Comscore Tracker

5 Ciri Kalau Dirimu Orang yang Keras Kepala, Sering Banget Ngeyel!

Kalau dinasehati sering banget ngeyel dan mengelak

Setiap orang pasti punya sisi pribadi yang dominan di dalam dirinya. Yang mana sisi kepribadian inilah yang kemudian banyak mempengaruhi sikap dan caranya merespon sesuatu dalam hidup.

Contohnya seperti orang yang keras kepala, biasanya hal ini membuatnya menjadi orang yang sangat susah dinasehati, terlalu kukuh pada pemikiran sendiri dan ambisius banget kalau mengejar sesuatu. Cara melihat apakah kamu termasuk orang yang keras kepala biasanya akan terlihat dari beberapa ciri seperti di bawah ini. 

1. Kalau dinasehati sering banget ngeyel

5 Ciri Kalau Dirimu Orang yang Keras Kepala, Sering Banget Ngeyel!ilustrasi bicara (pexels.com/Budgeron Bach)

Ciri pertama yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang keras kepala ialah jika kamu sering banget ngeyel kalau dinasehati. Kalau diberi nasehat selalu menjawab dan tidak mau menerima nya begitu saja.

Hal ini karena dirimu yang pada dasarnya keras kepala tidak terima jika disalahkan orang, padahal menurutmu sendiri kamu tidak salah. Membuat orang-orang yang menghadapimu harus ekstra sabar untuk menasehatimu. Karena kadang orang menasehati bukan berarti kamu sepenuhnya salah, hanya saja mereka ingin kamu berubah menjadi lebih baik. 

2. Tidak akan melakukan hal yang tidak kamu inginkan

5 Ciri Kalau Dirimu Orang yang Keras Kepala, Sering Banget Ngeyel!ilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Ciri lainnya yang menunjukkan kalau kamu orang yang keras kepala ialah kamu tidak akan melakukan hal yang tidak kamu inginkan. Sekeras apapun orang lain membujuk, kalau kamu tidak mau melakukannya ya tidak akan pernah kamu lakukan.

Di satu sisi hal ini ada baiknya karena kamu jadi gak gampang dipengaruhi dan mengikuti arus sekitar. Akan tetapi kalau terlalu keras kepala bisa-bisa kamu melewatkan kesempatan emas hanya karena kukuh tidak mau melakukan hal baru. 

Baca Juga: Jangan Ngeyel, Begini 5 Sikap Hadapi Orang Kepribadian Koleris

3. Kukuh pada pemikiranmu sendiri dan susah banget untuk diminta mengerti pemikiran orang lain

5 Ciri Kalau Dirimu Orang yang Keras Kepala, Sering Banget Ngeyel!ilustrasi diskusi (pexels.com/Fauxels)

Cirinya yang ketiga adalah kamu kukuh banget pada pemikiranmu sendiri dan susah banget untuk untuk diminta mengerti pemikiran orang lain. Intinya, kamu hanya mau mengikuti keyakinan dan logikamu sendiri terhadap suatu hal.

Kalau kamu sudah punya pemahaman sendiri terhadap sesuatu maka susah banget untuk mengubah pemikiranmu meski dijelaskan dan dibujuk sekalipun. Kecuali kalau pemikiran orang tersebut sejalan dengan logikamu, maka barulah kamu berubah pikiran. 

4. Gak mau kalah kalau berdebat

5 Ciri Kalau Dirimu Orang yang Keras Kepala, Sering Banget Ngeyel!ilustrasi bicara (pexels.com/August de Richelieu)

Kalau membahas tentang orang yang keras kepala pasti gak lepas dari ciri spesifik yang satu ini, yaitu dirimu yang gak mau kalah kalau berdebat. Hal ini tentu saja karena logikamu yang terlalu kuat sehingga pemikiranmu pun jadi sulit dipatahkan orang lain.

Kalau mau berdebat dengan orang yang keras kepala maka harus siap untuk perdebatan panjang yang tak ada habisnya, soalnya gak bakal mau kalah banget. Malahan kebanyakan orang yang mengajak berdebat itulah yang akhirnya kalah dan menyerah. 

5. Ambisius dalam mengejar target

5 Ciri Kalau Dirimu Orang yang Keras Kepala, Sering Banget Ngeyel!ilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ciri terakhir yang menunjukkan kalau dirimu adalah orang yang keras kepala terlihat dari betapa ambisiusnya dirimu dalam mengejar target. Pokoknya sekali kamu menetapkan suatu target, usaha apapun bakal dilakukan untuk bisa mendapatkannya.

Kalau ambisiusnya dalam pendidikan maka kamu akan menempuh jenjang pendidikan yang tinggi. Kalau dalam pekerjaan maka kamu pun akan berusaha mencapai setiap target kerja untuk menciptakan kemajuan karier. Bisa dibilang bahwa keras kepalamu membuatmu jadi gak gampang menyerah dalam mengejar sesuatu.

Kalau lima ciri tadi ada di dalam dirimu maka bisa dipastikan bahwa kamu adalah orang yang keras kepala. Kukuh pada pemikiran sendiri sampai orang pun menyerah untuk membujuk. 

Baca Juga: Cegah Kemarahan Tidak Terkontrol, Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Emosi!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya