Comscore Tracker

5 Dampak Buruk kalau Kamu Terlalu Acuh sama Omongan Orang Sekitar

#IDNTimesLife Kadang juga untuk introspeksi lho

Terkadang, sikap acuh pada omongan orang memang diperlukan, apalagi jika omongan mereka tidak begitu penting dan bisa menjatuhkan mental. Tapi meskipun begitu bukan berarti segala jenis omongan orang sekitar itu tidak kamu pedulikan. Karena meskipun sikap acuh itu kadang-kadang diperlukan, kalau terlalu acuh bahkan sama sekali tak peduli justru gak baik untuk dirimu sendiri, lho.

Sebab apapun alasannya, ada kalanya kita membutuhkan orang sekitar. Kalau mau lebih paham mungkin bisa simak pembahasan jelasnya tentang beberapa dampak buruk jika terlalu acuh dengan orang sekitar. Yuk simak!

1. Tanpa sadar mengabaikan peringatan dari orang-orang

5 Dampak Buruk kalau Kamu Terlalu Acuh sama Omongan Orang SekitarIlustrasi pria dan wanita(pexels.com/Ketut Subiyanto)

Walaupun kadang orang sekitar itu suka mengkritik, tapi tak dapat dipungkiri pula kalau mereka juga peduli padamu dengan memberikan peringatan perihal keadaan sekitar. Dan dampak buruknya dari mengabaikan itu ya tentu saja kamu jadi tidak tahu dan berakhir dengan menyesal sendiri.

2. Terlalu self center dalam menjalani hidup

5 Dampak Buruk kalau Kamu Terlalu Acuh sama Omongan Orang SekitarIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau kamu sudah di tahap terbiasa mengabaikan dan mengacuhkan omongan orang sekitar, maka itu juga bisa berdampak buruk pada pribadimu sendiri. Yang mana kamu menjadi seseorang yang self center, cuma peduli pada diri sendiri dan terlalu individual.

Akibatnya, kamu jadi merasa paling baik dan hebat, padahal ada banyak dari dirimu yang perlu diperbaiki. Tapi karena mengacuhkan sekitar, kamu pun jadi tidak tahu bagian mana yang perlu diintropeksi, kan.

Baca Juga: 8 Cara agar Hidup Semakin Berkelas dan Elegan, Punya Prinsip

3. Orang-orang jadi malas untuk peduli padamu nantinya

5 Dampak Buruk kalau Kamu Terlalu Acuh sama Omongan Orang SekitarIlustrasi dua wanita(pexels.com/Liza Summer)

Pada dasarnya kita memang gak perlu mendengarkan semua omongan orang, jadi dengarkan yang baik dan acuhkan yang buruk. Tapi kalau terlalu acuh, bahkan sampai mereka pun tahu kalau kamu gak peduli dengan apa yang mereka katakan, bisa-bisa malah gak ada yang mau peduli lagi padamu nantinya.

Sebab kamu tak pernah mau mendengarkan dan hanya berfokus pada diri sendiri saja. Kalau sudah seperti ini hubungan sosial pun bakal terputus, lho.

4. Kekurangan informasi sekitar yang justru bisa menjebak dirimu sendiri ke dalam bahaya

5 Dampak Buruk kalau Kamu Terlalu Acuh sama Omongan Orang SekitarIlustrasi terluka(pexels.com/MART PRODUCTION)

Manusia itu makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Jadi kalau kamu terlalu acuh pada omongan orang sekitar, maka bisa-bisa dampak buruknya ialah kamu bisa kekurangan informasi tentang sekitar yang bisa menjebakmu pada bahaya.

Misalnya saja orang-orang sibuk membicarakan orang jahat yang berkeliaran di lingkungan sekitar tapi kamu terlalu cuek pada omongan mereka, maka bisa jadi kamu terkena imbasnya sendiri karena kurang hati-hati. 

5. Gak memiliki orang yang bisa diajak diskusi

5 Dampak Buruk kalau Kamu Terlalu Acuh sama Omongan Orang SekitarIlustrasi sendirian(pexels.com/Cottonbro)

Gak ada orang yang betah di dekat seseorang jika omongannya gak pernah didengar, entah itu selalu dibantah atau bahkan selalu diacuhkan. Lama kelamaan mereka bakalan malas untuk dekat dan peduli padamu, akibatnya apa? Kamu jadi gak punya teman untuk diajak diskusi ataupun berbagi cerita ketika membutuhkan. Dengan kata lain kamu pun akan kesepian. 

Gak semua omongan orang sekitar patut kamu rengarkan, tapi meskipun begitu ingatlah pada pembahasan ini supaya kamu gak menjadi orang yang terlalu acuh sama sekitar. Karena bisa membahayakan dirimu sendiri, lho!

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Tersinggung Omongan Orang Lain

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya