Comscore Tracker

Untuk Hidup Lebih Bahagia, 5 Cara Sederhana Berdamai dengan Kekecewaan

Berat memang, tapi kamu harus bisa melalui ini semua!

Semua orang pasti pernah mengalami kekecewaan dalam hidupnya. Entah kecewa karena gagal mendapat promosi jabatan, tidak diterima di perusahaan impian, ditolak gebetan, ditinggal oleh orang tersayang, dan sebagainya. 

Kekecewaan tersebut tidak bisa dihindari. Sebab selagi masih hidup rasa bahagia dan kecewa akan selalu berjalan beriringan. Nah, untuk hidup yang lebih bahagia, ini lho 5 cara berdamai dengan kekecewaan yang bisa kamu lakukan. 

1. Terima rasa kecewa tersebut, jangan kamu tolak

Untuk Hidup Lebih Bahagia, 5 Cara Sederhana Berdamai dengan Kekecewaanunsplash.com/@Clem Onojeghuo

Kadang untuk bisa ikhlas dan legawa yang kamu lakukan yaitu mampu menerima rasa kecewa tersebut. Jangan pernah menghindar, cobalah untuk menerimanya pelan-pelan, percayalah itu bisa membuatmu jauh lebih tenang. Dalam hidup bahagia dan kecewa akan selalu berjalan berdampingan, yang perlu diingat bagaimana cara kamu menghadapinya. 

2. Belajar ikhlas untuk hidup lebih baik

Untuk Hidup Lebih Bahagia, 5 Cara Sederhana Berdamai dengan Kekecewaanpexels.com/@JESSICA TICOZZELLI

Cara selanjutnya yaitu cobalah untuk belajar ikhlas. Belajar untuk menerima datangnya sebuah rasa, baik bahagia maupun kecewa. Kadang saat hatimu sedang tidak baik-baik saja, kamu hanya perlu ikhlas. Menerima dengan lapang dada supaya hidup bisa bahagia. Namun bukan berarti terus berpangku tangan, tetaplah berjuang untuk kebaikan hidup di masa mendatang. 

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Terbiasa Melewati Kekecewaan

3. Lupakan sejenak kekecewaan tersebut

Untuk Hidup Lebih Bahagia, 5 Cara Sederhana Berdamai dengan Kekecewaanunsplash.com/Shuliahin

Tidak semua hal harus kamu selesaikan dalam waktu bersamaan. Adakalanya kamu perlu melupakan dan break sejenak dari rutinitasmu. Kamu bisa menghubungi teman untuk jalan-jalan bareng, wisata kulineran, atau sekadar nonton film kesukaan. Dengan begitu bisa membuatmu lebih bahagia lebih siap untuk menghadapi hari selanjutnya. 

4. Berhenti menyalahkan keadaan

Untuk Hidup Lebih Bahagia, 5 Cara Sederhana Berdamai dengan Kekecewaanpexels.com/Andrew Neel

Rasa sesal dan kecewa selalu datang belakangan. Nah daripada menghabiskan waktu untuk meratapi dan menyesali terhadap hal yang sudah terjadi, maka mulai sekarang berhenti untuk menyalahkan keadaan. Tidak ada gunanya menambah beban hati, yuk mulai memaafkan diri sendiri. 

5. Percaya deh akan ada hal baik menanti

Untuk Hidup Lebih Bahagia, 5 Cara Sederhana Berdamai dengan Kekecewaanpexels.com/VisionPic .net

Kamu harus yakin dan percaya setelah kecewa yang kamu alami pasti akan ada kebahagiaan yang menunggu. Akan ada hal baik yang menanti dalam hidup. Sudah lupakan apa yang sepatutnya dilupakan. Yakinlah besok akan datang kebahagiaan untuk hidupmu lebih baik. Rasa kecewa, sedih, pasti akan tergantikan oleh rasa bahagia tanpa diduga-duga. 

Kecewa, bahagia, gagal, berhasil, selagi kita hidup akan selalu berjalan beriringan. Yuk, berhenti menyalahkan keadaan, kamu hebat dengan versi terbaikmu.

Baca Juga: Pahami 5 Hal Ini untuk Meminimalisir Kecewa Saat Orang Lain Berubah

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya