Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Ikhlas Menerima Takdirmu Sendiri walaupun Sulit 

Hidupmu bakal terasa lebih tenang kalau sudah ikhlas, lho 

Di dalam hidup ini yang namanya takdir tentu setiap orang memilikinya, ada takdir mutlak yang tidak bisa diubah seperti siapa orangtua kandung dan tubuh, akan tetapi ada pula takdir yang masih bisa diusahakan untuk berubah menjadi lebih baik.

Akan tetapi takdir dalam bentuk apapun itu ada baiknya bagimu untuk bisa menerimanya dengan ikhlas dan lapang dada, lho. Bukannya pasrah, namun keikhlasan itu akan membawa pengaruh baik untuk hidupmu sendiri nantinya. Beberapa alasan di antaranya pun ada dalam pembahasan berikut ini, disimak baik-baik ya.

1. Ikhlas menerima akan membuatmu lebih mudah merasa bahagia 

5 Alasan Kamu Harus Ikhlas Menerima Takdirmu Sendiri walaupun Sulit Pexels.com/Nicole Michalou

Hidupmu akan lebih bahagia dengan menerima takdir. Tidak sedikit yang membenci hidupnya karena tidak suka dengan takdirnya sendiri. Padahal kalau mau menerima apa yang ditetapkan dalam hidupmu, kamu pasti bisa merasa lebih tenang dan bahagia.

Karena semakin kita ikhlas terhadap sesuatu, maka lebih mudah juga perasaan syukur dan bahagia menghampiri kita. Benar?

2. Pandanganmu terhadap hidup akan jadi lebih baik 

5 Alasan Kamu Harus Ikhlas Menerima Takdirmu Sendiri walaupun Sulit Pexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap orang tidak menginginkan musibah atau masalah datang dalam kehidupannya. Tidak ada hidup yang sempurna karena kita semua memiliki takdir yang berbeda. Oleh sebab itu ketika kamu menerima takdirmu walaupun sulit, hal itu akan membuat pandanganmu terhadap kehidupan jadi lebih baik.

Kamu akan lebih terbuka dan menerima energi positif dari sekitarmu. Sehingga kalau suatu saat kamu menghadapi kesulitan pun jadi lebih mudah untuk bangkit dan survive.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Kamu Kesulitan Menerima Kenyataan Pahit dalam Hidup

3. Lebih mencintai diri sendiri dengan adanya perasaan ikhlas 

5 Alasan Kamu Harus Ikhlas Menerima Takdirmu Sendiri walaupun Sulit Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dengan ikhlas dan lapang dada menerima takdir, kamu bisa lebih mencintai diri sendiri. Lapang dada dan menerima takdirmu sama dengan membuka hatimu untuk mencintai diri sendiri. Menerima kekurangan sendiri, bersyukur dengan segala kelebihanmu, dan berpikir bahwa yang bisa kamu lakukan hanyalah bergerak maju dan menjadi lebih baik lagi.

4. Mengurangi risiko terkena stres 

5 Alasan Kamu Harus Ikhlas Menerima Takdirmu Sendiri walaupun Sulit Pexels.com/Sora Shimazaki

Menerima takdir dapat membantu dirimu menghindari stres. Kehidupan yang rumit seringkali menjadi beban pikiran dan membuat stres. Keihlasan yang kamu tanam di dalam diri itulah yang kemudian membuatmu fokus pada hal-hal baik dan menjadikan hidupmu jadi lebih berarti.

5. Hidupmu berjalan sesuai dengan rencana 

5 Alasan Kamu Harus Ikhlas Menerima Takdirmu Sendiri walaupun Sulit Pexels.com/Edmond Dantes

Hidupmu akan berjalan baik dan sesuai rencana jika kamu menerima takdirmu sendiri. Saat pikiran dan hatimu tak dipenuhi oleh kebencian dan rasa kecewa, maka rencana yang telah kamu susun dapat memperbaiki hidupmu untuk menjadi lebih baik ke depannya. Karena kalau takdir sendiri sampai dibenci tentu malah lebih sulit untuk melangkah, kan.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus ikhlas dan lapang dada dan menerima takdirmu. Walaupun terasa sulit, apa yang sudah terjadi tidak bisa diubah lagi, kan? Terimalah hal itu agar hidupmu lebih ringan dan bahagia.

Baca Juga: Gak Sulit Lagi, 5 Hal Ini Membantumu Belajar Menerima Kegagalan 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya