Comscore Tracker

5 Cara Berdamai dengan Luka Hati agar Hidupmu Lebih Nyaman Dijalani

Supaya hidupmu gak tertekan dengan beban emosional

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang seumur hidupnya bahagia, pasti ada masa ia merasa sedih bahkan hatinya terluka oleh sesuatu. Hal ini merupakan hal yang wajar dirasakan semua orang, namun tak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian orang yang sulit untuk bangkit dan berakhir terjebak dalam luka hatinya sendiri.

Jika hal itu terjadi maka hidup pun jadi terasa tertekan, maka dari itu cobalah untuk berdamai dengan luka hatimu agar hidup jadi lebih damai dijalani. Yuk simak pembahasannya lebih lanjut!

1. Jangan menyalahkan siapapun atas luka hatimu, terutama diri sendiri

5 Cara Berdamai dengan Luka Hati agar Hidupmu Lebih Nyaman DijalaniPexels.com/Cottonbro

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk berdamai dengan luka hati untuk hidup yang lebih nyaman kalah dengan tidak menyalahkan siapapun perihal luka hatimu, terutama dirimu sendiri.

Karena kalau kamu menyalahkan seseorang maka hal itu bisa berubah menjadi dendam yang mengganggu ketenangan hatimu, dan dampaknya bakal lebih parah jika kamu malah menyalahkan diri sendiri akan itu.

2. Kontrol emosimu dan buang perasaan-perasaan buruk yang tidak perlu

5 Cara Berdamai dengan Luka Hati agar Hidupmu Lebih Nyaman DijalaniPexels.com/Alan Retratos

Lalu cara lainnya untuk berdamai dengan luka hatimu ialah dengan mengontrol emosi dan menyingkirkan perasaan-perasaan buruk yang tidak perlu dari dalam hati. Emosi negatif hanya akan membuat jiwamu tidak tenang, jadi tidak perlu terus tertanam di dalam hati dan buang saja.

Dengan begitu kamu pun jadi mengendalikan kondisi perasaanmu dengan lebih baik, lalu hidup pun bakal jadi lebih nyaman kan?

Baca Juga: 6 Alasan untuk Gak Berlebihan dalam Bercanda, Hati-hati Ya! 

3. Menangislah saat hatimu benar-benar terluka, emosional yang dikeluarkan akan membantumu untuk sembuh

5 Cara Berdamai dengan Luka Hati agar Hidupmu Lebih Nyaman DijalaniPexels.com/Engin Akyurt

Ketiga, menangislah jika luka hatimu benar-benar perih dan menyakitkan, karena hal itu akan membantumu untuk lebih cepat sembuh dan menata hati kembali. Memendam perasaan negatif seperti luka hati hanya akan menyiksamu dari dalam, maka dari itu keluarkan dan luapkan saja. Menangis gak membuatmu jadi lemah kok, malahan hal itu menandakan kalau kamu jujur pada hati dan dirimu sendiri.

4. Jangan mengurung diri, melainkan bebaskan dirimu dengan hal-hal yang menyejukkan hati

5 Cara Berdamai dengan Luka Hati agar Hidupmu Lebih Nyaman DijalaniPexels.com/Skitterphoto

Kalau kamu sedang sedih, kecewa, atau emosi buruk lainnya yang melukai hatimu maka jangan mengurung diri terlalu lama karena hal itu bisa membuatmu terpuruk. Keluarlah! Pergilah ke tempat-tempat yang membuat hatimu sejuk, bahagiakan dirimu sendiri, pokoknya jangan mengurung diri. Cara ini akan membantumu berdamai dengan luka hati itu secara perlahan.

5. Hadapi luka hatimu, jika masih ada masalah yang belum selesai maka selesaikanlah

5 Cara Berdamai dengan Luka Hati agar Hidupmu Lebih Nyaman DijalaniPexels.com/Fauxels

Jika kamu ingin menyembuhkan luka hatimu maka jangan melarikan diri, hadali luka hatimu dengan berani dan jika ada masalah yang belum selesai maka segera selesaikan. Pengalaman akan mendewasakanmu, dan menghadapi permasalahan hati akan mematangkan emosionalmu. Selain menyembuhkan luka hatimu saat ini, tapi jika suatu saat kamu kembali terluka maka kamu sudah tahu cara berdamai dengannya karena sudah pernah menghadapinya.

Berdamai dengan luka hati serta memiliki hidup yang nyaman sebenarnya gak susah-susah banget, bisa diatasi dengan lima cara ini. Tetaplah kuat dan berbahagialah dengan hidupmu, ya!

Baca Juga: Untuk Hidup Lebih Bahagia, 5 Cara Sederhana Berdamai dengan Kekecewaan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya