Comscore Tracker

5 Cara Mengenali Gerak-gerik Orang Berbohong, Tandanya Pasti Terlihat!

Karena orang yang berbohong pasti terlihat mencurigakan

Sejak kecil kita ditanamkan pemahaman untuk selalu menjadi orang yang jujur, akan tetapi meskipun kamu sendiri selalu jujur namun tidak ada jaminan kalau orang lain juga akan melakukan hal yang sama. Ada yang beralasan bahwa dia terpaksa berbohong, atau memang sengaja ingin menyembunyikan sesuatu.

Nah, jika kamu berhadapan dengan orang yang seperti kamu tetap bisa kok melihat tanda-tandanya dia berbohong, dan untuk itu kamu harus bisa mengenali gerak-gerik orang yang berbohong seperti yang dibahas dalam pembahasan kali ini. Yuk simak!

1. Cenderung mengalihkan pandangan ketika memberi alasan

5 Cara Mengenali Gerak-gerik Orang Berbohong, Tandanya Pasti Terlihat!Pexels.com/RODNAE Productions

Kalau kamu mencurigai seseorang menyembunyikan sesuatu darimu maka kamu bisa memperhatikan gerak-gerik orang berbohong yang pertama ini, yaitu cenderung mengalihkan tatapan ketika sedang memberi alasan. Bisa dibilang kalau ini merupakan sikap yang alami dilakukan orang jika sedang berbohong atau merasa bersalah. Gak sanggup menatap langsung lawan bicaranya.

2. Sekilas ada ekspresi takut di wajahnya ketika kamu menanyakan kebenaran

5 Cara Mengenali Gerak-gerik Orang Berbohong, Tandanya Pasti Terlihat!Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Bisa jadi karena terkejut dan tak menyangka, khawatir, dan syok takut ketahuan karena berbohong. Meskipun cuma sekilas namun kamu bisa melihatnya kok kalau peka memperhatikan. Karena bagaimanapun juga suatu kebohongan tak akan bisa tertutupi dengan sempurna.

Baca Juga: Gak Perlu Takut Jika 5 Keadaan ini Memaksamu Berkata Bohong   

3. Suaranya bergetar, atau meninggi karena gugup

5 Cara Mengenali Gerak-gerik Orang Berbohong, Tandanya Pasti Terlihat!Pexels.com/Keira Burton

Kemudian, kamu juga bisa mengenali orang yang berbohong dari intonasi suaranya yang bergetar atau tiba-tiba meninggi karena gugup. Biasanya hal ini dilakukan orang yang berbohong untuk menyembunyikan kebohongannya dengan membuat lawan bicaranya terpojok, alias berusaha menyakinkanmu dengan paksa. Jadi kamu pun harus kuat mental, jangan menurut untuk percaya padanya hanya karena didesak.

4. Menutup mulut atau belakang leher ketika bicara

5 Cara Mengenali Gerak-gerik Orang Berbohong, Tandanya Pasti Terlihat!Pexels.com/Julia Larson

Rata-rata orang melakukan hal ini, bisa jadi merupakan kebiasaan yang tak disadarinya, atau alami ia lakukan karena ingin menutupi kebohongannya. Bukan hanya pada kebohongan fatal saja, namun pada saat ngobrol dan membangga-banggakan diri dengan mengada-ada juga sering dilakukan orang-orang.

5. Buru-buru mengakhiri percakapan dan pergi

5 Cara Mengenali Gerak-gerik Orang Berbohong, Tandanya Pasti Terlihat!Pexels.com/Cottonbro

Lalu gerak-gerik terakhir yang merupakan tanda seseorang berbohong ialah, dia cenderung ingin mengakhiri percakapan dan cepat pergi. Biasanya hal ini dilakukan seseorang karena ingin menghindar dan tidak tahu mau mengatakan apalagi untuk menutupi alibinya. Padahal kalau dipikir-pikir, tindakan seperti ini justru sangat kentara menunjukkan kegugupan dan kebohongan yang dilakukan.

Ada banyak alasan kenapa orang berbohong, tapi terlepas dari apapun alasannya kamu tetap harus waspada dan tahu caranya mengenali gerak-gerik orang yang berbohong supaya jangan sampai tertipu.

Baca Juga: 5 Zodiak Cowok Ini Tak Pandai Berbohong, Jujur Banget!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya