan peran terkadang membuat kita lebih mementingkan urusan pekerjaan, sekolah, atau rumah tangga. Tak jarang, kondisi ini menyebabkan kita lupa untuk merawat dan memberikan apresiasi pada diri sendiri setelah bekerja keras.

Dalam Bincang Shopee 2.2 COD Sale dengan tema "Self Love: Awali dari Diri Sendiri" yang berlangsung secara daring pada Rabu (26/1/2022), ada beberapa tips dari psikolog Inez Kristanti yang penting kamu lakukan untuk meningkatkan self love untuk hidup lebih bahagia. Berikut ini tips hidup bahagia yang layak kamu lakukan.

1. Dengarkan dan pahami apa yang jadi kebutuhan dirimu

Langsung dari Psikolog, Tips Hidup Bahagia Dimulai dari Diri SendiriBincangShopee 2.2 COD Sale dengan tema “Self Love: Awali dari Diri Sendiri”. Rabu (26/1/2022). IDN Times/Adyaning Raras

Bila dianalogikan dengan handphone, kerap kali kita panik ketika low-bat. Secara otomatis, kita akan langsung mengisi daya handphone tersebut. Sayangnya, kita gak mengaplikasikan hal ini juga kepada diri sendiri.

Inez Kristanti menjelaskan bahwa manusia itu memiliki "baterai" juga. Cara mengisi dayanya dengan mendengarkan kapan kita merasa butuh sesuatu untuk diri sendiri.

"Kita bukan cuma kerja dan produktif, ya. Tapi kita juga perlu istirahat untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri. Itu beda dengan kewajiban kita sehari-hari. Misalnya dalam pekerjaan, kita udah bisa apa belum memisahkan mana jam kerja dan jam istirahat. Kita yang memang harus bijak sendiri, kapan harus memisahkan waktu untuk istirahat dan bekerja," jelasnya.

Hal ini juga dirasakan musisi dan aktris, Cantika Abigail, yang memandang tahun 2020 sebagai tahun yang unik. Di tahun 2020, ia belajar lebih menyadari bahwa mendengarkan kebutuhan diri sendiri adalah bentuk self love juga.

"Tahun sebelumnya kita dipaksa produktif, tapi 2020 kita gak bisa produktif. Jadi memang ternyata untuk mewujudkan self love itu bukan hanya melakukan kegiatan yang produktif. Aku menyadari kalau tubuh juga butuh istirahat. Mendengarkan badan dan keseimbangan dalam berkegiatan itu wujud cintaku sama diri sendiri," cerita penyanyi berusia 28 tahun ini.

2. Asalkan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, kamu perlu belajar berani berkata 'tidak'

Langsung dari Psikolog, Tips Hidup Bahagia Dimulai dari Diri SendiriBincangShopee 2.2 COD Sale dengan tema “Self Love: Awali dari Diri Sendiri”. Rabu (26/1/2022). IDN Times/Adyaning Raras

Berani berkata "tidak" merupakan tugas perkembangan yang rupanya cukup susah dilakukan. Sering kali kita terpaku pada ketakutan tentang apa yang dipikirkan orang lain dan sungkan, padahal ada hal lain yang layak diprioritaskan.

"Kita perlu berani berkata 'tidak'. Walaupun berani berkata 'tidak', bukan berarti kita jadi orang jahat dan tidak baik. Menjadi orang baik bukan berarti meng-'iya'-kan segala sesuatu. Orang baik itu yang tahu kapasitas diri sendiri dan mau menjaga kapasitas itu sehingga kita juga bisa memberi pada orang lain sesuai kapasitas yang tepat," imbuh Inez.

3. Jangan lupa sediakan waktu untuk me-time, gak harus lama!

Langsung dari Psikolog, Tips Hidup Bahagia Dimulai dari Diri SendiriBincangShopee 2.2 COD Sale dengan tema “Self Love: Awali dari Diri Sendiri”. Rabu (26/1/2022). IDN Times/Adyaning Raras

Salah satu cara meraih kebahagiaan itu dimulai dengan peduli terhadap diri sendiri. Bagaimana caranya? Pahami apa yang jadi kebutuhan dirimu dan sediakan waktu untuk me-time. 

"Coba cari hal lain untuk menyeimbangkan itu supaya kita gak hidup untuk orang lain aja, tapi kita juga memprioritaskan diri sendiri. Ingat batasannya apa yang kita lakukan itu merugikan orang lain atau gak. Kadang orangtua itu suka blur batasannya, takut ninggalin anak atau gak merhatiin. Anak-anak itu juga butuh orang tua yang happy dan well rested," ucap Inez.

Untuk orangtua, Inez menyarankan agar meminta bantuan orang lain untuk menjaga anak. Bisa juga membuat pembagian tugas dengan pasangan, yang penting kita juga tahu prioritas.

"Memanjakan diri sendiri tapi bukan dalam taraf yang berlebihan. Kita butuh waktu yang soothing atau menenangkan. Kita punya cara sendiri-sendiri," lanjutnya.

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Selalu Self Love atau Mencintai Diri Sendiri

4. Pisahkan hal yang bisa kita kendalikan dengan yang tidak bisa

Langsung dari Psikolog, Tips Hidup Bahagia Dimulai dari Diri SendiriBincangShopee 2.2 COD Sale dengan tema “Self Love: Awali dari Diri Sendiri”. Rabu (26/1/2022). IDN Times/Adyaning Raras

Menurut Inez, poin ini sering disebut overthinking. Apa yang sering kali dipikirkan manusia itu, pasti berkaitan dengan hal-hal yang gak bisa diubah. Contohnya, pandemik yang gak bisa diubah atau kendalikan.

Itulah sebabnya, Inez menyarankan kita untuk memisahkan hal-hal yang ada di bawah kendali manusia dan di luar kendali manusia. Inilah cara praktis agar kita lebih bisa menerima kondisi yang mungkin tidak sesuai harapan dan gak bisa kita kendalikan atau ubah.

5. Sadari bahwa self love itu bukan tujuan, melainkan never ending journey

Langsung dari Psikolog, Tips Hidup Bahagia Dimulai dari Diri SendiriBincangShopee 2.2 COD Sale dengan tema “Self Love: Awali dari Diri Sendiri” (dok. Shopee Indonesia)

"Kita sebaiknya melihat self love sebagai sebuah perjalanan, bukan tujuan. Karena sepanjang perjalanan hidup, kita mungkin akan mempelajari cara-cara baru untuk menerima hal-hal dalam diri kita yang tidak bisa kita ubah, sambil terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik,” tutur Inez Kristanti.

Sadari bahwa proses membahagiakan diri sendiri dengan self love merupakan never ending journey. Sederhananya, kita harus merasa bahwa kita berharga, layak dicintai, dan diprioritaskan. Menurut Inez, self love pun gak harus selalu berpikir positif setiap hari.

"Kadang kita sedih, marah, gak bisa melihat hal yang positif, ya gak apa-apa. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha mengingatkan diri sendiri bahwa kita berharga. Mungkin manusia cenderung melihat hal yang negatif, coba deh sebelum tidur cek 5 hal yang bisa kamu apreasiasi setiap hari," jelasnya.

"Sesederhana menyiram tanaman, berjemur, olahraga, itulah momen reconnect with myself. Memang waktunya untuk lebih kenal diri sendiri," tambah Cantika menceritakan pengalamannya semasa pandemik.

6. Self reward dan afirmasi positif juga penting untuk meningkatkan self love

Langsung dari Psikolog, Tips Hidup Bahagia Dimulai dari Diri SendiriBincangShopee 2.2 COD Sale: “Self Love: Awali dari Diri Sendiri” (dok. Shopee Indonesia)

Selain tips di atas, self reward dan afirmasi positif merupakan dua poin penting yang juga ampuh memengaruhi kebahagiaan diri sendiri. Kedua hal ini merupakan bentuk apresiasi terhadap diri sendiri setelah melakukan sesuatu yang kita harapkan atau targetkan.

Namun, tentu kita harus memahami batasannya. Self reward mengajarkanmu untuk lebih bijak mencari suatu hal yang bermakna, bukan lapar mata. Sementara afirmasi positif adahal hal kecil yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk memotivasi diri.

Itu dia beberapa tips untuk meningkatkan self love agar hidup lebih bahagia. Semuanya dimulai dari diri sendiri, kamu sudah melakukannya?

Baca Juga: 5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuh

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya