Comscore Tracker

5 Dampaknya kalau Kamu Terlalu Overthinking sama Hal Gak Penting 

#IDNTimesLife Kamu jadi gampang stres dan sensitif

Ada banyak hal yang bisa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, dan kebanyakan dari itu tidak bisa kita kendalikan dan duga. Jadi dengan banyaknya hal-hal yang terjadi dalam hidup pastinya gak baik kalau semuanya kamu pikirkan terlalu dalam, sebab tak semuanya penting dan perlu diingat.

Selain bikin capek diri sendiri, mikirin hal yang gak penting juga hanya membuang-buang waktumu sendiri. Lalu apa jadinya kalau kamu tetap tidak bisa mengendalikan diri dan overthinking pada hal yang gak penting? Berikut ini adalah lima dampaknya. 

1. Moodmu bisa terganggu seharian 

5 Dampaknya kalau Kamu Terlalu Overthinking sama Hal Gak Penting Ilustrasi depresi(pexels.com/Cottonbro)

Kalau kamu terlalu banyak memikirkan hal yang terjadi di dalam hidupmu bahkan yang tidak begitu penting sekalipun, maka dampaknya yang pertama ialah moodmu seharian bisa terganggu. Gampang emosi, marah-marah gak jelas, kesal hanya karena kesalahan kecil, murung, atau yang lainnya yang sebenarnya merugikan dirimu sendiri.

Sebab dengan mood yang buruk tentu kamu tidak bisa melakukan kegiatan dengan normal dan maksimal, kan. Padahal kalau dipikir-pikir hal yang bikin kamu overthinking itu belum tentu penting.

2. Pikiranmu jadi terbebani dengan hal-hal yang gak penting 

5 Dampaknya kalau Kamu Terlalu Overthinking sama Hal Gak Penting Ilustrasi stres(pexels.com/Karolina Grabowska)

Karena hal yang harusnya kamu lupakan atau bahkan acuhkan malah kamu pikirkan, tentu semuanya jadi membebani diri sendiri. Akibatnya kamu jadi kesulitan untuk fokus mengerjakan sesuatu dengan banyaknya beban pikiran yang kamu punya. 

Baca Juga: 5 Sisi Positif dari Sikap Overthinking, Gak Selalu Buruk, Kok!

3. Gampang banget stres, bahkan tanpa alasan yang jelas sekalipun 

5 Dampaknya kalau Kamu Terlalu Overthinking sama Hal Gak Penting Ilustrasi depresi(pexels.com/Mart Production)

Karena percaya atau tidak, beban pikiran yang terlalu banyak dari overthinking dampak buruknya bisa ke mental dan emosional. Beberapa contohnya yaitu, bisa terkena serangan panik, gangguan kecemasan atau emosional yang tidak menentu. Dan tentu saja semua hal itu termasuk ke dalam kategori stres.

4. Mudah dipengaruhi sikap dan perkataan orang 

5 Dampaknya kalau Kamu Terlalu Overthinking sama Hal Gak Penting Ilustrasi bicara(pexels.com/Sora Shimazaki)

Misalnya, kamu memutuskan menyerah karena terlalu memikirkan omongan orang yang meremehkan mimpimu, atau bahkan menjadi pribadi penyendiri karena terlalu memikirkan sikap orang lain terhadapmu. Padahal orang-orang mungkin melakukannya tanpa berpikir dan tidak ingat atas perbuatannya sendiri, tetapi kamu malah terus mengingat dan memikirkannya hingga hal itu mempengaruhi dirimu.

5. Gampang baper dan tersinggung, pokoknya sensitif banget! 

5 Dampaknya kalau Kamu Terlalu Overthinking sama Hal Gak Penting Ilustrasi argumentasi(pexels.com/Liza Summer)

Pokoknya berubah menjadi orang yang sangat sensitif dan selalu merasa salah pada apa yang orang lain lakukan dan katakan padamu. Ini sebenarnya gak baik, lho. Karena kamu jadi susah bersosialisasi kalau sedikit-sedikit tersinggung, orang lain pun juga tidak akan nyaman dan merasa serba salah denganmu.

Gak semua hal itu harus kita pikirkan, bahkan tak sedikit yang justru tidak penting dan baiknya dilupakan saja. Karena kalau semuanya dipikirkan hingga overthinking, maka lima hal tadilah yang akan menjadi dampaknya.

Baca Juga: 5 Trik Mudah Menjalani LDR Tanpa Overthinking & Curiga yang Berlebihan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya