Comscore Tracker

5 Dampaknya pada Hidup Kalau Kebiasaan Overthinking Gak Kamu Hilangkan

Kamu jadi gampang banget terdistraksi sama suatu masalah

Overthinking adalah pikiran berlebihan yang terkadang dilakukan seseorang secara tidak sadar, jadi kalau ada masalah sedikit perihal sesuatu langsung kepikiran dan menjadi beban, meski sebenarnya hal itu juga gak perlu dipikirkan mendalam.

Namun tidak sedikit orang yang membiarkannya sehingga jadi kebiasaan, padahal kalau gak segera dihilangkan justru bisa berdampak pada hidup, lho. Beberapa contoh dampaknya pun akan dibahas di bawah ini. Simak kalau mau tahu lebih jelasnya, ya.

1. Gampang stres kalau ada masalah sedikit

5 Dampaknya pada Hidup Kalau Kebiasaan Overthinking Gak Kamu HilangkanPexels.com/Austin Guevara

Kalau kebiasaan overthinking gak segera kamu hilangkan maka dampaknya yang pertama dalam hidupmu ialah kamu bakal gampang stres jika ada masalah, bahkan meskipun masalah itu terkesan kecil sekalipun.

Jika terjadi suatu masalah baik itu di dalam keluarga, lingkungan sekitar, ataupun dalam lingkaran pertemanan, maka bisa jadi beban pikiranmu. Begitulah kalau kebiasaan overthinking gak dihilangkan.

2. Kerap berprasangka buruk yang bisa berdampak pada hubungan

5 Dampaknya pada Hidup Kalau Kebiasaan Overthinking Gak Kamu HilangkanPexels.com/Alex Green

Dampaknya dalam hidup yang kedua ialah kamu bisa-bisa terbiasa berprasangka buruk sehingga berpengaruh buruk untuk hubunganmu. Baik itu dengan orang terdekat ataupun dengan keluarga, pokoknya hubungan yang terjalin pun jadi gak nyaman karena kamu selalu overthinking pada sesuatu dan menimbulkan berbagai kecurigaan serta dugaan.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Overthinking dari Sisi Medis, Dampaknya Luas!

3. Sering banget bimbang dan plin-plan

5 Dampaknya pada Hidup Kalau Kebiasaan Overthinking Gak Kamu HilangkanPexels.com/August de Richelieu

Kemudian, dampaknya yang ketiga kalau kebiasaan overthinking gak kamu hilangkan ialah kamu bakal sering banget bimbang dan plin-plan. Karena segala sesuatunya terlalu kamu pikirkan secara mendalam, kamu jadi bingung kalau disuruh buat keputusan atau pilihan. Sebab suatu hal yang sebenarnya sederhana malah jadi rumit di dalam pikiranmu.

4. Pikiranmu mudah terbebani jika suatu hal yang terjadi

5 Dampaknya pada Hidup Kalau Kebiasaan Overthinking Gak Kamu HilangkanPexels.com/Ekrulila

Selanjutnya, pikiranmu pun jadi gampang banget terbebani jika suatu hal terjadi. Bahkan bisa saja hal-hal kecil dan sederhana pun malah berubah jadi beban pikiran untukmu gara-gara terlalu memikirkannya alias overthinking. Tapi jadinya berpengaruh buruk karena buat hidupmu jadi gak nyaman dan seperti menanggung banyak beban.

5. Overthinkingmu bisa membuat orang jadi ikut terpengaruh

5 Dampaknya pada Hidup Kalau Kebiasaan Overthinking Gak Kamu HilangkanPexels.com/Fauxels

Lima, dampaknya yang terkahir ialah kebiasaan overthinkingmu itu bisa membuat orang di sekitarmu jadi ikutan overthinking. Karena baik dan buruknya kita pasti juga berdampak pada orang lain, kan. Dan bisa saja gara-gara kamu, mereka malah jadi terpengaruh untuk menduga-duga, atau berpikir dengan mendalam dan rumit akan sesuatu.

Pokoknya, apapun dampak overthinking di dalam kehidupan hal itu sama sekali gak baik, mau itu bagi dirimu sendiri ataupun pengaruh ke orang sekitar. 

Baca Juga: 5 Trik Ampuh Mengatasi Overthinking Saat Sedang Sendiri, Harus Tahu!  

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya