Comscore Tracker

8 Pelajaran Hidup Bermakna Tokoh Franky di Anime One Piece

Si pria super sejati milik kru bajak laut Topi Jerami

Franky atau Cutty Flam adalah salah satu tokoh utama di dalam Anime One Piece. Franky merupakan salah satu anggota dari bajak Laut Topi Jerami dan memegang peran sebagai tukang kapal utama. Dia adalah seorang manusia yang berubah menjadi setengah robot atau cyborg karena insiden buruk yang menimpanya di masa lalu.

Franky adalah seorang yang jenius karena selain berhasil mengubah tubuhnya menjadi setengah robot, dia juga membuat kapal canggih Thousand Sunny milik Kru Topi Jerami dan beberapa robot dari hasil penelitiannya.

Franky merupakan sosok yang dewasa namun terkadang konyol. Namun, di balik itu semua dia adalah sosok yang sangat inspiratif dan bisa memotivasi semua orang karena memiliki beberapa kelebihan berikut.

1. Sangat peka dan peduli dengan orang lain yang menderita

8 Pelajaran Hidup Bermakna Tokoh Franky di Anime One Pieceyoutube.com/MIXED CHANNEL

Untuk urusan peduli dan peka terhadap penderitaan orang lain Franky adalah juaranya. Dia bisa menangis tersedu-sedu jika melihat atau mendegar penderitaan orang lain, meskipun orang tersebut adalah orang yang baru saja dia kenal. Dia juga bisa terharu dan menangis jika melihat sosok yang hebat dan inspiratif.

Menurut pengarang One Piece, Eiichiro Oda, Franky adalah orang yang bisa merasakan penderitaan dan perasaan orang lain jauh melebihi siapapun. Karena itulah Franky bisa menangis tersedu-sedu dan kadang dengan cara yang sangat aneh dan komikal.

2. Dia adalah seorang pria sejati

8 Pelajaran Hidup Bermakna Tokoh Franky di Anime One Pieceonepiece.fandom.com

Franky adalah seorang pria sejati di mata teman, musuh maupun para penggemar One Piece. Hal itu tidak terbantakan meskipun terkadang dia sedikit eksentrik dan kelihatan konyol. Dalam Kru Topi Jerami Franky merupakan salah satu yang mengerti tentang arti dari menjadi seorang pria sejati.

Franky biasanya tampil biasa saja dan terkesan konyol di setiap adegan, namun dia bisa menjadi sosok yang benar-benar keren jika serius atau saat bertarung. Prinsipnya adalah bertarung dengan cara yang adil dan benci dengan kecurangan, layaknya seorang pria sejati. Dan dia juga terkadang tidak ragu memanggil musuhnya dengan sebutan saudara setelah bertarung untuk menghormati mereka. 

3. Seorang kakak yang baik dan bertanggung jawab

8 Pelajaran Hidup Bermakna Tokoh Franky di Anime One Piecerecapguide.com

Sebelum bergabung menjadi Kru Topi Jerami, Franky adalah seorang pemimpin dari Franky Family dan berperan sebagai sosok seorang kakak. Para anggotanya  memanggilnya "Aniki" yang artinya Kakak. Dia bertanggung jawab untuk melindungi dan memberi tempat tinggal bagi anggota-anggotanya yang sudah dianggap adik sendiri. Dia tidak akan segan untuk menghajar orang yang berani mengganggu adik-adiknya.

Setelah bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami peran ini masih diperlihatkan meski tidak semencolok dulu. Meskipun Eiichiro Oda mengatakan dia ini seperti sosok seorang ayah tetapi dia terlihat lebih seperti seorang kakak di dalam kru yang umurnya sebagian besar di bawah dia seperti Luffy, Zoro, Nami, Usopp dan lainnya. Franky akan memberi nasehat jika ada Kru yang berbuat salah.

Baca Juga: Veteran Tangguh, 6 Karakter One Piece Ini Masih Sangat Disegani!

4. Bangga terhadap karya-karyanya sendiri

8 Pelajaran Hidup Bermakna Tokoh Franky di Anime One Piecerecapguide.com

Seperti yang sudah dikatakan, Franky ini adalah seorang yang jenius dalam menciptakan alat-alat canggih senjata atau robot. Tidak hanya itu dia juga seorang tukang kayu yang handal sehingga dia dapat menciptakan sebuah jembatan dalam hitungan detik. Dia ini adalah sosok yang berbakat dari kecil.

Setelah Franky menciptakan alat-alatnya dia akan memamerkannya dengan menyebut kata "SUPER" untuk membanggakan hasil karyanya. Dia adalah tipe orang yang sangat bangga atas hasil dari kerja keras dan usahanya. Prinsipnya ini dia dapatkan dari Tom gurunya yang mengatakan "Seorang pria harus bangga akan kapal yang diciptakannya".

5. Dia sangat mencintai dan menghormati keluarga serta teman-temannya

8 Pelajaran Hidup Bermakna Tokoh Franky di Anime One Pieceaminoapps.com

Franky di masa kecilnya dikatakan dibuang oleh orang tuanya sendiri yang merupakan seorang bajak laut yang tidak diketahui. Dia kemudian ditemukan oleh tukang kapal bernama Tom dan menjadikan Franky muridnya bersama dengan Iceburg. Meski begitu mereka terlihat lebih seperti keluarga daripada guru dan murid. Franky sangat mencintai dan menghargai baik itu Tom gurunya maupun Temannya Iceburg. 

Di dalam Kru Bajak Laut Topi Jerami, Franky adalah orang yang bisa menjadi contoh bagi yang lainnya dalam hal menghormati orang lain. Semua Kru Topi Jerami sebenarnya saling mencintai dan menghargai satu sama lain sebagai satu keluarga, meskipun mereka tidak menunjukkan itu secara terang-terangan.

6. Sangat gigih dan pantang menyerah

8 Pelajaran Hidup Bermakna Tokoh Franky di Anime One Piecerecapguide.com

Franky masih bisa hidup sampai sekarang bisa dikatakan karena sifatnya ini. Dia pernah hampir meninggal di masa lalu saat tubuhnya hancur, tetapi berkat jiwanya yang pantang menyerah untuk tetap hidup maka dia tetap bertahan dengan mengubah tubuhnya yang hancur menjadi robot.

Franky pernah gagal berulang kali saat melakukan penelitian untuk membuat teknologi robot canggih "Franky Shogun" serta tubuh barunya di dalam lab dokter Vegapunk. Dia terus bangkit, akhirnya berhasil menciptakan teknologi tersebut yang membuat Luffy, Usopp dan Chopper takjub sampai tergila-gila melihatnya. 

7. Rela mengorbankan nyawa untuk hal yang dia anggap benar

8 Pelajaran Hidup Bermakna Tokoh Franky di Anime One Pieceyoutube.com/marttuu66

Franky akan sangat marah jika melihat orang yang membuat orang lain menderita atau orang yang berbuat seenaknya dan bertentangan dengan prinsipnya. Sifat dia ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin pertama yaitu sangat bersimpati dan peka dengan perasaan orang lain. 

Franky tidak akan segan bertarung membela orang yang menderita walaupun itu orang yang baru saja dia kenal dan dia akan mempertarukan nyawanya untuk mereka. Sifat ini pernah dia tunjukkan di Dressrosa saat membela pasukan kurcaci untuk melawan penindasan Doflamingo. Franky sepertinya sedikit terpengaruh dari Luffy yang punya sifat seperti itu.

8. Punya jiwa bebas dari seorang petualang

8 Pelajaran Hidup Bermakna Tokoh Franky di Anime One Piecerecapguide.com

Sebagai seorang bajak laut Franky memiliki jiwa yang bebas dan tidak bisa dikekang oleh orang lain. Semua kru Bajak Laut Topi Jerami sepertinya memiliki sifat yang satu ini dan sepertinya mereka juga terpengaruh oleh Luffy Kapten mereka yang memiliki jiwa seorang petualang sejati.

Franky dan semua kru Bajak Laut Topi Jerami kecuali Nami sepertinya tidak terlalu memikirkan tentang harta karun, uang atau emas. Mereka lebih mementingkan pertemanan dan petualang di lautan bebas daripada harta karena itu lebih membuat mereka bahagia.

Meskipun hanya seorang tokoh fiksi dari Anime, Franky memiliki sifat dan karakteristik yang bisa dicontoh oleh kita di dalam kehidupan nyata. Terkadang tokoh-tokoh Anime seperti Franky bisa mengajarkan kita bagaimana seharusnya menjalani dan menjadi pribadi yang baik di dalam kehidupan kita di Dunia nyata.

Baca Juga: Penghianatan di One Piece, Ini 5 Karakter yang Punya Tujuan Tertentu

Afendi Nahak Photo Community Writer Afendi Nahak

I am I

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You