Comscore Tracker

5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuh

#IDNTimesLife Bahasa cinta untukmu sendiri

The Five Love Language adalah teori mengenai cara seseorang menyatakan atau menunjukkan rasa cintanya. Teori yang diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman ini, terbagi menjadi lima tipe bahasa, yaitu word of affirmation (lewat kata-kata), quality time (waktu), act of service (memberikan layanan), dan physichal touch (melakukan sentuhan).

Gak hanya berguna untuk memperlakukan orang lain, teori ini juga bisa diterapkan untuk memberikan cinta pada dirimu sendiri. Inilah 5 ide self love berdasarkan teori tersebut dari berbagai sumber.

1. Pijatan kaki setelah melewati hari-hari yang melelahkan dengan heels adalah ide bagus

5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuhunsplash/conscious_design

Kalau ingin relaksasi penuh pada tubuh, kamu bisa mencoba spa. Jangan lupa untuk merawat dirimu dengan skincare, hair care, dan body care.

Kamu bisa juga menyelimuti diri dengan selimut bulu yang lembut hingga membuat perasaanmu lebih baik. Ini adalah tindakan self love yang masuk ke tipe bahasa cinta sentuhan atau physical touch.

2. Kalau biasanya mandi dengan terburu-buru, maka cobalah luangkan waktu untuk berendam sejenak

5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuhunsplash/rpnickson

Orang yang bekerja, sering kali bangun pagi sekali untuk mandi dan bersiap-siap supaya tidak terlambat ke kantor. Belum lagi jika rute yang ditempuh cukup jauh dan sering mengalami kemacetan.

Gak ada salahnya sesekali kamu meluangkan waktu di akhir pekan untuk berendam dengan air hangat dan dilengkapi lilin aromaterapi. Tipe bahasa cinta ini adalah memberikan waktu yang berkualitas untuk dirimu atau quality time.

Baca Juga: Ada Lagu Bahasa Korea, 5 Fakta Serial Musik Arti untuk Cinta

3. Permudahlah hidupmu dengan membereskan barang-barang pada tempatnya

5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuhunsplash/sweetpagesco

Akan sangat menyusahkan ketika kamu sedang mencari suatu barang, namun sering kali menghilang. Belum lagi, jadwal sehari-hari yang kerap terlupakan. Bantulah dirimu dengan melakukan beberapa aktivitas seperti menjadwal, membersihkan, dan mengelompokkan.

Contohnya, kamu bisa menata bajumu sesuai tipenya di lemari pakaian sehingga bisa langsung mengambilnya dengan mudah. Tipe bahasa ini merupakan salah satu bentuk act of service atau memberikan bantuan untuk diri sendiri.

4. Gak perlu menunggu, menghadiahi diri sendiri itu boleh saja!

5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuhunsplash/belart84

Berikan reward pada diri sendiri setelah beberapa hari ini berhasil mengatasi situasi yang sulit. Kamu boleh membeli barang yang kamu inginkan, seperti lipstik keluaran terbaru atau sekedar gantungan kunci lucu.

Gak harus yang harganya mahal, namun gak ada salahnya juga untuk sesekali memanjakan dirimu dengan itu. Ini adalah contoh bahasa cinta berupa receiving gift.

5. Letakkan notes kecil bertuliskan "You're worthy" di kamar tidur, kulkas di rumah, hingga ruangan kantormu

5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuhunsplash/kellysikkema

Menunggu orang lain untuk memuji atau memberikan motivasi pada diri sendiri itu, sungguh melelahkan. Kita bisa melakukannya sendiri dengan mengatakan mantra ajaib seperti "I love my self" atau "I'm powerfull".

Kamu bisa menuliskannya di notes dan letakkan di tempat yang sering kamu datangi. Berikan diri kita berbagai nilai positif yang akan menciptakan pribadi yang berkualitas. Bahasa cinta ini termasuk tipe words of affirmation.

Itulah 5 ide self love dengan berdasarkan teori bahasa cinta atau The Five Love Language. Kamu punya ide yang lainnya?

Baca Juga: 5 Kelebihan Bahasa Jawa Dibanding Bahasa Lain yang Jarang Disadari

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya