Comscore Tracker

5 Alasan Positif Kamu Perlu Merasakan Kegagalan Dalam Hidupmu

Karena gagal itu perlu untuk kamu yang ingin sukses & tumbuh

Setiap orang pastinya ingin jadi orang sukses, tapi pada kenyataannya hidup itu tidak selamanya dan selalu berjalan sesuai sama apa yang kita mau, kan? Terkadang kita berhasil dan terkadang kita harus menghadapi kegagalan.

Namun jika kamu sedang mengalami fase sulit di hidupmu, jangan sampai membenci atau menyalahkan dirimu sendiri. Karena sebenarnya kita semua perlu merasakan kegagalan dalam hidup, dan di bawah ini kita akan membahas beberapa alasan yang akan menjelaskannya. Yuk simak sama-sama!

1. Kamu jadi tahu bagaimana hidup itu berjalan

5 Alasan Positif Kamu Perlu Merasakan Kegagalan Dalam HidupmuPexels.com/Matthias Cooper

Hidup itu tidak semudah dan seindah di dalam cerita, dan kegagalan akan mengajarkanmu bagaimana hidup sebenarnya berjalan. Maka dari itu merasakan kegagalan setidaknya sekali dalam hidup itu perlu bagi kamu agar tidak hidup di dalam mimpi dan sadar akan realita. 

2. Tahu cara untuk bangkit

5 Alasan Positif Kamu Perlu Merasakan Kegagalan Dalam HidupmuPexels.com/Tirachard Kumtanom

Lalu alasan berikutnya adalah dengan merasakan kegagalan kamu jadi tahu cara untuk bangkit dan survive. Karena tanpa hal ini kamu akan cepat menyerah ketika menemukan suatu hal tak sesuai ekspektasi tanpa tahu bagaimana memulai segalanya dari awal lagi. Maka dari itu ini sangat diperlukan bagi kamu yang ingin benar-benar berhasil hidupnya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Bangkit Cepat Setelah Alami Kegagalan

3. Menjadikan mentalmu sekuat baja

5 Alasan Positif Kamu Perlu Merasakan Kegagalan Dalam HidupmuPexels.com/Fauxels

Kalau dipikirkan secara logika pastinya kita akan berpikir bahwa untuk apa merasakan kegagalan kalau bisa berhasil? Karena kegagalan itu kan bukan suatu hal yang menyenangkan. Itu sangat benar, tapi pada kenyataannya kita tidak bisa menghindari kegagalan di dalam hidup entah itu satu atau dua kali.

Dan sebenarnya pun, kegagalan itu perlu untuk melatih mentalmu agar kuat seperti baja. Sebab orang-orang yang merasakan betapa mudahnya hidupnya tidak akan punya mental kuat untuk menghadapi keadaan sulit. 

4. Pengalaman yang berharga

5 Alasan Positif Kamu Perlu Merasakan Kegagalan Dalam HidupmuPexels.com/Fauxels

Jangan pernah memandang sebelah mata pada suatu kegagalan, karena itu juga merupakan pengalaman yang berharga. Pengalaman yang mengajarkanmu banyak hal tentang arti perjuangan dan bentuk dari sebuah proses. Karena kegagalan hanya akan terjadi pada orang yang berani bergerak dan mencoba, bukankah begitu?

5. Mendewasakan diri dan jadi lebih bijaksana

5 Alasan Positif Kamu Perlu Merasakan Kegagalan Dalam HidupmuPexels.com/Fauxels

Lalu alasan yang terakhir adalah hal ini diperlukan untuk mendewasakan dirimu dan membuat kamu menjadi seorang yang lebih bijaksana dalam menghadapi lika-liku kehidupan. Karena sekali kamu merasakan kegagalan, pandanganmu pada dunia akan berubah, pemahaman pada suatu hal juga lebih luas dan mendalam, selain itu juga tingkat kebijaksanaan dirimu juga jadi lebih tinggi. Kamu tahu bahwa hidup itu tidak bisa dijalani sesuka hati.

Itulah beberapa alasan positif tentang perlunya merasakan kegagalan dalam hidup. Kamu pernah merasakannya?

Baca Juga: 7 Sikap yang Membuatmu Susah Bangkit dari Kegagalan, Jangan Dipelihara

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya